Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan

Enda · 3 Mei, 2021 15:00

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 01

Toyota Raize vs Wuling Almaz bekas

Beberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Small SUV terbarunya yaitu Toyota Raize ke hadapan publik. Mengusung tema “Bold and Active”, Raize mampu menyuguhkan aura bergaya dan berani untuk membangun citra muda dan atraktif. Mengetahui harga barunya saat ini, Toyota Raize dipatok mulai dari Rp219.900.000 sampai dengan 265.900.000.

Bila melihat Wuling Almaz, kondisi bekasnya juga tak kalah menarik. Menurut sejarahnya, Almaz generasi pertama diperkenalkan oleh PT SGMW Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Wuling, pada ajang pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018. Belum genap setahun diluncurkan, SUV pertama Wuling di Indonesia ini kembali mendapat update pada 2019 dengan tambahan konfigurasi seat menjadi 7-seater serta penambahan beberapa fitur.

Mengetahui harga bekas Wuling Almaz saat ini, melansir beberapa iklan pada marketplace mobil bekas, diketahui Medium SUV jenama China lansiran 2019 ditawarkan mulai dari Rp220 jutaan.

Harga baru Toyota Raize dengan harga bekas Wuling Almaz yang kini terbilang sama, menurut kalian manakah yang lebih pantas untuk dipilih?

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite dan KIA Sonet, Pertarungan Anime vs Bollywood

Tampilan Luar Toyota Raize Lebih Diminati Kalangan Milenial

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 02

Tampilan depan dan samping Toyota Raize

Bicara tampilan luar, khususnya pada fascia, Toyota Raize menampilkan kesan sporty dan atraktif yang banyak disukai kaum milenial saat ini. Hal ini terlihat dari penggunaan bumper depan bermodelkan trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif. Selain memberikan visibilitas yang baik, sistem pencahayaan berteknologi LED dengan Illuminating headlamp, daytime running lght (DRL), dan Sequential Turn Lamp, dibuat lebih berkarakter, agresif dan berkelas.

Bergeser ke bagian sampingnya, Raize memiliki tampilan kokoh khas SUV dan velg besar berukuran 17 inch pada tipe 1.0T. Sementara tipe 1.2 menggunakan velg 16-inch yang tidak kalah atraktif.

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 03

Tampilan belakang Toyota Raize

Begitupun pada buritannya, demi menyeuaikan tampilan depan dan sampingya, Raize mempunyai bagasi serta bumper yang berotot dan kekar. Oh iya, beberapa varian 1.0T juga menawarkan atap yang dilabur model two-tone dengan kombinasi warna hitam.

Wuling Almaz, Bergaya Maskulin dan Gagah

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 04

Tampilan depan Wuling Almaz

Wuling Almaz generasi pertama mendapatkan wajah yang terkesan agresif. Salah satu produk flagship Wuling ini berhasil disematkan lampu senja berteknologi LED di bagian atasnya dengan bentuk yang pipih.

Demi meningkatkan visibiltas berkendara dimalam hari, sistem pencahayaan utama menggunakan LED Projector yang diletakan di bawah berdekatan dengan fog lamp. Bergeser ke sisi samping, guratan serta lekukan yang diterima Wuling Almaz ini terlihat sederhana dan berkarakter.

Wuling Almaz juga terkesan lebih sporty berkat diaplikasikannya velg 17 inci berdesain Two-Tone Alloy Wheel. Bergeser melihat bagian buritannya, Almaz mendapatkan bentuk yang tidak kalah menarik. Dimana lampu sinyal kepada pengendara di belakang dibagi menjadi dua, dan diletakan di antara pintu bagasi serta bumper bagian bawah berdekatan dengan under guard. Uniknya, ketika semua pintu dan bagasi dibuka, lampu sign yang ada di bumper secara otomatis akan menyala.

Interior Toyota Raize Cukup Menawan Untuk Sekelas SUV Kompak

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 05

Interior Toyota Raize

Merangsek ke bagian dalamnya, kalian bisa merasakan kabin yang cukup lapang pada mobil ini. Dashboard berpenampilan modern yang disematkan pada mobil ini juga terbilang ergonomis. Panel center cluster dibuat sedikit menyerong ke arah pengemudi untuk memudahkan menjalankan beragam fitur seperti pengaturan ac digital, tombol start/stop engine serta mengatur tampilan head unit Interactive 9 Inch dengan floating design.

Fitur entertainment yang digunakan Toyota Raize ini dapat terhubung dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya. Tidak hanya itu, Raize juga dilengkapi fitur dengan teknologi MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Interior Modern Ala Wuling Almaz, Sudah Pakai Voice Command 

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 06

Interior Wuling Almaz

Melihat sisi interior Wuling Almaz, mobil ini berhasil dibalut bahan kulit kualitas premium di sektor joknya. Beberapa partisi yang melekat pada dashboard dan door trim juga berhasil mendapatkan material jenis soft-touch.

Pada lingkar kemudinya juga telah diaplikasikan tombol pengaturan untuk menjalankan beberapa fitur. Hebatnya, varian tertentu Almaz juga disematkan extensive panoramic sunroof berukuran 0.82 m2. Ukuran ini dapat dikatakan terbesar dikelasnya, yang mana 70% atap Almaz terdiri dari kaca panoramic sunroof tersebut.

Baca juga: Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru?

Kenyamanan lainnya datang pada jok pengemudi yang dilengkapi dengan electric seat adjuster yang bisa diatur menyesuaikan posisi pengendara. Disisi lain, Wuling Almaz juga mendapat fitur smart Voice Command (WIND).

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 07

Smart Voice Command (WIND) di Wuling Almaz

Agar dapat mengoperasikan beberapa fitur, kalian hanya cukup menyampaikan secara lisan untuk menjalankan perintah seperti membuka kaca, menghidupkan AC, menaikkan-menurunkan suhu, membuka dan menutup sunroof, serta melakukan perintah lainnya.

Untuk menunjang keselamatan berkendara, Almaz sudah dilengkapi Full Surround View 360 Camera. Kamera 360 derajat ini memberikan informasi di sekeliling mobil secara visual melalui head unit paling besar dikelasnya berukuran 10,4 Touchscreen Smart Multimedia.

Mempunyai Dimensi Lebih Proper, Toyota Raize Cocok Digunakan di Kota-kota Besar?

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 08

Toyota Raize cocok digunakan di kota besar

Sebagai Small SUV, rasanya Toyota Raize akan lebih pantas digunakan sebagai mobilitas sehari-hari di jalur perkotaan yang keseharinya sering terjebak kemacetan. Hal ini dikarenakan Raize sendiri memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm, yang membuat mobil ini juga masuk dalam golongan A-SUV (3.900 mm - 4.100 mm).

Bicara Wuling Almaz, SUV ini mempunyai dimensi yang terbilang cukup besar. Secara spesifikasi, mobil ini memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Selain besar, kabin mobil ini terasa lebih luas, sehingga dapat dimuati dengan jumlah barang lebih banyak. Melihat ukuran yang dimiliki, Almaz dirasa lebih pantas digunakan untuk berpergian ke luar kota.

Toyota Raize Ditanamkan Mesin Tiga Silinder yang Efisien Dalam Penggunaan Bahan Bakar

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 09

Mesin Toyota Raize 1.0 L turbo

Diketahui untuk saat ini Raize hadir dengan mesin 1.0L turbo berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc yang dapat memeras tenaga hingga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm. Secara konsumsi bahan bakar, SUV terbaru Toyota ini berada di level 17-18 km/liter. Sebagai informasi tambahan, Raize dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta CVT sebagai opsi.

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 10

Mesin 1.5L turbo Wuling Almaz 

Melihat Wuling Almaz, mobil ini bersenjatakan mesin 1.5L ditambah turbocharged garapan Honeywell. Secara spesifikasi, mesin DOHC, DVVT pada SUV ini mampu memeras tenaga hingga 141 PS @5.200 rpm serta torsi mencapai 250 Nm @1.800-3.600 rpm.

Wuling Almaz dikawinkan transmisi CVT yang bisa disimulasikan menjadi manual 8 percepatan. Perlu kalian ketahui, Almaz generasi pertama juga ditawarkan transmisi manual 6-percepatan yang putaran tenaganya difinalisasi ke dua buah roda didepannya. Mengenai konsumsi bahan bakar, penggunaan dalam kota mampu menempuh jarak 9 km/liter, serta 14 km/liter ketika digunakan berpergian ke luar kota.

Toyota Raize Sudah Mendapat Fitur Keselamatan ADAS Berupa Toyota Safety Sense (TSS)

Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan 11

Toyota Safety Sense (TSS)

Sudah sepantasnya mobil keluaran terbaru mendapat fitur keselamatan canggih yang dapat memberikan perlindungan lebih terhadap setiap penggunannya. Seperti yang diketahui, Toyota Raize berhasil disematkan fitur keselamatan terbaru berupa Toyota Safety Sense (TSS) di varian teratasnya.

Fitur TSS pada Rocky yang masuk dalam kumpulan Advanced Driving Assistant System (ADAS) ini antara lain; Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Varian 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS memperoleh 6-airbags (driver+passanger+side+curtain). Selain itu, dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. 

Melihat fitur keselamatan dan keamanan pada Wuling Almaz, mobil ini berhasil dibenamkan dual airbag, ISOFIX, seatbelt reminder, emergency stop signal, TPMS, ABS + EBD, BA, HAS, ESC, TCS, immobilizer dan alarm. Selain itu ada tambahan EPB + AVH, cruise control, dan keyless entry.

Kesimpulan

Memiliki budget dikiasaran angka Rp200 jutaan, untuk sebuah SUV 5-seater kondisi baru, kalian bisa menjatuhkan pilihan pada Toyota Raize G 1.0L turbo dengan transmisi manual. Mobil ini terbilang sangat kompak digunakan di dalam kota dengan melihat dimensi yang dimiliki serta efisiensi bahan bakar yang dihasilkan.

Apabila kalian menginginkan sebuah SUV yang berbeda dari biasanya, sama-sama berkonfigurasi 5-seater namun mempunyai dimensi lebih besar, dan suka diajak berpetualang, bisa memilih Wuling Almaz kondisi bekas lansiran 2019 sebagai mobil idaman.

Jika kalian berencara meminang Toyota Raize dalam waktu dekat, kalian bisa merasakan beragam program promo dihadirkan oleh pihak APM maupun dealer. Selain itu, mobil ini juga ditawarkan dengan program layanan aftersales yaitu mendapatkan free service dan free parts sepanjang 50.000 km atau maksimum 4 tahun, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Baca juga: Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa?

Komentar