window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik?

Mark Jacob · 6 Agu, 2020 18:00

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 01

Beberapa tahun belakangan pasar otomotif di Indonesia diramaikan oleh dua merek asal China. Keduanya adalah Wuling dan DFSK yang sama-sama membangun pabrik di Indonesia. Keduanya pun memiliki SUV yang saat ini sedang diminati di Indonesia. Wuling memiliki Almaz, SUV yang memiliki harga Rp266 jutaan hingga Rp331 jutaan. Sedangkan DFSK ingin melawan mobil Wuling Almaz lewat Glory i-Auto yang dibanderol Rp300 jutaan.

Bisa dibilang keduanya merupakan rival yang sepadan untuk sesame merek China yang ada di Indonesia. Bagi sebagian orang, mobil China masih dianggap sebelah mata. Padahal keduanya memiliki fitur yang lumayan oke untuk harga di kelasnya. Lantas, diantara kedua mobil tersebut mana yang memiliki fitur terbaik? Wuling Almaz atau DFSK Glory i-Auto?

Wuling Almaz

Dimensi Wuling Almaz

Walaupun Wuling adalah pendatang baru di ranah otomotif Tanah Air, tetapi pergerakannya tak dapat disepelekan begitu saja. Di tahun 2019 silam Wuling meluncurkan Almaz dan langsung menyita perhatian public. Kala itu banyak orang terkesima oleh fitur yang dimilikinya serta harga jualnya yang ternyata cukup mengagetkan merek Jepang yang kala itu dianggap overprice, atau terlalu mahal namun pelit fitur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Wuling Almaz Indonesia tersedia dalam 4 varian. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan. Ini merupakan harga Almaz 2020.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 01

Pada saat pertama kali meluncur, mobil Wuling Almaz Indonesia hanya disediakan varian 5 penumpang saja. Namun besarnya animo masyarakat dengan mobil ini membuat Wuling juga memberikan varian Almaz 7 seater harga berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan. Mobil Almaz ini memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Jika dilihat secara kasat mata, Wuling Almaz memiliki tampilan yang cukup keren.

Mesin Wuling Almaz

Sebelum membahas fiturnya, kamu sebaiknya mengetahui tentang spesifikasi mesin mobil Wuling Almaz. Mobil SUV Wuling Almaz ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.451 cc, 4 silinder, DOHC, DVVT, turbocharge. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 140 ps @5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm @1.800-3.600 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatis CVT 8 percepatan. Soal kapasitas tangki, mobil ini mampu membawa bahan bakar hingga 52 liter. Jumlah ini sebenarnya cukup besar untuk ukuran SUV perkotaan yang sesekali mampu diajak bepergian keluar kota.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 02

Fitur Eksterior dan Interior Wuling Almaz

Untuk fiturnya sendiri, mobil Wuling Almaz memiliki lampu projector LED di bagian depan, dan LED dengan halogen di bagian belakang. Di bagian bawah juga terdapat lampu kabut yang juga memakai LED. Di bagian samping, spionnya sudah dapat dilipat secara otomatis dan pengaturan secara elektrik dari dalam. Sehingga menambah kenyamanan saat berkendara.

Di bagian dalam, Almaz juga dibekali dengan fitur yang sangat banyak. Mulai dari AC auto, pengaturan setir dengan tilt, tombol di bagian setir, engine start/stop button, front&rear defogger, keyless entry, power outlet di depan dan belakang, electric seat pada jok pengemudi, serta vanity mirror dengan lampu. Belum selesai sampai disitu, mobil Wuling Almaz Indonesia juga memiliki panoramic sunroof berukuran besar.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 03

Pada bagian head unit, Wuling menanamkan head unit berukuran 10,4 inci yang bisa dibilang menjadi yang terbesar di kelasnya. Head unit ini juga ditanamkan fitur perintah berbahasa Indonesia bernama Wuling Indonesia Command (WIND). Fitur ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan mobil. Misalnya, untuk mengecilkan AC dan membesarkan AC hanya perlu mengucap ‘Halo Wuling, Kecilkan AC’.

Secara otomatis mobil akan mengecilkan AC sesuai perintah. Untuk membuka sunroof pun juga dapat dilakukan lewat ucapan saja. Wow, canggih banget ya! Head unit tersebut juga memiilki fitur radio, Bluetooth, Android Auto, Apple Car Play hingga Wuling Link. Layar instrument pada mobil Wuling Almaz juga sangat informative. Pengemudi dapat melihat berbagai informasi seperti suhu luar, suhu mesin, tekanan angin pada seluruh ban, menu, cruise control, konsumsi bahan bakar, serta jarak tempuh.

Fitur Keamanan Wuling Almaz

Seakan tahu betul cara memikat hati konsumen di Indonesia, Wuling pun juga tak segan memberikan fitur keselamatan yang cukup banyak. Seperti airbag di bagian depan dan samping, sabuk pengaman 3 titik serta ISOFIX di baris kedua, rem tangan elektronik, sensor parkir, kamera mundur, dan tentunya rem yang sudah dilengkapi dengan perangkat ABS.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 04

Belum selesai sampai disitu. Wuling Almaz juga memiliki fitur uphill & downhill assist control, sehingga mobil tidak akan langsung mundur pada saat sedang menanjak atau menurun. Ada juga vehicle stability control, electronic brake distribution, brake assist, traction control dan kamera 360 yang menjadi salah satu fitur andalan.

Pengemudi juga dapat memaksimalkan mobil dengan mode ECO dan Sport yang disediakan oleh Wuling. Lalu, apa senjata yang dimiliki oleh DFSK i-Auto untuk mengganjal langkah Wuling Almaz?

DFSK Glory i-Auto

Dimensi DFSK Glory i-Auto

Walaupun sesame merek dari negeri Tirai Bambu, tetapi api persaingan tetap membara diantara keduanya. Seakan tak ingin kalah langkah, DFSK pun coba mengganjal dengan menghadirkan i-Auto. Secara dimensi, DFSK i-Auto memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 05

Jika melihat dari data, DFSK lebih panjang dan lebih tinggi dibanding Wuling Almaz. Sedangkan lebarnya lebih besar Wuling Almaz 5 mm dibanding DFSK Glory i-Auto. Hal tersebut tentunya berpengaruh kepada luas kabin yang lebih baik dibanding Wuling Almaz jika melihat dari dimensi panjang.

Mesin DFSK Glory i-Auto

Soal mesin, DFSK menanamkan mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharger pada Glory i-Auto. Mesin tersebut mampu melontarkan tenaga hiingga 148 ps @5.600 rpm dengan torsi maksimal 220 Nm @1.800-4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis CVT ke roda depan. Jika melihat dari tenaga yang dihasilkan, DFSK Glory i-Auto boleh berbangga diri.

Karena tenaga mesin DFSK Glory i-Auto lebih besar 8 hp dibanding Wuling Almaz. Akan tetapi, torsi yang dihasilkan Wuling Almaz lebih besar, mencapai 250 Nm @1.800-3.600 rpm. Hal lain yang membuat DFSK lebih jumawa adalah kapasitas tangkinya yang lebih besar. Wuling Almaz hanya sanggup membawa bahan bakar 52 liter saja, sedangkan DFSK Glory i-Auto mampu membawa bahan bakar hingga 58 liter.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 06

Fitur Eksterior dan Interior DFSK Glory i-Auto

Untuk fitur di luar, DFSK Glory i-Auto memiliki lampu depan LED dengan lampu kabut halogen. Sedangkan di bagian belakang lampunya memakai LED pada semua pencahayaan. Di sisi samping, spionnya mampu melipat secara elektronik, dengan pengaturan elektronik. Spion ini juga dilengkapi dengan heater.

Di bagian dalam, DFSK Glory i-Auto juga memiliki fitur yang cukup banyak. Seperti ac auto climate, pengaturan setir tilt, tombol pengaturan pada setir, engine start/stop button, front&rear defogger, power window, keyless entry, serta vanity mirror yang disertai lampu untuk melihat di malam hari. Agar tak kalah dengan Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto juga dibekali dengan panoramic sunroof berukuran besar.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 07

Lalu pada bagian head unit, mobil Wuling Almaz boleh berbangga diri. Karena head unit DFSK Glory i-Auto lebih kecil ukurannya, hanya 9 inci saja. Jika Wuling memiliki fitur voice command berbahasa Indonesia, DFSK juga memiliki fitur voice command. Hanya saja pada i-Auto perintah suaranya bisa dilakukan dengan bahasa Inggris dengan nama i-Talk.

Head unit tersebut juga memiilki fitur radio, Bluetooth, Android Auto, Apple Car Play dan navigasi GPS. Layar instrument pada DFSK Glory i-Auto juga tak kalah dengan kompetitornya. Pengemudi dapat melihat berbagai informasi seperti suhu luar, suhu mesin, tekanan angin pada seluruh ban, menu, konsumsi bahan bakar, serta jarak tempuh.

Lebih menariknya lagi, Glory i-Auto menghadirkan fitur foot operated tailgate. Sensor ini terletak dibagian bawah belakang mobil, berfungsi untuk membuka pintu belakang tanpa harus menyentuh handle pintu. Cukup dengan ayunan kaki saja dan pintu belakang akan terbuka otomatis. Fitur ini akan sangat memudahkan pemilik mobil memasukkan barang bawaan dengan praktis.

Komparasi Fitur SUV China, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, Mana yang Terbaik? 08

Fitur Keselamatan DFSK Glory i-Auto

Mobil ini memiliki fitur keamanan yang tak kalah dibanding Almaz. Seperti airbag di bagian depan dan samping, sabuk pengaman 3 titik serta ISOFIX di baris kedua, rem tangan elektronik, sensor parkir, kamera mundur, dan tentunya rem yang sudah dilengkapi dengan perangkat ABS.

DFSK Glory i-Auto juga memiliki fitur uphill & downhill assist control, sehingga mobil tidak akan langsung mundur pada saat sedang menanjak atau menurun. Ada juga vehicle stability control, electronic brake distribution, brake assist, traction control dan brake assist. Kuncinya pun juga sudah dibekali dengan anti theft serta immobilizer.

Kesimpulan

Dengan kisaran harga yang serupa, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto memiliki fitur yang sangat baik di kelasnya. Soal mesin, tenaga Wuling Almaz memang kalah dibanding Glory i-Auto. Namun torsinya lebih besar Wuling Almaz. Secara fitur, keduanya sama-sama memiliki fitur tercanggih di kelasnya.

Namun DFSK Glory i-Auto memiliki kelebihan pada fitur foot operated tailgate. Dan yang terpenting, jumlah diler Wuling tentunya lebih banyak ketimbang DFSK yang ada di Indonesia. Hal ini akan menjadi kelebihan lain dari mobil SUV Wuling Almaz di luar dari spesifikasi yang ada di atas. So, mana yang lebih menarik perhatian kamu?

  Spesifikasi Teknis Wuling Almaz Spesifikasi Teknis DFSK Glory i-Auto
Dimensi Panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm 4.680 mm, lebar 1.845 mm, tinggi 1.715 mm
Mesin 1.451 cc, 4 silinder, DOHC, DVVT, turbocharge 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharge
Tenaga 140 ps @5.200 rpm, torsi 250 Nm @1.800-3.600 rpm 148 ps @5.600 rpm, torsi 220 Nm @1.800-4.000 rpm
Transmisi Otomatis CVT 8 percepatan Otomatis CVT
Rem depan Cakram Cakram
Rem belakang Cakram Cakram
Suspensi depan McPherson strut with coil spring McPherson Independent
Suspensi belakang Trapezoidal multi-link with independent suspension Torsion beam non independent
Velg dan ban 17 inci - 215/60 18 inci - 225/55
Harga OTR Jakarta Rp266-331 jutaan Rp300 jutaan

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

DFSK Glory i-Auto Intelligent

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil