Komparasi Suzuki Baleno vs Honda Jazz, Mana Hatchback Paling Komplit?

Samuel Tito · 21 Nov 2020 16:00

Perkembangan mobil hatchback di pasar otomotif Indonesia, saat ini sepertinya tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.  Segmen ini masih diisi dengan mobil-mobil model lama seperti Suzuki Baleno hatchback, Honda Jazz, Toyota Yaris hingga Mazda 2.

Tidak seperti segmen untuk SUV yang tahun ini kian ramai dengan kehadiran model-model mobil terbarunya. Lalu apakah pasar hatchback ini masih digemari di Indonesia? Simak ulasan Autofun berikut ini.

Kali ini kami akan membahas perbandingan atau komparasi antara Suzuki Baleno hatchback dengan Honda Jazz. Ya, kedua mobil ini adalah pemain lama di pasar otomotif Indonesia. Bagi Anda yang tengah bingung memilih antara Suzuki Baleno dengan Honda Jazz simak ulasan berikut ini.

Overview Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Pertama, memang hingga saat ini hatchback empat pintu masih digandrungi oleh kalangan remaja dan keluarga muda di Indonesia. Dengan daya angkut 5 penumpang,  serta dilengkapi dengan tampilan desain yang menawan. Harganya pun tentunya masih terjangkau, ketimbang SUV yang baru saja dipasarkan di pasar mobil baru Indonesia.

Seperti diketahui sudah bertahun-tahun segmen hatchback ini didominasi oleh pabrikan Jepang. Khususnya merek dan model seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. Merek Jepang lainnya seperti Suzuki juga tidak mau ketinggalan. Sejak tahun 2017 lalu, Suzuki mulai mencari celah dengan menghadirkan Suzuki Baleno hatchback dalam daftar penjualan mobil baru mereka.

Lalu, apakah Suzuki Baleno hatchback cukup tangguh untuk melawan dan menghadang Honda Jazz? Berikut perbandingannya.

Kabin Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Dari segi kenyamanan pengemudi, jok Suzuki Baleno memiliki pengatur ketinggian, selain itu ada sistem reclining. Bahkan, terdapat sandaran tangan di sisi kiri jok pengemudi.

Menariknya, dengan harga yang kompetitif atau di bawah pemain hatchback lainnya, Suzuki Baleno memiliki AC yang bisa dioperasikan dengan tombol. Serta dapat ditampilkan di layar digital sehingga terlihat mewah.

Sedangkan dari segi fungsionalitas lainnya, Suzuki Baleno memiliki ruang penyimpanan yang cukup banyak. Ditambah dengan banyak tempat untuk simpan barang-barang berukiran kecil. Seperti, untuk taruh koin, botol, hingga majalah. Bagasi Suzuki Baleno pun memiliki kapasitas 355 liter, dan ini bisa ditambah lagi. Fitur keselamatan Baleno juga cukup mumpuni, meski tidak ada pengendali stabilitas kendaraan.

Sementara untuk Honda Jazz, dari sisi fungsionalitasnya cukup menarik. Batangnya dapat dikonfigurasikan bahkan ke baris depan. Dimana jok depan, bisa direbahkan sehingga cukup rata. Hal inijadi memungkinkan barang dengan dimensi panjang dan besar seperti papan selancar bisa masuk.

Hal ini juga memudahkan pengemudi saat hendak istirahat alias berbaring dalam posisi yang sangat nyaman.

Mesin Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Dari sisi mesin,hatchback sekelas Suzuki Baleno mengusung mesin 1.373 cc K14B. Dengan memiliki tenaga puncak 92,5 ps dan torsi 130 Nm.

Jika dibandingkan dengan Honda Jazz, kapasitas mesin Suzuki Baleno lebih kecil. Sebab, hatchback Honda Jazz ini dibekali mesin berkapasitas 1.497 cc 4 Silinder segaris, 16 Katup. Alhasil, tenaga 120 ps dan torsi maksimal 145 Nm dapat diciptakan.

Dari sisi mesin jelas terlihat kalau Honda Jazz lebih unggul dari Baleno Hatchback.

Sementara pada sisi transmisi. Suzuki Baleno tipe tertinggi sudah mengadopsi automatic 4-speed konvensional. Lawannya Honda Jazz RS yang jadi tipe tertinggi, mengandalkan transmisi CVT-nya.

Ukuran Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Membahas tentang dimensi kedua mobil ini. Hatchback sekelas Suzuki Baleno, memiliki panjang 3.995 mm, dengan lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm, serta jarak sumbu roda 2.520 mm.

Melihat angka dimensi tersebut, maka Suzuki Baleno hatchback sedikit lebih kompak dibandingkan Honda Jazz. Karena Jazz memiliki dimensi panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, serta tinggi 1.524 mm, ditambah dengan jarak sumbu roda 2.530 mm.

Fitur Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Dari segi fitur, baik Suzuki Baleno dan Honda Jazz sangat bersaing keras. Dimulai dari sisi aplikasi lampu LED, DRL, sensor parkir di bagian belakang kedua mobil tersebut. Ada juga fitur ISOFIX dan head unit layar sentuh.

Keunggulan Honda Jazz RS yang merupakan tipe tertinggi dari Jazz ini, sudah pakai fitur cruise control, ada juga paddle shift, serta ukuran head unit yang lebih besar dengan ukuran 8 inci. Tersedia pula konektivitas HDMI yang tidak dimiliki Suzuki Baleno hatchback.

Harga Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Soal harga Anda bisa melihat table di bawah ini. Ini merupakan harga untuk semua varian Suzuki Baleno dan Honda Jazz di Indonesia. Harga masih on the road Jakarta, jadi bisa jadi patokan bagi Anda yang berada di luar Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga Suzuki Baleno dan Honda Jazz di kota Anda, silahkan hubungin diler terdekat.

Varian

Harga

Suzuki Baleno M/T

Rp 230.000.000 

Suzuki Baleno A/T

Rp 242.500.000

Tipe

Harga

Honda Jazz M/T

Rp 250.200.000

Honda Jazz CVT

Rp 260.500.000

Kesimpulan Suzuki Baleno dan Honda Jazz

Suzuki Baleno yang mengusung mesin VVT DOHC dengan kode mesin yang sama dengan Ertiga facelift, yakni K14B berkapasitas 1.4L. Dimana mesin itu mampu menghasilkan tenaga 91 hp pada putaran mesin 6.000 rpm. Lalu, torsi 130 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm, serta dengan dua pilihan transmisi yakni, AT dan MT.

Teknologi yang disematkan juga cukup mumpuni dan membantu pengemudi seperti keyless entry, sehingga konsumen dapat langsung membuka pintu tanpa harus kesulitan menekan tombol pengunci terlebih dahulu. Tentunya fitur ini dipadukan dengan tombol start / stop untuk menghidupkan mesin mobil tanpa harus memutar kunci lagi.

Lalu, Honda Jazz memiliki tampilan yang cukup menarik. Namun dibalik penampilannya Jazz memiliki kekurangan yaitu dari fitur keselamatannya. Berbeda dengan Yaris, Jazz tidak memiliki alat bantu stabilitas kendaraan dan hill start assist.

Meski harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Meski begitu, varian tertinggi Jazz tersebut sudah memiliki paddle shift dan cruise control. Salah satu keunggulan Jazz sendiri terletak pada kekuatan mesinnya. Mobil yang mengusung mesin 1.5L ini mampu menghasilkan tenaga paling besar di kelasnya yaitu 118 Tk dan torsi puncak 145 Nm.

Di mana untuk menghidupkan mesin, pengemudi telah dibekali tombol start / stop. Jadi Anda mau pilih mana Suzuki Baleno yang cukup murah atau Honda Jazz?

 

Komentar

Mobil Terbaru