Komparasi Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hathcback RS, Selisih Rp53 Juta Apa Lebih Menarik?

Prasetyo · 2 Nov, 2021 09:01

Honda City Sedan 2022

Kehadiran Honda City Sedan 2022 seakan melengkapi varian City Hatchback RS yang sudah lebih dulu masuk Indonesia. Tentunya ada banyak kemiripan antara Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hathcback RS. Termasuk juga beberapa diferensiasi antar keduanya.

Paling kentara adalah perihal harga yang dipasang oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Untuk tipe sedan harga yang diumumkan beberapa hari lalu yakni Rp355 juta. Sementara kalau melihat harga Honda City Hatchback RS yang ada di situs resmi Honda saat tulisan ini dibuat adalah Rp292 juta untuk yang tipe transmisi manual, dan Rp302 juta untuk yang pakai transmisi CVT.

Honda City Sedan 2022 -1

Lebih mahal Rp53 juta dari City Hatchback RS

Itu berarti ada selisih Rp53 juta antara Honda City model sedan dengan City Hatchback RS. Apakah dengan banderol lebih mahal itu, City sedan jauh lebih baik untuk dibeli? Atau malah sebenarnya sama saja? Berikut kami coba komparasi Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hatchback RS.

Tambah Buntut Bikin City Sedan Makin Panjang

Perbandingan Dimensi
Dimensi Honda City Sedan Honda City Hatchback RS
Panjang 4.553 mm 4.349 mm
Lebar 1.748 mm 1.748 mm
Tinggi 1.467 mm 1.488 mm
Jarak sumbu roda 2.600 mm 2.600 mm

Secara desain, sebenarnya tidak banyak perbedaan antara versi sedan dan hatchback dari Honda City 2022. Karena di beberapa negara, kehadiran Honda City terbaru ini berbarengan antara sedan serta hatchback-nya.

Honda City Hatchback RS 2021 -1

Grill hitam dengan foglamp housing lebih agresif

Mari kita coba lihat lebih detil dari sisi eksterior terlebih dulu. Di bagian depan City sedan pakai gril bernuansa krom, beda dengan City Hatchback yang pakai aksen black gloss. Walaupun sebenarnya desain gril ini serupa. Kemudian area sekitar foglamp juga terlihat ada perbedaan, karena pada City Hatchback tampil sedikit lebih agresif.

Kemudian velg pada City sedan juga pakai finishing silver. Beda dengan yang diterapkan Honda di City hatchback yang dicat hitam sehingga ikut terlihat lebih agresif. Perbedaan selanjutnya tentu saja dapat Anda temui pada sisi belakang mobil ini.

Baca juga : All New Honda City dan Honda Civic 2022 Resmi Meluncur, Ini Ubahannya

Honda City Sedan 2022 -2

Ada buntut jadi lebih kalem

Karena datang sebagai segmen sedan, maka Honda City 2022 juga dibubuhi "buntut" untuk bagasi belakang. Selain itu kalau diperhatikan desain bemper belakang juga berbeda. Karena pada City Hatchback RS reflektor di bagian sisi bemper dibuat lebih ramping namun memanjang. Selain itu juga ada penggunana rear diffuser.

Interior Keduanya Serupa Tapi Tak Sama

Honda City Sedan 2022 -3

Dasbor Honda City Sedan

Kalau dari luar ada beberapa perbedaan antara Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hatchback RS, maka tidak demikian dengan tampilan interiornya. Nuansa kabin kedua mobil ini serupa bak pinang dibelah dua. Namun tetap ada perbedaan walau tak terlalu signifikan.

Antara lain pada City sedan tidak terpadat aksen merah pada jok, dan jahitan merah di dasbor serta trim pintu seperti apda City Hatchback RS. Selain itu, City sedan juga tidak punya pengaturan Ultra Seat dimana jok bisa dilipat dengan Refresh Mode, Tall Mode, Utility Mode, atau Long Mode seperti yang bsia dilakukan di City Hatchback.

Honda City Hatchback RS 2021 -2

Di tipe sedan tak ada pengaturan Ultra Seat seperti ini

Walau begitu, City sedan punya kapasitas bagasi hingga 519 liter. Sudah sangat luas untuk menampung banyak barang kebutuhan Anda untuk berpergian.

Mesin Sama Tapi Cuma Satu Varian

Honda City Hatchback RS 2021 -3

Mesin yang juga berbagi dengan All New BR-V

Karena mengunakan basis platform yang serupa, maka kedua mobil ini juga dibekali mesin sama berkode L15ZF. Mesin berkapasitas 1.5L itu menggunakan teknologi DOHC 4 silinder i-VTEC + DBW. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi 145 NM di 4.300 rpm.

Dari hasil pengujian yang telah kami lakukan pada Honda City Hatchback RS beberapa waktu lalu, terbukti mesin ini cukup responsif dan juga efisien dalam pemakaian bahan bakar. Sayangnya pada Honda City sedan 2022 tidak ada varian yang bertransmisi manual seperti di City Hatchback RS.

Baca juga : FAQ: Berbagai Pertanyaan Soal Honda City Sedan 2022, Sedan Kompak Terkeren Saat Ini?

Fiturnya Tetap Sama

Honda City Sedan 2022 -4

City Sedan cuma datang dengan tipe transmisi CVT

Terakhir membandikan fitur dari kedua mobil ini. Ternyata Honda cukup adil karena baik tipe sedan maupun hatchback punya fitur serupa. Antara lain monitor layar sentuh 8 inci, audio steering switch, paddle shif, cruise control, tombol start/stop engine, serta remote engine start untuk menghidupkan mesin dari jarak tertentu menggunakan smart key.

Fitur keselamatannya juga serupa, yakni 6 airbags, ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Rear View Camera, Seatbelt Reminder, serta Emergency Stop Signal. 

Kesimpulan

Honda City Hatchback RS 2021 -3

Kalau mau yang sporty pilihannya City Hatchback RS

Membandingkan antara sebuah mobil yang tersedia varian sedan serta hatchback tentu hanya sekedar perbedaan bentuk bodi. Namun harga yang dipatok ternyata bisa selisih cukup jauh.

Begitupun dengan Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hatchback RS. Dengan jarak Rp53 juta lebih mahal dari versi hatchback-nya, ternyata City sedan tidak memiliki beberapa fitur yang ada di model hatchback.

Namun kalau Anda tidak masalah dengan itu, dan mau tampilan mobil lebih kalem, jelas lebih baik Honda City 2022 versi sedan.

Baca juga : Perbandingan Harga Honda City Sedan 2022 vs Toyota Vios 2021, Mobil Impor Lawan Lokal

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda City E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru