window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kolaborasi Suzuki - Toyota Akan Hadirkan 5 Mobil Terbaru, Apa Aja Sih?

Dhoni · 22 Mei, 2021 08:00

Menjalin kemitraan atau aliansi menjadi langkah yang wajar dilakukan demi mengembangkan ide maupun teknologi. Langkah tersebut kini dilakukan Toyota dan Suzuki di India. Keduanya tidak hanya berencana menghadirkan mobil model baru, termasuk juga yang sekedar ‘rebadge’.

Kolaborasi Suzuki - Toyota Akan Hadirkan 5 Mobil Terbaru, Apa Aja Sih? 01

Dengan rebadge, Toyota berencana akan menggunakan mereknya sendiri pada mobil buatan Suzuki. Sesuai yang dilansir gaadiwaadi.com, lima mobil yang akan diluncurkan dari hasil kerjasama antara Toyota dan Suzuki adalah:

Suzuki Vitara Brezza/Toyota Urban Cruiser

Suzuki Vitara Brezza adalah salah satu SUV sub-4 meter paling populer di pasar India. Sedangkan di Indonesia, kehadirannya masih belum dapat dipastikan. Suzuki Vitara Brezza pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, sedangkan di Indonesia, kehadirannya masih belum dapat dipastikan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kolaborasi Suzuki - Toyota Akan Hadirkan 5 Mobil Terbaru, Apa Aja Sih? 01

SUV tersebut mengalami ubahan dan dijual oleh Toyota dengan menggunakan nama Urban Cruiser. Namun sejak diluncurkan, kedua varian tersebut belum mengalami perubahan besar. Kemungkinan besar dengan semakin kuat jalinan kerjasama, Suzuki Vitara Breza dan Toyota Urban Cruise akan mengalami penyegaran dan meluncur akhir tahun karena dalam proses pengerjaan.

Suzuki–Toyota Ertiga

Di Indonesia, Suzuki Ertiga menjadi LMPV yang masuk dalam kategori mobil digemari. Begitu pula dengan di India. Berbekal hal tersebut dan keberhasilan Toyota melakukan ‘rebadge’ pada Urban Cruise, versi Ertiga juga dilirik untuk menggunakan lencana Toyota.

Kolaborasi Suzuki - Toyota Akan Hadirkan 5 Mobil Terbaru, Apa Aja Sih? 02

Suzuki Ertiga

Diperkirakan tampilan Ertiga versi Toyota tidak mengalami ubahan yang signifikan pada eksterior maupun interiornya. Begitu pula pada sektor mesin yang mengunakan mesin bensin 1.5 dengan tenaga 105 PS bertorsi 138 Nm. Sementara versi mesin diesel 1.5 yang juga akan dihadirkan oleh Suzuki India, sepertinya juga tersedia pada Ertiga versi Toyota.

Suzuki Ciaz

Varian terbaru Suzuki Ciaz baru saja diluncurkan di Thailand, walau hanya mendapatkan sedikit sentuhan ubahan ternyata tetap memberikan daya tarik bagi Toyota. Terlebih Toyota berencana mengakhiri kiprah Toyota Yaris di India dan menghadirkan Toyota Belta.

Kolaborasi Suzuki - Toyota Akan Hadirkan 5 Mobil Terbaru, Apa Aja Sih? 03

Suzuki Ciaz yang hadir di Thailand

Kemungkinan terbesar Suzuki Ciaz yang akan di rebadge oleh Toyota tidak mengalami ubahan besar pada tampilannya. Sementara pada bagian mesin, Suzuki Ciaz di India hadir dengan mesin 1.5 liter bertenaga 105 PS dengan torsi 138 Nm. Berbeda dengan Suzuki Ciaz versi Thailand yang hadir menggunakan mesin 1,250 cc bertenaga 92 PS dengan torsi 118 Nm.

Suzuki–Toyota di LMPV

Dikabarkan Suzuki dan Toyota tengah menggarap kendaraan yang masuk dalam segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Kendaraan tersebut tentu akan menempati posisi di bawah Toyota Kijang Innova. Secara detail memang belum tersedia, pastinya kedua produsen ini memang tengah memperluas pasar penjualan mereka.

Untuk mesin yang akan digunakan pada LMPV hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota, kemungkinan hadir dalam kapasitas 1.500 cc. Dan tidak menutup kemungkinan tersedia dalam pilihan bahan bakar bensin maupun diesel dan menjadi produk untuk pasar global.

SUV Terbaru Karya Toyota – Suzuki

Sebenarnya Suzuki telah menghadirkan S-Cross dalam line up nya, namun ternyata tidak berhasil merebut hati konsumen, termasuk masyarakat di India. Hal tersebut membuat Suzuki India berencana segera menghadirkan SUV terbarunya pada 2022.

Kolaborasi Suzuki - Toyota Akan Hadirkan 5 Mobil Terbaru, Apa Aja Sih? 04

Toyota Rush

SUV terbaru dari Suzuki, tentu hasil kerjasama dengan Toyota. Namun dipastikan SUV yang akan dihadirkan akan memiliki perbedaan model dari kedua produsen tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan, SUV terbaru hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota menjadi produk global.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil