Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi?

Enda · 22 Sep, 2021 15:30

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 01

All New Honda BR-V Terbaru Vs Mitsubishi Xpander Cross

Pabrikan otomotif berlogokan ‘H’ tegak jenama Jepang, Honda, melalui PT Honda Prospect Motor secara resmi memperkenalkan All New Honda BR-V pada Selasa, 21 September 2021 yang diketahui merupakan generasi kedua BR-V. Sebagai rival utama Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V 2022 diketahui secara tampilan eksterior menampilkan bodi yang ramping dengan banyak garis tajam yang didominasi pada bagian fascianya.

Tepat di bawah kap mesin yang berotot, terdapat grille yang terbagi menjadi beberapa bilah, dengan dimensi cukup besar yang seolah menghubungkan lampu utama di kedua sisinya. Di atas lampu utama dengan desain baru LED Headlamp antara bonnetnya tersebut, juga terdapat lampu LED Daytime Running Light menyerupai bentuk L shape yang membantu memberikan visibilitas berkendara di malam hari.

Pada bumpernya yang terlihat kekar, kalian bisa menemukan foglamp di kedua sisinya yang mana dipadukan air-dam dengan bentuk honeycomb. Selain itu untuk mencirikan Low SUV masa kini, bumper All New Honda BR-V dikombinasikan under guard yang terlihat begitu berkarakter.

Bergeser ke bagian samping, All New Honda Brio memiliki garis tegas lurus berkaraker yang membujur seolah menghubungkan dari head lamp hingga stop lampnya. Selain itu, mobil ini juga tersemtkan over fender di atas lingkar roda berdiameter 17 inci yang lebih agresif. Tak tertinggal side guard sebagai bentuk perlindungan terhadap body bagian bawah dari benturan suatu benda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Menilik bagian belakang, mobil ini mendapat tampilan yang begitu dinamis berkat adanya LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi. Bumper belakangnya pun dibuat membulat dan kekar, yang mana di bagian bawahnya terdapat under guard sebagai bentuk perlindungan.

Memiliki tampilan yang semakin berkarakter, apakah All New Honda BR-V bisa lebih unggul dari Mitsubishi Xpander Cross dari segi spesifikasi?

Baca juga: Pilih Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing Apa Toyota Rush GR Sport yang Lebih Bandel?

Dimensi All New Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Lebih Besar?

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 01

Dimensi Mitsubishi Xpander Cross lebih besar dari All New Honda BR-V

Secara dimensi diketahui bahwa All New Honda BR-V ini memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm. Sedangkan Low SUV 7-seater flagship tiga berlian, yakni Mitsubishi Xpander Cross, mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Xpander Cross ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan Honda BR-V terbaru.

Dimensi
Keterangan All New Honda BR-V Mitsubishi Xpander Cross
Panjang 4.456 mm 4.500 mm
Lebar 1.735 mm 1.800 mm
Tinggi 1.666 mm 1.750 mm

Adu Fitur Unggulan Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 02

Tampilan dashboard All New Honda BR-V

Seperti konsep pengembangan awalnya dari N7X Concept, All New Honda BR-V dirancang untuk memperoleh kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV.

Dengan begitu mobil ini berhasil tersematkan Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya yang terletak di area konsol depan, di kursi baris kedua dan ketiga. Selain itu, mobil ini juga tersematkan layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) Display, serta sistem infotaiment layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Di sisi lain, Honda BR-V 2022 turut mendapatkan Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil, Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, Keyless Entry, Immobilizer, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci, Remote Engine Start dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal yang mana dapat menutup spion secara otomatis ketika mobil terkunci.

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 03

Tampilan dashboard Mitsubishi Xpander Cross

Mengetahui fitur unggulan yang ada pada Mitsubishi Xpander Cross, mobil ini turut mendapatkan Head unit Touchscreen 7” yang dapat terhubung dengan Smartphone Connection serta dapat diatur menggunakan fitur Hands free function pada lingkar kemudinya. Untuk menghasilkan kualitas suara yang baik, mobil ini telah memperoleh 6 buah speaker.

Tidak kalah dengan BR-V terbaru, Xpander Cross juga dibenamkan spion retrac, Power Outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga dalam memberikan kenyamanan ekstra terhadap setiap penggunanya.

Perlu kalian ketahui, untuk menunjang keamanan berkendara Xpander Cross turut mendapatkan Keyless Smart Entry, Start/stop Button, dan Immobilizer.

Baca juga: Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika

Fitur Keselamatan All New Honda BR-V Lebih Lengkap

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 04

All New Honda BR-V mendapat fitur keselamatan Honda Sensing

Bicara fitur keselamatan, All New Honda BR-V diketahui telah mendapatkan struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Driver Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ABS + EBD serta ISOFIX + Tether, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), dan Parking Sensor.

Hebatnya, untuk varian teratasnya, yakni Prestige, mendapatkan fitur keselamatan ADAS yang dinamai Honda Sensing.

Teknologi Honda SENSING pada All New Honda BR-V meliputi:

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh. 

  • Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan. 

  • Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur. 

  • Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar. 

  • Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
  • Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 05

Fitur HSA (Hill Start Assist) Mitsubishi Xpander Cross

Bagaimana dengan fitur keselamatan pada Mitsubishi Xpander Cross? Mobil ini diketahui telah memperoleh HSA (Hill Start Assist), ASC (Active Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX + Tether, BA (Brake Assist) dan Traction Control.

Sama-sama Menggunakan Mesin 1.500 Cc, All New Honda BR-V Punya Tenaga yang Jauh Lebih Unggul!

Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi? 06

Mesin 1.5L DOHC i-VTEC pada All New Honda BR-V 

All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan standar emisi sesuai standar EURO 4 yang mampu melecutkan tenaga sebesar 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm. Honda BR-V terbaru ini hadir dengan pilihan transmisi CVT serta otomatis 6-percepatan.

Mengetahui jantuk mekanis yang ada pada Mitsubishi Xpander Cross, mobil ini ditanami mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi 141 Nm @4.000 rpm. Mitsubishi Xpander Cross sendiri ditawarkan dua pilihan transmisi, yaitu otomatis 4-perepatan dan manual 5-percepatan.

Sebagai catatan, baik All New Honda BR-V maupun Mitsubishi Xpander Cross sama-sama menggunakan penggerak roda depan (FWD) untuk membuatnya dapat berjalan.

Kesimpulan

Membandingkan spesifikasi antara keduanya, secara dimensi Mitsubishi Xpander Cross ini jauh lebih unggul. Namun tidak untuk fitur unggulan, fitur keselamatan, serta perfroma, Honda BR-V terbaru terbukti lebih menjuarai.

Begitupun faktor kenyamanan berkendara, bagi kami All New Honda BR-V juga lebih baik dari Xpander Cross karena menggunakan transmisi CVT yang terbukti lebih halus dalam setiap perindahan giginya secara otomatis.

Baca juga: Ingat Beli Honda BR-V 2022 Sekarang, Tak Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru