Komparasi Ford Everest Terbaru vs Toyota Fortuner, Harga Dua Kali Lebih Mahal, Apa yang Diunggulkan Ford?
Prasetyo · 6 Des, 2021 18:08
0
0
Kehadiran Ford Everest 2021 yang diboyong oleh RMA Indonesia, tentu bisa mengobati rindu para pecinta SUV berdarah Amerika itu. Tapi sanggupkah Everest terbaru ini menggoyang dominasi Toyota Fortuner di segmen SUV tujuh penumpang?
Model yang dibawa memang bukan Ford Everest generasi terbaru. Sebenarnya ini adalah Everest yang sudah dijual di Amerika sejak 2020. Tapi tentu tak masalah mengingat sudah sangat lama Ford kembali dinanti menghadirkan kendaraan-kendaraan penumpangnya di Tanah Air.
Supaya bisa sedikit membantu Anda dalam menentukan pilihan, berikut kami buat komparasi Ford Everest vs Toyota Fortuner. Manakah dari keduanya yang paling layak untuk dibeli.
Hal pertama yang coba kita bandingkan adalah soal harga Ford Everest vs Toyota Fortuner. Karena ternyata banderol yang dipatok oleh RMA terhadap Everest 2021 cukup tinggi.
Bagaimana tidak, harga Ford Everest terbaru mulai dari Rp735 jutaan sampai Rp1 miliar. Sementara harga Toyota Fortuner GR Sport varian paling mahal cuma separuhnya dari Everest.
Banderol cukup tinggi ini mungkin akibat RMA memboyong Everest secara utuh (CBU) dari Thailand atau negara lain. Sementara Fortuner dirakit sendiri oleh Toyota Indonesia.
Bodi Lebih Besar, Seperti Apa Kekuatan Mesin Ford Everest 2021?
Perbandingan Dimensi
Dimensi
Ford Everest
Toyota Fortuner
Panjang
4.892 mm
4.795 mm
Lebar
1.860 mm
1.855 mm
Tinggi
1.837 mm
1.835 mm
Jarak sumbu roda
2.850 mm
2.745 mm
Jarak ke tanah
225 mm
225 mm
Kalau melihat tabel perbandingan dimensi, maka jelas jika ukuran tubuh Ford Everest terbaru lebih besar dari Fortuner. Baik dari segi panjang, lebar, tinggi, maupun jarak sumbu rodanya. Namun ternyata untuk ground clearance kedua mobil ini setara.
Bodi yang lebih besar bagaimana dengan kekuatan mesinnya? RMA rupanya sudah menyiapkan dua varian mesin untuk Everest 2021. Yang pertama mesin 2.2L TDCI Diesel bertenaga 160 PS dengan torsi puncak 385 Nm. Sedangkan opsi mesin kedua adalah 2.0L CRDI Bi Turbo E4 yang sanggup memproduksi daya maksimum 213 PS dengan torsi hingga 500 Nm.
Toyota pun demikian memiliki dua varian mesin untuk Fortuner. Bedanya satu mesin bensin dan satu lagi mesin diesel. Untuk mesin bensinnya pakai kode 2TR-FE 2.7-liter DOHC Dual VVT-i berdaya maksimum 163 PS dengan torsi 242 Nm. Sedangkan untuk mesin dieselnya pakai 2 GR-FTV 2.4-liter yang sanggup menyemburkan daya puncak 149 PS dengan torsi 400 Nm.
Disini jelas sekali kalau mesin diesel Everest jauh lebih kuat dibanding mesin diesel Fortuner. Namun tahun depan, Toyota sudah menyiapkan Fortuner bermesin diesel 2.8-liter yang mampu meletupkan tenaga 204 PS pada 3.000 rpm dengan torsi 500 Nm di rentang 1.600-2.800 rpm. Ini akan menjadi rival sepadan bagi Everest yang juga rencananya mulai terdistribusi tahun depan.
Terakhir kita akan bandingkan antara Ford Everest vs Toyota Fortuner dalam hal kelengkapan fitur. Dengan harga Rp700 jutaan sampai Rp1 miliar, seharusnya Ford menyajikan fitur terbaik pada Everest dibanding Fortuner. Tapi benarkah demikian? Mari kita kulik satu per satu.
Untuk fitur keselamatan, Everest rupanya sudah cukup lengkap. Diantaranya sudah ada 7 airbags untuk pengemudi dan seluruh penumpang. Kemudian ada juga Hill Descent Control, Hill Launch Assist, Cross Traffic Alert, Traction Control, dan Vehicle Stability Control.
Selain itu ad apula ABS dan EBD, Electronic Locking Rear Differential, panoramic sunroof, power lift gate dan Rear View Camera. Ada beberapa fitur ini yang absen di Toyota Fortuner. Antara lain airbags yang belum 7 buah, ketiadaan Hill Descent Control, dan juga atap panoramic.
Kesimpulan
Ford Everest memang menyajikan beragam teknologi yang lebih menarik dibanding Toyota Fortuner. Antara lain mesin yang powerfull, dimensi bodi lebih besar dan ruang kabin lebih lapang, serta fitur keselamatan lebih lengkap.
Tapi dengan harga Rp700 juta ke atas, tentu akan jadi pekerjaan sulit bagi RMA Indonesia untuk memasarkan Everest terbaru ini jika ingin melawan larisnya Fortuner. Apalagi di harga Rp1 miliar untuk tipe tertinggi, pilihannya sudah bisa SUV Eropa.
Tapi kalau Anda memang sudah rindu berat dengan SUV tangguh ala Ford, gak usah pikir-pikir lagi, langsung aja datang ke jaringan dealer RMA yang tersebar di seluruh Nusantara.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.