Komparasi Suzuki XL7 2021 vs Mitsubishi Xpander Cross 2021, Mana Paling Value for Money Untuk SUV Rasa MPV?

Yongki Sanjaya · 21 Jan 2021 07:00

Tren SUV dari basis MPV semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tren ini juga diikuti Suzuki yang tergiur keberhasilan Mitsubishi Xpander Cross. Suzuki tahun lalu kemudian meluncurkan model dengan nama XL7. 

Suzuki XL7 tersedia dalam tiga varian antara lain, Zeta, Beta, dan Alpha. Ketiga tipe tadi masing-masing tersedia dalam dua jenis transmisi yakni manual dan matik.  Suzuki XL7 ini sebenarnya adalah versi Indonesia dari Suzuki XL6 yang telah dirilis di India. 

Tidak bisa dipungkiri, Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia terus berkembang. Hampir setiap pabrikan terus menghadirkan model terbaru di segmen ini. Pertarungan pun mengerucut pada sosok Mitsubishi Xpander Cross 2021 yang bersaing dengan Suzuki XL7 yang secara konsep ialah mengubah MPV jadi SUV. 

Hal pertama yang tentunya dicari konsumen Indonesia dari sebuah SUV ialah desain atau penampilan dari mobil tersebut. Keduanya punya fisik maskulin dengan banyak garis detail bodi yang gagah. Namun, Suzuki XL7 masih begitu khas kesan MPV Ertiga. 

Dengan konsep yang sama, Suzuki XL7 ataupun Mitsubishi Xpander Cross 2021 jelas punya perbedaan style. Hal ini bisa memberikan diferensiasi bagi kalian yang sedang berburu MPV. 

Baik Suzuki XL7 maupun Xpander Cross sama-sama menawarkan eksterior yang gagah dengan tambahan over fender, roof rail dan under guard. Secara sekilas kelengkapan eksterior memang mirip, namun bagaimana perbandingan spesifikasinya?

Suzuki XL7 2021 Kedepankan Kesan Elegan

Suzuki XL7 adalah versi SUV dari Ertiga sehingga desainnya punya banyak kemiripan. Untuk menegaskan kesan tangguh, Suzuki XL7 khususnya di bagian depan punya desain yang lebih berani dan berotot.  Kesan mewah di XL7 ditampilkan melalui panel krom di beberapa bagian seperti crossbar front grille, door handle, dan number plate garnish.

Kap depan memiliki sudut tegak yang bila dilihat sepintas gayanya mirip Wuling Almaz. Mulai dari bemper, grill, sampai dengan kap mesin desainnya cukup berbeda dari Ertiga standar atau versi Suzuki Sport sekalipun. Namun untuk sisi belakang, style stoplamp dan posisi plat nomor identik dengan Ertiga. 

Interior Suzuki XL7, SUV Keluarga dengan Style Modern

Tidak hanya eksterior yang tampil gagah, interior Ertiga versi SUV ini juga kian menarik. Untuk konsepnya, Suzuki XL7 ini lebih bergaya elegan karena tidak ada panel kayu yang jadi identitas kemewahan di suatu mobil. 

Fiturnya terbilang lengkap dan tak kalah dari para rival. Di bagian dashboard kita disuguhi panel instrumen dengan jarum speedometer dan takometer kekinian yang mengapit layar MID. 

Fitur lainnya yang terdapat dalam kabin Suzuki XL7 yaitu Leather Steering Wheel with Switch Audio Control, Bluetooth phone conection, Keyless, da AC Digital. Sementara fitur hiburan didukung oleh head unit touchscreen dengan model floating berikut 2 Front Tweeters. Untuk kabin Suzuki XL7 ini memiliki aksen single tone dengan warna hitam. 

Selebihnya, layout kursi pada Suzuki XL7 tak ada bedanya dengan Ertiga. Kursi bagian belakang bisa dilipat flat dengan kombinasi 50:50. Sementara itu, kursi tengahnya bisa dilipat dengan kombinasi 70:30, dimana kursi sebelah kiri digunakan untuk akses penumpang baris ketiga. 

Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV dengan Kenyamanan MPV

Namanya mobil SUV, suspensi kenyal hingga cenderung keras menjadi hal yang dianggap lumrah. Namun, Mitsubishi tampaknya berusaha untuk jadi brand pelopor SUV nyaman. Mitsubishi Xpander Cross 2021 masih tetap menggunakan model MacPherson Strut wih Coil Spring di bagian depan, juga Torsion Beam di belakangnya. 

Jadi, jangan menganggap bahwa Mitsubishi Xpander Cross 2021 cuma sekedar Xpander yang ditinggikan. Mitsubishi konon juga telah merancang karakter suspensi lebih stabil untuk sebuah SUV tanpa mengorbankan kenyamanan khas MPV. 

Xpander Cross mendapatkan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan baru rebound spring. Meski terlihat lebih tinggi, karakter suspensi yang ditampilkan memiliki bantingan terkesan empuk.

Karakter suspensi Mitsubishi Xpander Cross dibuat lebih kaku, sehingga mobil tidak mengayun berlebihan. Ditambah lagi penggunaan ban lebar juga semakin menjaga kestabilan berkendaranya.

Penampilan Perkasa Ala Mitsubishi Xpander Cross 2021 

Xpander Cross punya dimensi yang lebih besar dan perkasa, sehingga sulit disebut sebagai SUV rombakan MPV. Hal ini juga tak lepas dari ban ukuran 205/55-17 inci di keempat roda. 

Ini membuat ground clearance-nya jadi semakin tinggi, mencapai 225 mm. Tingginya ini melampaui SUV lain sekelas seperti Toyota Rush, Honda BR-V, dan Suzuki XL7.

Ground clearance tinggi sungguh bermanfaat saat melewati jalan bergelombang, termasuk offroad ringan. Kamu tidak perlu khawatir kolong bawah mentok langsung dengan tanah atau bebatuan.

Interior Mitsubishi Xpander Cross 2021, Lega dan Kaya Fitur?

Karena basisnya dari MPV maka kabin Xpander Cross harus lega dan nyaman untuk bepergian bersama. Begitu banyak fitur pendukung kenyamanan baik di ruang kemudi maupun penumpang. 

Kabin yang senyap, lega dan dipadukan dengan desain yang modern membuat interior dari mobil ini terkesan elegan. Pengendara dimanjakan dengan posisi tempat duduk yang nyaman dan ruang kepala serta kaki yang lapang. Sedangkan pada setirnya sudah tersedia tombol fungsi untuk pengaturan audio dan fitur cruise control.

Tak kalah menarik di baris kedua, bicara soal kenyamanan dan kelapangan, rasanya tak perlu diragukan lagi. Ruang kaki dan kepala jauh dari kata sesak, penumpang dewasa masih bisa bersantai ketika menempuh perjalanan jauh dengan Xpander Cross. 

Tempat penyimpanan barang juga berlimpah di setiap baris. Pada tiap sisi pintu terdapat konsol yang bisa dipakai meletakkan botol minum. 
Untuk fitur pengisian daya gadget juga lengkap. Kerennya, bahkan sampai bangku baris ketiga ada fitur power charger untuk isi ulang smartphone.

Kesimpulan 

Sebagai LSUV 7-seater di bawah Rp300 juta, Mitsubishi Xpander Cross 2021 diklaim sebagai mobil ternyaman di kelasnya. Namun, head to head harga membuat Xpander Cross jadi lebih mahal daripada Suzuki XL7. 

Suzuki XL7 2021 dijual dengan rentang harga antara Rp 236,5 juta sampai dengan Rp 273,5 juta. Sementara untuk Mitsubishi Xpander Cross 2021 dijual Rp 275,7 juta sampai dengan 298,7 juta. Bisa dibilang, harga termahal XL7 masih lebih murah dari Xpander. 

Apabila kalian cari Low SUV yang fiturnya komplit dan canggih, maka Xpander Cross bisa jadi incaran. Namun bila tidak begitu butuh cruise control maka bisa memilih XL7 yang lebih bersahabat. 
 

Komentar

Mobil Terbaru