window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Konsumsi BBM Honda CR-V Dengan Nissan X-Trail

Anissa · 7 Jun, 2020 10:00

Komparasi Konsumsi BBM Honda CR-V Dengan Nissan X-Trail 01

Dewasa ini, konsumsi bahan bakar pada kendaraan menjadi salah satu aspek yang cukup diperhatikan dan seringkali menjadi bahan pertimbangan sebelum konsumen memutuskan untuk membeli sebuah mobil. Akhirnya, mobil yang irit bahan bakar pun menjadi semakin populer.

Dalam segmen SUV, kita pasti sudah tidak asing dengan nama Honda CR-V. Salah satu SUV besutan Honda ini memang dikenal cukup irit dalam hal bahan bakar. Tetapi bagaimana jika kita bandingkan dengan salah satu pesaingnya, yakni Nissan X-Trail? Di antara kedua mobil ini, mana kira-kira model mobil yang lebih irit bahan bakar?

Konsumsi Bahan Bakar Honda CR-V

Sebelum kita membahas soal konsumsi bahan bakar, mari kita bahas lebih dulu tentang dimensi mobilnya. Seperti yang bisa kita lihat, dimensi bodi Honda CR-V ini memang cukup besar. Honda CR-V generasi terbaru diketahui memiliki dimensi panjang bodi 4.584 mm, lebar bodi 1.855 mm, dan tinggi bodi 1.679 mm. Dan mobil Honda SUV Honda CRV ini memiliki bobot seberat 1.649 kg, sedikit lebih berat dibandingkan dengan mobil Honda CR-V generasi sebelumnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Honda CRV tersedia dalam 3 varian. Harga Honda CRV berkisar dari Rp463 jutaan hingga Rp539 jutaan. Ini merupakan harga mobil CRV 2020 di Indonesia.

Komparasi Konsumsi BBM Honda CR-V Dengan Nissan X-Trail 01

Untuk mesinnya sendiri, mobil Honda CR-V ini menawarkan beberapa pilihan mesin bensin dan mesin hybrid kepada para konsumennya. Mobil ini menawarkan mesin empat silinder segaris L15B7 VTEC Turbo DOHC berkapasitas 1,5 liter dan R20 berkapasitas 2,0 liter untuk varian mesin bensin. Sementara itu, Honda CR-V menawarkan mesin 16 katup DOHC berkapasitas 2,0 liter yang dikombinasikan dengan dua motor listrik untuk pilihan mesin hybrid-nya. Performa yang dihasilkan oleh mesin hybrid-nya diklaim lebih efisien dibandingkan dengan mesin dengan bahan bakar bensin.

Mengingat dimensi bodinya yang cukup besar dan bobotnya yang cukup berat, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh Honda CR-V ini bisa dibilang cukup hemat dan efisien. Mobil CR-V ini mampu menempuh jarak 13,8 km-17,1 km untuk setiap satu liter bensin, tergantung dengan kecepatannya saat dikendarai.

Konsumsi Bahan Bakar Nissan X-Trail

Mirip dengan Honda CR-V, mobil-mobil Nissan X-Trail juga menawarkan beberapa pilihan mesin. Beberapa pilihan tersebut antara lain mesin bensin dengan kapasitas 2,0 liter dan 2,5 liter, serta mesin diesel dengan kapasitas 1,6 liter. Perlu diketahui bahwa sejak awal mobil Nissan X-Trail ini memang dimaksudkan untuk memiliki kapasitas mesin yang besar demi mendukung performa mobil ini. 

Melihat bodinya yang besar dan kapasitas mesin yang dimilikinya juga cukup besar, banyak orang yang beranggapan bahwa mobil Nissan Indonesia Nissan X-Trail ini akan menjadi mobil yang boros bahan bakar. Tetapi kenyataannya, Nissan mengklaim bahwa teknologi transmisi CVT yang disematkannya pada Nissan X-Trail terbaru ini efektif untuk membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien. Dibandingkan dengan generasi pertamanya, mobil ini memang tidak begitu boros. 

Nissan Indonesia menyedia mobil Nissan X Trail dalam 1 varian saja. Harga Nissan X Trail berkisar Rp 548 jutaan. Ini merupakan harga mobil X Trail 2020. Untuk harga Nissan X Trail bekas itu bervarian, tergantung dari kondisi mobil Nissan tersebut.

Komparasi Konsumsi BBM Honda CR-V Dengan Nissan X-Trail 02

Pihak Nissan sendiri menyatakan bahwa mobil Nissan X-Trail ini bisa menempuh jarak maksimal hingga 16 km dengan satu liter bensin. Angka ini tentu sudah membuat mobil Nissan X-Trail layak disebut sebagai salah satu SUV yang cukup irit bahan bakar. Tetapi apabila kita bandingkan dengan konsumsi bahan bakar Honda CR-V, Nissan X-Trail masih berada di bawahnya. 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil