window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis

Samuel Tito · 21 Okt, 2020 12:00

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis 01

Di kelas sedan menengah tentunya Honda Civic tidak hanya sendiri, karena Toyota selalu memasang nama Corolla untuk berbagi kue di kelas tersebut dengan Civic. Lalu bagaimana dengan perbandingannya?

Ya, dua merek Jepang ini memang sudah bersaing sejak tahun 1970-an. Hingga kini, keduanya masih bersaing kembali. Tentu dengan menawarkan masing-masing desain modern dan teknologi canggih. Sebagai rival abadi di segmen sedan kompak, tentunya akan sangat menarik jika dibandingkan kedua mobil tersebut.

Baik dari segi spesifikasi maupun fitur yang disematkan di dalamnya. Dan agar perbandingan keduanya seimbang, kami membandingkan Honda Civic sedan dan Toyota Corolla Altis. Berikut perbandingan lengkap keduanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dimensi Honda Civic Sedan vs Toyota Corolla Altis

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis 01

Dari segi dimensi, menariknya, kedua mobil ini memiliki panjang yang sama, yaitu 4.630 mm. Perbedaan keduanya terletak pada lebar dan tinggi bodinya. Dari segi lebar dan tinggi, Honda Civic memiliki lebar 2.705 mm dan tinggi 1.416 mm.

Toyota Corolla Altis memiliki lebar 1.780 mm. Lalu tingginya 1.435 mm. Untuk sektor ini, Honda Civic lebih besar berkat panjangnya yang mencapai 2.705 mm. Seperti tercatat di daftar spesifikasinya. Sedangkan untuk jarak sumbu roda, ada kemiripan di antara keduanya.

Interior Honda Civic Sedan vs Toyota Corolla Altis

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis 02

Masuk ke dalam sisi interior Honda Civic Turbo. Warna hitam dengan aksen kayu dan silver yang menciptakan perpaduan yang sporti dan elegan di dalamnya. Kemudinya dibuat praktis melalui tombol pengaturan audio di kiri dan cruise control di kanan, tak lupa ada paddle shift yang menambah sensasi sporty saat berkendara. Panel instrumen layar TFT MID dengan dial tengah yang besar.

Di bagian samping setir terdapat tombol start / stop mesin dan tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Vehicle Stability Assist (VSA). Untuk susunan spion tentunya bersifat elektrik sekaligus melipatnya.

Konsol tengah adalah head unit berbasis Android 7 inci, yang dilengkapi koneksi Wifi, Bluetooth, Tethering, dan USB. Ada 6 speaker, yaitu 4 speaker utama yang terbagi di depan dan belakang, serta 2 tweeter di pintu depan.

Setting AC digital dengan tombol fisik dan sudah otomatis, untuk airbag ada 6 buah. Joknya dilapisi kulit dan sudah mendukung ISOFIX. Untuk bagian belakang terdapat ventilasi AC. Ada 6 tempat gelas. Bicara kapasitas bagasi, Honda Civic punya kapasitas 492 liter.

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis 03

Bagi para rivalnya, Toyota Corolla Altis memiliki interior berwarna hitam dengan aksen silver yang membuatnya semakin sporty. Desain dashboard juga telah berubah total menjadi lebih modern dan sporty, untuk instrument cluster untuk varian V dan Hybrid adalah full TFT display sedangkan untuk varian G TFT display hanya ada di MID. Berbeda dengan pesaingnya, Corolla memiliki Head-up Display hanya untuk varian V dan Hybrid.

Di kolom setir kiri untuk pengaturan audio dan MID sedangkan di kanan untuk cruise control (varian V dan Hybrid), untuk varian hybrid terdapat tombol tambahan yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning dan pengaturan Toyota Safety Sense lainnya. Sama seperti rivalnya, Corolla kini memiliki paddle shift, namun ini hanya untuk varian V dan Hybrid. Berbicara tentang cup holder, sedan ini memiliki 6 buah.

Posisi bawah tombol start / stop mesin adalah perataan lampu kepala dan lampu sorot otomatis. Tentu pengaturan spionnya elektrik, tapi untuk auto folding hanya varian V dan Hybrid.

Konsol tengah terdapat head unit dengan model floating, untuk Corolla varian G dan V mendapatkan ukuran 7 inchi yang mendukung bluetooth, Wifi, HDMI dan Miracast. Sedangkan varian Hybrid mendapat head unit terintegrasi berukuran 8 inci yang dapat memantau sistem hybrid, bluetooth, Wifi, Apple CarPlay, dan Smart Device Link (SDL). Hanya ada empat speaker, masing-masing di pintu.

Pengaturan AC digital dan zona ganda, tetapi varian G belum digital. Ada 7 poin untuk Airbags. Jok dari Corolla varian G masih berbalut kain sedangkan V dan Hybrid dilapisi bahan kulit dan sudah support ISOFIX. Penumpang belakang memiliki semburan ventilasi AC. Terdapat 6 cup holder, satu tuas transmisi lurus dan satu tombol driving mode, Stability Control dan EV Mode (Hybrid only). Berbicara soal kapasitas bagasi, Corolla berkapasitas 371 liter.

Mesin Honda Civic vs Toyota Corolla Altis

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis 04

Padahal dari segi dimensi, kedua ukuran tersebut tidak jauh berbeda. Urusan yang terkait dengan mesin, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Sedan turbo Honda Civic ini hadir dengan mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo yang mampu mengais 173 ps pada 5.500 rpm.

Kemudian torsi puncaknya menembus 220 Nm pada putaran mesin 1.700-5.500 rpm. Tenaga mesin disalurkan oleh transmisi CVT khas Honda dengan Earth Dreams Technology.

Mesin Honda Civic 2020
Tipe Mesin L15B 4-silinder segaris VTEC Turbo dengan teknologi Drive by Wire
Kapasitas Silinder 1.498 cc
Tenaga Maksimal 171,5 hp @ 5.500 rpm
Torsi Maksimal 220 Nm @ 1.700-5.500 rpm
Transmisi CVT dengan Earth Dream Technology
Sistem Penggerak Front-wheel drive

 

Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis 05

Untuk Corolla Altis, Toyota memiliki mesin bensin 1.8 liter Naturally Aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 138 hp dan torsi 167 Nm. Mesin tersebut kemudian dipadukan dengan sistem transmisi CVT 7 percepatan. Dalam hal ini, turbo Civic sedikit lebih unggul berkat dorongan turbo yang dimilikinya.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Honda Civic Sedan vs Toyota Corolla Altis

Honda membekali Civic turbo sedan dengan sasis body kokoh G-CON + ACE ™ yang melindungi penumpang dari tabrakan fatal saat terjadi kecelakaan. Kemudian dilengkapi pula dengan Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA) dan Motion Adaptive EPS.

Mempertanyakan fitur keselamatan dan keamanan, untuk Honda Civic, Honda Indonesia menyematkan  fitur keselamatan dan keamanan yang meliputi:

Fitur  Honda Civic dan Toyota Corolla Altis 2020
Honda Civic Toyota Corolla Altis

- Airbags 6 titik

- Seatbelt Reminder

- ISOFIX

- Antilock Braking System (ABS)

- Electronic Brakeforce Distribution (EBD)

- Brake Assist (BA)

- Electric Parking Brake (EPB)

- Auto Hold Brake (AHB)

- Brake Override System

- Vehicle Stability Control (VSC)

- Hill Start Assist (HSA)

- Cruise Control

- Paddle Shift

- Emergency Stop Signal

- Rear Parking Camera

- Immobilizer

- Keyless Entry

- Engine Start/ Stop Button

- Remote Engine Start

- Airbags 7 titik

- Seatbelt Reminder

- ISOFIX

- Antilock Braking System (ABS)

- Electronic Brakeforce Distribution (EBD)

- Brake Assist (BA)

- Electric Parking Brake (EPB)

- Auto Hold Brake (AHB)

- Drive Start Control

- Vehicle Stability Control (VSC)

- Hill Start Assist (HSA)

- Cruise Control

- Paddle Shift

- Blind Spot Monitor

- Rear Parking Camera

- Immobilizer

- Keyless Entry

- Engine Start / Stop Button

Fitur Hiburan Toyota Corolla Altis vs Honda Civic Sedan

Tak lengkap rasanya jika tidak membandingkan fitur hiburan yang disematkan di keduanya. Untuk Toyota Corolla Altis generasi ke-12 kini dibekali head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Head unit dapat dihubungkan ke Apple CarPlay dan Android Auto, Bluetooth, USB, AUX, Mirrorlink, dan sistem navigasi.

Sedangkan untuk Honda Civic dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Head unit ini mampu mengakomodasi Koneksi Wireless Smartphone, Bluetooth, Wifi Tethering, HDMI, USB, AUX, dan sistem navigasi.

Harga Honda Civic vs Toyota Corolla Altis

Varian Harga
Honda Civic 1.5L Turbo Rp 533.000.000

 

 

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil