window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?

Mark Jacob · 29 Jun, 2020 11:00

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? 01

Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah mobil Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terbaru. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Harga mobil Suzuki terbaru, Suzuki Ertiga dibanderol dengan biaya Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Harga Honda Mobilio baru dibanderol dengan biaya Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. 

Baik mobil Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga terbaru, keduanya juga sebenarnya memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk ukuran mobil 7 penumpang yang kerap digunakan untuk bepergian bersama keluarga. Akan tetapi, banyak dari calon konsumen belum terlalu mengetahui spesifikasi detailnya. Kami akan mencoba membahas komparasi spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terbaru. Kira-kira, mana yang terbaik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Spesifikasi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga terbaru merupakan salah satu kompetitor terdekat bagi Honda Mobilio. Secara desain, mobil ini memiliki tampilan yang lebih kalem dan elegan. Suzuki Ertiga terbaru yang ada di Indonesia saat ini merupakan generasi ketiga dengan tampilan yang lebih modern dan keren.

Dimensi 

Suzuki Ertiga sendiri memiliki dimensi dengan spesifikasi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan ground clearance dari mobil ini mencapai 180 mm. Kabin dari Suzuki Ertiga bisa dibilang lebih lapang dibandingkan dengan Honda Mobilio.

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? 01

Mesin  

Untuk bagian mesin, Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki Indonesia terbaru ini memakai dapur pacu berkode K15B dengan kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Mesin ini juga sama dengan kepunyaan Suzuki Jimny yang namanya saat ini menjadi trend di Indonesia. Tenaga yang dapat diraih dari mesin tersebut mencapai 104 hp dengan torsi maksimal 130 Nm.

Mesin ini dapat mencatatkan angka konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Rekan jurnalis pernah mengujinya di pulau Bali sesaat setelah generasi ketiga Suzuki Ertiga terbaru ini diluncurkan. Bahkan konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 1 banding 25 kilometer per liter. Angka ini cukup luar biasa untuk mobil keluarga. 

Suspensi

Suspensi dari Suzuki Ertiga terbaru juga terbilang sangat nyaman. Bantingan suspensinya empuk, tetapi tidak membuat mobil menjadi limbung. Ketika dibawa untuk melibas jalanan berlubang, mobil keluarga ini mampu memberikan peredaman yang baik dengan kenyamanan yang luar biasa. 

Karakter suspensinya bagi sebagian orang akan dirasa terlalu empuk di bagian depan dan belakang. Akan tetapi bagi mereka yang suka dengan lembutnya suspensi tersebut, hal itu menjadi nilai lebih. 

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? 02

Paduan antara suspensi Suzuki Ertiga terbaru dari depan dan belakang benar-benar sempurna untuk kelas mobil keluarga yang ada di Indonesia. Mengapa bisa demikian? Apa rahasianya?

Mari kita bahas. Suzuki Ertiga Suzuki Indonesia mobil yang dibekali dengan suspensi MacPherson Strut dengan paduan coil spring di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang memakai Torsionbeam dengan paduan coil spring. Coil spring inilah yang bertugas memberikan kenyamanan pada saat mobil sedang melaju. Kombinasi suspensi depan dan belakang mampu memberikan kenyamanan saat berkendara.

Lalu, bagaimana dengan Honda Mobilio?

Spesifikasi Honda Mobilio

Dimensi 

Dimensi Honda Mobilio terbilang cukup panjang. Dimensi panjang mobil ini mencapai 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Ground clearance dari mobil ini mencapai 189 mm sehingga bisa dibilang memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi, namun bagi sebagian orang ini masih dianggap cukup rendah.

Jika melihat bentuknya, mobil ini memiliki desain yang cukup stylish. Sehingga banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai mobil keluarga. Akan tetapi, Suzuki Ertiga terbaru lebih panjang sedikit sekitar 10 mm. Hal ini menandakan kelegaan kabin  pada Suzuki Ertiga terbaru menjadi lebih baik dibanding Honda Mobilio. 

Mesin

Soal mesin, mobil Honda All New Mobilio dibekali oleh dapur pacu dengan kode L15Z berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 116 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 145 Nm. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin akan disalurkan ke penggerak roda depan, sama seperti Suzuki Ertiga terbaru yang menjadi kompetitornya.

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? 03

Sedangkan transmisi yang ditawarkan terdiri dari manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Demikian pula dengan Suzuki Ertiga terbaru yang menawarkan dua pilihan transmisi, yakni 5 percepatan manual dan otomatis CVT. Karakter transmisi diantara keduanya pun hampir sama, alias mirip-mirip.

Suspensi

Lalu, bagaimana dengan suspensi dari All New Mobilio? Sebagai mobil keluarga, hal utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Suspensi dari mobil Honda Mobilio terbilang cukup keras dengan bantingan yang masih tergolong ke dalam batas wajar yang masih dapat ditoleransi.

Ketika saat melahap jalan rusak, suspensi mobil Honda Mobilio terasa cukup keras, terutama di bagian suspensi belakang. Jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga terbaru, suspensi dari mobil Honda Mobilio ini memang kurang nyaman untuk meredam kejut dari jalan berlubang maupun jalan bergelombang. 

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? 04

Jika dikendarai sendiri, mobil Honda Mobilio ini akan terasa sedikit memiliki suspensi yang lebih keras. Namun, jika diisi penuh oleh penumpang, suspensi tersebut akan terasa cukup nyaman dengan bantingan yang pas. Kerasnya suspensi tersebut berimbas kepada handling yang lebih baik pada saat menikung. 

Honda meracik suspensi mobil New Mobilio dengan model MacPherson Strut di bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Karakter torsion beam yang cenderung keras membuat mobil memiliki handling yang cukup baik. Tak heran jika karakter suspensi antara mobil Honda Mobilio dan Ertiga terbaru berbeda. 

Kesimpulan

Jika menarik kesimpulan, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bagi mereka yang ingin desain elegan, mewah dan modern Honda Mobilio akan lebih cocok. Sedangkan bagi mereka yang suka desain dinamis dan sporty, Suzuki Ertiga akan menjadi pilihan menarik.

Soal kenyamanan, suspensi Suzuki Ertiga terbaru jauh lebih baik dibanding mobil Honda Mobilio. Karakter suspensinya yang empuk, membuat penumpang akan menjadi lebih nyaman dan betah saat di perjalanan. Konsumsi bahan bakar keduanya pun sama-sama irit. Tak heran kedua mobil ini menjadi mobil yang cocok untuk diboyong. 

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? 05

Walaupun begitu, kedua mobil di atas layak untuk dibeli sebagai mobil keluarga pilihan di Indonesia. Kedua mobil tersebut tetaplah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saran kami, Suzuki Ertiga akan lebih nyaman dikendarai dibanding Honda Mobilio. 

Anda sebagai pembeli harus lebih bijak dalam menentukan pilihan agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat memilih mobil keluarga yang terbaik bagi keluarga Anda.

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil