Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman?

Mark Jacob · 6 Mei, 2020 12:00

Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman? 01

Honda Mobilio merupakan salah satu mobil MPV yang ada di Indonesia. Honda Mobilio sendiri memiliki beberapa pesaing terdekat, salah satunya adalah Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Mungkin banyak dari Anda yang belum pernah mencicipi kedua mobil tersebut. Lantas, mana yang lebih nyaman antara mobil Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terbaru? Simak terus artikel ini ya.

Dimensi 

Mobil pertama yang akan kami bahas adalah Honda Mobilio. Dimensi Honda Mobilio terbilang cukup panjang. Panjang All New Mobilio mencapai 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm. Ground clearance dari mobil New Mobilio mencapai 189 mm sehingga bisa dibilang memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Jika melihat bentuknya, mobil Honda Mobilio memiliki desain yang cukup stylish. Sehingga banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai mobil keluarga.

Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman? 02

Suspensi

Sebagai mobil keluarga, hal utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Suspensi dari mobil Honda Mobilio terbilang cukup empuk dengan bantingan yang masih tergolong ke dalam batas wajar yang masih dapat di toleransi. Ketika saat melahap jalan rusak, suspensi mobil Honda All New Mobilio mampu meredam dengan baik. Karakter suspensi mobil Honda Mobilio memiliki bantingan yang empuk pada suspensi depan, sedangkan di belakang agak sedikit keras.

Jika dikendarai sendiri, mobil All New Mobilio akan terasa sedikit memiliki suspensi yang keras. Namun jika diisi penuh oleh penumpang, suspensi tersebut akan terasa cukup nyaman dengan bantingan yang pas. Suspensi inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari Honda Mobilio. Honda meracik suspensi Honda Mobilio dengan model MacPherson Strut di bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Karakter torsion beam yang cenderung keras membuat mobil memiliki handling yang cukup baik.

Handling

Sebagai mobil dengan struktur bodi monokok atau bodi yang menyatu dengan chasis, mobil Honda Mobilio memiliki handling yang cukup baik. Sebagai gambaran, pada saat mobil melaju di kecepatan rendah cukup mudah bermanuver berbelok. Di kecepatan tinggi pun demikian, manuver yang dihasilkan juga cukup mudah. Sayangnya, gejala limbung pada saat bermanuver di kecepatan tinggi cukup terasa. Sehingga penumpang bisa merasakan ketidaknyamanan.

Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman? 03

Mesin

Mobil Honda Mobilio dibekali oleh mesin L15Z berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 116 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 145 Nm. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin akan disalurkan ke penggerak roda depan. Sedangkan transmisi yang ditawarkan terdiri dari manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Bagaimana karakter mesin dari Honda All New Mobilio ini? Secara garis besar, mesin yang ditanamkan pada tubuh Honda Mobilio terbilang memiliki performa yang biasa saja.

Karakter mesin pada putaran rendah terasa halus, namun bagi sebagian orang dirasa kurang bertenaga. Sementara pada putaran tinggi, mesin terasa memiliki nafas yang cukup panjang dan memiliki gelombang tenaga yang massif. Sehingga untuk mendapatkan puncak kecepatan harus membutuhkan jarak yang panjang. Itu untuk mesin dengan transmisi manual, lantas bagaimana dengan CVT? Pada transmisi CVT, tenaga yang dihasilkan bisa dibilang lebih lemot.

Untuk mendapatkan performa terbaik, pengemudi harus membiasakan diri dengan menyesuaikan karakter mesin tersebut. Transmisi otomatis dengan CVT bukanlah transmisi yang bisa diajak melakukan performa untuk kecepatan. Transmisi model CVT memang dibuat untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit. Maka tak heran jika mobil dengan transmisi CVT memiliki karakter mesin yang kurang bertenaga dan lemot untuk dikendarai. Tetapi, mobil dengan CVT biasanya memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

Suzuki Ertiga

Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman? 04

Dimensi

Setelah membahas mengenai Mobilio, saatnya mengulas Suzuki Indonesia mobil Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga terbaru merupakan salah satu kompetitor terdekat bagi Honda Mobilio. Secara desain, mobil ini memiliki tampilan yang lebih kalem dan elegan. Suzuki Ertiga sendiri memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan ground clearance dari mobil ini mencapai 180 mm. Jika melihat ukuran dimensi, Suzuki Ertiga memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi yang lebih dibanding dimensi Honda Mobilio.

Hal ini membuat kabin Suzuki Ertiga terbaru lebih lapang dan lega dibandingkan dengan Honda Mobilio. Hanya saja, ground clearance Suzuki Eritiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru lebih rendah 8 mm dibanding mobil Honda Mobilio. Akan tetapi, kabin yang lebih luas tentunya akan lebih nyaman digunakan bersama dengan keluarga tercinta.

Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman? 05

Suspensi

Bagaimana karakter suspensi dari Suzuki Ertiga? Jika dibandingkan dengan mobil Honda Mobilio, Suzuki Ertiga memiliki karakter suspensi yang jauh lebih nyaman dibanding Mobilio. Suspensi dari Suzuki Ertiga benar-benar mampu membuat pengendaranya merasakan kenikmatan berkendara yang sesungguhnya. Karakter suspensinya pas, empuk dan tidak terasa keras. Baik itu di bagian suspensi depan, maupun di bagian suspensi belakang.

Paduan antara suspensi depan dan belakang benar-benar sempurna untuk kelas mobil keluarga yang ada di Indonesia. Mengapa bisa demikian? Apa rahasianya? Mari kita bahas. Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru dibekali dengan suspensi MacPherson Strut dengan paduan coil spring di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang memakai Torsion beam dengan paduan coil spring. Coil spring inilah yang bertugas memberikan kenyamanan pada saat mobil sedang melaju.

Handling

Kendati memiliki suspensi yang cukup empuk dan sangat nyaman, handling dari mobil Suzuki Ertiga juga terbilang baik. Untuk melakukan manuver  menggunakan mobil ini juga kami rasa lebih baik dibandingkan dengan mobil Honda Mobilio. Pada saat bermanuver, yang dapat kami rasakan adalah mobil memiliki struktur chasis yang cukup rigid. Dengan struktur yang juga memakai bodi monokok, Ertiga terbaru kami rasa memiliki handling yang lebih baik ketimbang mobil Honda Mobilio.

Komparasi Rasa Berkendara Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana Lebih Nyaman? 06

Mesin

Soal mesin, Suzuki Ertiga mobil Suzuki terbaru telah ditanamkan mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Mesin ini juga sama dengan kepunyaan Suzuki Jimny yang saat ini menjadi trend. Tenaga yang dapat diraih dari mesin tersebut mencapai 104 hp dengan torsi maksimal 130 Nm. Jika membandingkan dengan tenaga yang dihasilkan oleh Honda Mobilio, Suzuki Ertiga terbaru ini memang lebih kecil. Kendati demikian, mesin yang dipasangkan pada tubuh Ertiga ini juga bisa mencatatkan performa apik.

Para putaran rendah, mesin Suzuki Ertiga terbaru memiliki penyaluran tenaga yang terasa linear. Tenaga yang putaran bawah memang tergolong biasa saja, akan tetapi pada saat melebihi 3.000 rpm tenaga akan terasa melonjak. Mesin dari Suzuki Ertiga Suzuki Indonesia juga lebih halus jika dibandingkan dengan mobil Honda All New Mobilio. Akan tetapi, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih mobil Honda Mobilio dibanding Suzuki Ertiga. Memang, tak ada mobil yang sempurna di dunia ini. Setiap mobil tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Mobil Honda Mobilio memiliki total 5 tipe. Harga Honda Mobilio baru berkisar dari Rp 206 juta hingga Rp 261 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Mobilio di tahun 2020. Sedangkan mobil Suzuki Ertiga terbaru memiliki total 7 tipe. Harga Suzuki Ertiga berkisar dari Rp 207 juta hingga Rp 263 jutaan. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020.

Walaupun begitu, kedua mobil di atas layak untuk dibeli sebagai mobil keluarga. Keduanya memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Hanya saja, jika ingin lebih nyaman, Anda bisa memilih Suzuki Ertiga terbaru. Sedangkan bagi Anda yang ingin performa lebih baik, bisa memilih mobil Honda Mobilio. Tinggal sesuaikan dengan karakter berkendara Anda.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru