window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax?

Yongki Sanjaya · 2 Jun, 2022 14:30

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 01

Segmen crossover cukup banyak pilihannya dari berbagai merek. Kini harga bekasnya juga semakin terjangkau, dengan kondisi unit relatif baik. Dengan budget di kisaran Rp150 jutaan, kita bisa memilih antara Nissan Juke atau Chevrolet Trax pre-facelift.

Keduanya punya penampilan yang unik, dimana Juke gayanya eksentrik sedangkan Chevrolet Trax punya penampilan yang maskulin. Usianya pun relatif muda, karena dipasarkan pada 2015-2016 sehingga belum ketinggalan zaman.

Bicara soal perawatan, baik Nissan Juke atau Chevrolet Trax juga sama-sama ribet. Pasalnya bengkel resmi Chevrolet kini sudah semakin punah dan hanya ada bengkel spesialis. Kondisi Nissan pun sebenarnya tak jauh berbeda, karena bengkel resminya mulai berguguran dan cenderung banyak mengandalkan bengkel spesialis.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas, mana model yang lebih oke untuk dimiliki? Mari kita bandingkan keduanya.

Adu Dimensi Interior Nissan Juke vs Chevrolet Trax, Mana Paling Lega?

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 01

Bicara soal dimensi, Chevrolet Trax 2015 memiliki ukuran PxLxT 4.248 mm x 2.035 mm x 1.674 mm dengan wheelbase 2.555 mm. Agak disayangkan karena dengan dimensi yang cukup panjang tidak membuat baris keduanya lega. Mobil ini ruang kakinya pas-pasan sehingga tidak memberikan kesan luas. 

ketersediaan headroom dan legroom tidak seluas bagian kabin depan. Untungnya kursi belakang masih dapat diisi oleh 2 hingga 3 orang dewasa tanpa harus berdesakan. 

Cukup disayangkan karena jok belakang kurang supportif dan kurang lebar. Ini dapat kita lihat dari adanya gap besar antara sisi luar jok dengan trim pintu. 

Dimensi yang cukup panjang ini diciptakan untuk mengakomodasi bagasi yang cukup besar. Bangku belakang Chevrolet Trax kini dibekali fitur pelipatan 60:40 Split Seats dan Flat Folding sehingga mampu memberikan kapasitas bagasi tambahan hingga 1.370 Liter.

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 02

Bagaimana dengan Nissan Juke? Secara dimensi, untuk Nissan Juke memiliki panjang 4.135 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.565 mm.

Menyoal keleluasan kabin yang dihasilkan, pada baris pertamanya terasa cukup lega dan nyaman. Namun visibilitas pengemudi kurang begitu baik karena mobil seperti mendangak ke atas.

Namun di baris keduanya, mobil ini terasa sempit ketika disinggahi. Hal ini terjadi karena pada atapnya Juke dibuat melandai dan dinding body yang dibuat mengecil. Bagi penumpang dengan postur tinggi, duduk di belakang tentunya tidaklah nyaman karena legroom juga sempit. 

Selain atap yang rendah serta body yang mengecil, ketidaknyamanan akomodasi muncul di Nissan Juke karena bagasi yang relatif sempit, sehingga tidak bisa membawa banyak barang berukuran besar seperti koper misalnya. Bicara soal kapasitas bagasinya, mobil ini bisa dimaksimalkan mencapai space bagasi yang bisa dimaksimalkan 354 liter. 

Adu Performa Mesin Nissan Juke vs Chevrolet Trax, Mana Lebih Gahar? 

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 03

Chevrolet Trax 2015 hanya tersedia dengan mesin 1.400cc turbo dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan tenaga 140 ps pada 4.900 hingga 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.850 hingga 4.900 rpm. Tenaganya disalurkan ke penggerak roda depan melalui bantuan transmisi otomatis 6 percepatan.

Untuk bahan bakar, mesin Chevrolet Trax memiliki rasio kompresi 10.5:1 yang direkomendasikan menggunakan Pertamax atau bahan bakar beroktan RON 92. Dengan angka kompresi segitu, sebenarnya tidak direkomendasikan menggunakan bensin beroktan 90 atau sekelas Pertalite karena rentan ngelitik 

Untuk Nissan Juke dibekali mesin bensin naturally aspirated berkodekan HR15DE Dual CVTV DOHC 4-silinder segaris berkubikasi 1.498 cc. Secara data, mesin yang dikawinkan transmisi CVT X-Tronic dapat menghasilkan tenaga 114 PS di angka 6.000 rpm serta torsi 150 Nm di puataran 4.000 rpm. 

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 04

Untuk BBM yang digunakan, pengguna Nissan Juke diwajibkan selalu mengkonsumsi RON92 atau Pertamax setiap kali mengisi bahan bakar. Apabila pengguna memakai bensin di bawah itu, hal yang sering kali terjadi ialah timbul suara ngelitik 

Bagi yang belum tahu, mesin tersebut juga dipakai di Grand Livina dan Evalia sehingga bisa saling substitusi part. Namun urusan performa, Juke harus mengakui keunggulan Trax yang digdaya karena disokong turbo.

Adu Fitur di Chevrolet Trax Vs Nissan Juke, Mana Paling Komplit dan Memanjakan?

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 05

Menyoal faktor keselamatan, Nissan Juke dibekali dengan fitur yang terbilang lengkap di zamannya. Seperti yang terlihat, untuk fitur keselamatan aktifnya dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brake Distribution.

Lain dari itu, Juke juga dilengkapi dengan rear parking sensor dan rear view camera yang terintergrasi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci untuk memudahkan pengguna ketika memakirkan kendaraan. Untuk keselamatan pasifnya terdapat SRS airbag, ISOFIX dan seat belt yang tersedia disemua kursinya.

Adapun fitur keamanannya yaitu Nissan Juke telah memakai keyless remote dengan Intelligent Key. Penggunanya hanya cukup menekan tombol start/stop engine ketika hendak menyalakan dan mematikan mesin.

Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax? 06

Untuk kelengkapan fitur, Chevrolet Trax LTZ bahkan lebih berkelas karena memiliki fitur sunroof. Lebih dari itu, Trax LTZ memiliki Hill Descent Control (HDC) dan Cruise Control. Varian tertinggi itu juga telah tersemat fitur keyless entry, balutan jok berbahan kulit serta lingkar kemudi yang juga berbahan kulit.

Head unit sudah mengadopsi Chevrolet MyLink Multimedia System berukuran 7 inch dengan layar sentuh dan berbagai konektifitas eksternal serta voice command. Fitur keren lainnya yang tersedia di Trax antara lain tire pressure monitoring system, 12 V power socket, steering wheel audio & phone switch, dan 4 speaker + 2 tweeter untuk semua varian. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Chevrolet Trax 1.4 Premier AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil