Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah?

Mark Jacob · 9 Agu, 2020 09:00

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 01

Wuling Almaz merupakan salah satu mobil SUV baru yang ada di Indonesia. Di segmen ini, sebenarnya ia berhadapan langsung dengan DFSK Glory i-Auto yang secara head-to-head seimbang. Namun, jika dibandingkan secara dimensi, Wuling Almaz juga sepada jika berhadapan dengan Honda CR-V. Mobil Wuling Almaz Indonesia tersedia dalam 4 varian. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan. Ini merupakan harga Almaz 2020. Sedangkan Honda CR-V dijual seharga Rp463 jutaan hingga Rp539 jutaan.

Secara harga, mobil Wuling Almaz Indonesia memang berada jauh di bawah Honda CR-V. Akan tetapi mobil ini cukup layak untuk dikomparasikan dengan Wuling Almaz. Terutama dari segi interior. Interior Wuling Almaz bisa dibilang bukanlah kelas kacangan. Lantas, manakah yang memiliki interior terbaik? Wuling Almaz ataukah Honda CR-V?

Wuling Almaz

Eksterior Wuling Almaz

Seperti yang kami jelaskan di awal paragraf, mobil Wuling Almaz memiliki dimensi yang serupa dengan Honda CR-V. Mobil tersebut memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Secara eksterior, Wuling cars Almaz sudah mampu berhadapan dengan beberapa SUV lain yang ada di Indonesia. Sebut saja Nissan X-Trail, DFSK Glory i-Auto dan tentunya Honda CR-V.

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 02

Kelegaan Kabin Wuling Almaz

Jika melihat dimensinya, mobil Wuling Almaz interiornya memiliki kelegaan kabin yang sangat baik. Kami pernah mencobanya beberapa waktu lalu. Sebagai gambaran, saya yang memiliki postur 173 cm memiliki ruang kepala yang sangat luas saat duduk di bagian depan.

Begitu pun dengan ruang kakinya, terasa sangat luas dan leluasa untuk bergerak. Pindah ke posisi baris kedua, ruang kepala dan ruang kaki dari mobil Wuling Almaz Indonesia ini masih terasa lega untuk posisi saya yang ada di depan. Untuk mendapatkan posisi duduk yang santai terasa mudah tanpa harus merelakan ruang kaki yang ada.

Desain Interior Mewah

Seakan Wuling tahu betul dengan karakter konsumen yang ada di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, interiornya dibuat mewah, bahkan orang tak akan menyangka jika mobil tersebut memiliki harga yang jauh berada di bawah Honda CR-V. Pada bagian dasbor, memakai paduan warna hitam dengan paduan beige dan aksen silver.

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 03

Aksen silver berhasil memberikan nuansa mewah pada kabin. Joknya pun sudah dilapis menggunakan bahan kulit yang nyaman untuk diduduki. Bahkan saya pun tak ragu jika kualitas interior ini setara dengan Honda CR-V. Salah satu bagian yang cukup menarik ada di bagian tengah dasbor, yakni head unit yang digunakannya.

Head unitnya sudah memakai model layar sentuh dengan ukuran yang sangat besar, mencapai 10,4 inci. Pada layar tersebut terdapat berbagai pengaturan mulai dari entertainment, hingga AC. Oh iya, mobil Wuling Almaz Indonesia punya fitur bernama Wuling Indonesian Command (WIND). Fitur ini memungkinkan pengaturan dijalankan melalui perintah suara.

Ini jelas menjadi pukulan telak bagi Honda CR-V yang punya harga jauh lebih mahal. Di Indonesia, mobil Wuling Almaz ditawarkan dalam 2 versi, yakni 5 penumpang dan 7 penumpang. Pada tipe tertinggi keduanya dibekali dengan atap panoramic sunroof yang sangat besar. Bahkan untuk membuka sunroof inipun juga dapat dilakukan dengan fitur WIND. Wow, benar-benar keren bukan?

Jok dan Ruang Penyimpanan Wuling Almaz

Jok Wuling Almaz di bagian depan menggunakan model yang terlihat seperti semi bucket seat. Sehingga posisi duduk di bagian depan seakan terasa cukup memeluk badan dengan nyaman. Doortrim juga sudah memakai lapisan kulit, sehingga kesan mewah dan mahal cukup terasa. Jok di bagian belakang joknya juga memiliki desain yang keren, dengan arm rest di bagian tengah yang dapat dilipat.

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 04

Ruang penyimpanan pada mobil SUV Wuling Almaz ini juga sangat baik. Di setiap doortrim terdapat ruang penyimpanan besar yang dapat digunakan untuk membawa botol. Di balik jok depan juga ada ruang penyimpanan yang bisa digunakan membawa file atau buku. Pada bagian depan, terdapat laci berukuran sedang dengan beberapa ruang penyimpanan yang ada pada bagian dasbor.

Tak lupa arm rest bagian depan juga bisa dibuka dan dijadikan ruang penyimpanan tambahan. Overall, mobil dengan harga yang jauh di bawah Honda CR-V ini sangat memiliki nilai yang sangat baik. Lantas, bagaimana dengan Honda CR-V?

Honda CR-V

Eksterior Honda CR-V

Sebagai SUV mewah, Honda CR-V memiliki dimensi panjang 4.584 mm, lebar 1.855 dan tinggi 1.679 mm. jika dibandingkan dengan mobil Wuling Almaz, Honda CR-V memiliki ukuran yang lebih panjang. Akan tetapi, ukuran lebar dan tinggi Honda CR-V masih berada di bawah Wuling Almaz. Secara dimensi, mobil CR-V memiliki dimensi yang lebih kompak dibanding Wuling Almaz.

Mobil Honda CRV tersedia dalam 3 varian. Harga Honda CRV berkisar dari Rp 468 juta hingga Rp 544 jutaan. Ini merupakan harga mobil CRV di tahun 2020. 

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 05

Kelegaan Kabin Honda CR-V

Lalu, bagaimana dengan kelegaan kabinnya? Dengan postur penumpang di angka 173 cm, ruang kaki dan ruang kepala saat duduk di bagian depan terasa cukup baik. Penumpang masih dapat mengatur posisi rileks tanpa mengganggu penumpang di kabin tengah. Ruang kaki juga masih leluasa, bahkan masih terasa luas untuk bisa mendapat posisi selonjoran.

Pindah ke baris kedua. Ruang kepala dan ruang kaki Honda CR-V memang terasa luas. Maklum, mobil ini lebih panjang sedikit dari mobil Wuling Almaz. Sehingga kelegaan kabinnya pun tak perlu diragukan lagi. Pada jok bagian tengah terdapat arm rest yang dapat dibuka, dan ini mampu menambah kenyamanan saya saat duduk di jok tengah.

Desain Interior Simpel

Jika melihat tampilan desain interior dari Honda SUV CR-V Anda akan berkata jika interior Honda CR-V akan terlihat lebih simple. Honda CR-V interiornya didominasi oleh warna hitam dengan paduan silver pada kisi AC dan aksen kayu. Aksen kayu tersebar di beberapa bagian. Mulai dari dasbor, konsol tengah, hingga doortrim. Aksen kayu ini jelas membuat mobil CR-V memiliki kesan elegan dan mewah.

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 06

Tuas transmisi Honda CR-V berada lebih di atas sedikit, tepat di bawah bagian head unit. Head unit yang digunakan Honda CR-V juga sudah memakai layar sentuh. Hanya saja ukurannya lebih kecil dibanding milik Wuling Almaz. Ukuran Head unitnya 9 inci, dengan berbagai pengaturan yang ada di dalamnya.

Pada varian tertinggi, Honda CR-V juga memiliki atap dengan panoramic sunroof. Secara spesifikasi, Wuling Almaz dan Honda CR-V benar-benar sepadan jika melihat apa yang ada pada bagian interiornya.

Jok dan Ruang Penyimpanan Honda CR-V

Pada bagian jok, mobil CR-V memakai motif jok bergaris horizontal dan terlihat memiliki desain semi bucket. Sehingga saat diduduki, akan terasa memeluk badan dengan maksimal dan memberikan kesan sporty. Pada bagian doortrim, sudah dilapis dengan bahan kulit dengan jahitan asli walaupun tetap ada plastic biasa pada bagian power windownya.

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 07

Soal ruang penyimpanan, Honda CR-V juga punya banyak ruang penyimpanan yang bisa digunakan. Di bagan depan ada laci, di konsol tengah terdapat beberapa ruang penyimpanan hingga di belakang jok depan. Selain itu, setiap doortrimnya juga dapat mengakomodasi botol minum. Tak lupa armrest bagian jok tengah yang pada saat dibuka juga bisa digunakan untuk menaruh tempat minum.

Kesimpulan

Di atas kertas, Wuling Almaz memang mampu bersaing secara langsung dengan Honda SUV CR-V. Secara spesifikasi, Wuling Almaz memiliki berbagai fitur canggih namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Sayangnya, kapabilitas merek China di Indonesia hingga saat ini masih dipertanyakan. Walaupun sebenarnya jaringan dilernya sudah sangat baik, akan tetapi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap merek China belum terlalu baik.

Bagi konsumen yang tetap memilih Honda CR-V, biasanya mereka lebih mementingkan nilai gengsi, kemewahan dan imej. Honda sudah terkenal dengan reputasinya di Indonesia sejak tahun 1970-an sama seperti Toyota. Tak heran tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia lebih besar kepada merek Jepang yang satu ini. Jaringan diler dan ketersediaan spare part Honda juga menjadi nilai lebih.

Komparasi Interior Wuling Almaz dan Honda CR-V, Mana yang Lebih Mewah? 08

Namun jika berpikir di luar merek, tentunya Wuling Almaz sangat layak dipertimbangkan untuk dijadikan mobil harian. Diantara keduanya, review kami lebih setuju jika Honda CR-V memiliki interior yang lebih mewah dibanding Wuling Almaz. Hal tersebut berkat adanya aksen kayu dan piano black pada bagian doortrim.

Akan tetapi, bukan berarti Wuling Almaz tidak memiliki interior yang mewah. Keduanya sama-sama memiliki interior yang mewah. Namun kami lebih setuju jika Honda CR-V memiliki interior yang lebih mewah. So, pilihan kamu tetap kemana? Wuling Almaz atau Honda CR-V?

Spesifikasi Teknis Wuling Almaz Honda CR-V
Dimensi Panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm Panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.679 mm
Mesin 1.451 cc, 4 silinder, DOHC, DVVT, turbocharge 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC, turbocharge
Tenaga 140 ps @5.200 rpm, torsi 250 Nm @1.800-3.600 rpm 188 ps @5.600 rpm, torsi 240 Nm @2.000-5.000 rpm
Transmisi Otomatis CVT 8 Percepatan Otomatis CVT
Rem Ventilated disc brake, disc brake Ventilated disc, solid disc
Suspensi depan McPherson strut with coil spring McPherson strut
Suspensi belakang Trapezoidal multi link with independent Multi link
Harga Wuling Almaz Rp266-342 jutaan Rp463-539 jutaan

Komentar