Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit?

Enda · 28 Okt, 2021 13:00

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit? 01

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 manual vs matic

Sebagai alternatif mobil keluarga dengan harga terjangkau, PT Astra Daihatsu Motor pada 2016 meluncurkan Daihatsu Sigra yang merupakan kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) 7-seater.

Tidak seperti saudara kembarnya, Calya yang hadir dengan satu pilihan mesin 1.2, Sigra ditawarkan dengan dua pilihan mesin 1.0 dan 1.2. Namun dalam pembahasan kali ini, kami ingin mengulas berapa konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 manual vs matic.

Ingin tahu berapa perbandingan konsumsi BBMnya dan mana yang lebih irit? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Adu Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic

Sebagai catatan, pengetesan dilakukan menggunakan metode ‘full to full’ dengan kondisi AC menyala dan fitur bekerja secara normal.

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Seberapa Irit?

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit? 01

Tampilan depan Daihatsu Sigra

Agar mampu memenuhi standar regulasi efisiensi penggunaan bahan bakar untuk program mobil LCGC, yakni minimal 20 kpl, dalam pengujian laboratorium Sigra dinyatakan lulus dalam verifikasi.

Namun bagaimana dengan pengujian aktualnya di lapangan? Pengetesan Daihatsu Sigra 1.2 manual di dalam kota dengan gaya berkendara di rute kombinasi, mobil ini mampu mencatatkan angka pengunaan BBM jenis bensin mencapai 14 km/liter.

Ketika melakukan pengujian rute luar kota, varian ini berhasil mengkonsumsi BBM sebanyak 17,6 km/liter. Selanjutnya dilakukan uji coba di jalur bebas hambatan pada kecepatan konstan di 60 km/jam, konsumsi BBM Sigra 1.2 manual Terbilang cukup impresif. Dimana untuk penggunaan BBMnya berada di angka 28 km/liter!

Mengetahui berapa angka konsumsi bahan bakar pada kecepatan konstan di 100 km/jam, untuk varian manual mobil ini diketahui dapat mengkonsumsi BBM jenis bensin mencapai 19 km/liter.

Daihatsu Sigra 1.2 Transmisi Matic Lebih Boros dari Manual?

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit? 02

Daihatsu Sigra matic dianggap lebih irit konsumsi bahan bakar

Setelah mengetahui berapa angka konsumsi yang diterima Daihatsu Sigra 1.2 manual, kini saatnya mengulas konsumsi BBM varian maticnya. Untuk penggunaan dalam kota angka konsumsi BBM yang diterima mobil ini sama seperti varian manualnya, yakni 14 km/liter.

Pengujian selanjutnya dengan rute luar kota, diketahui mobil dapat meraih angka BBM mencapai 19,5 km/liter. Tidak sampai disitu, pegujian Selanjutnya dilakukan pada kecepatan konstan di 60 km/jam. Seperti yang diketahui angka konsumsi BBM yang berhasil diraih mobil ini berada di angka 26 km/liter.

Bagaimana dengan konsumsi BBM varian matic Daihatsu Sigra 1.2 di kecepatan 100 km/jam? Dalam kecepatan konstan, mobil ini terbukti dapat mengkonsumsi BBM hingga 21 km/liter.

Baca juga: Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya

Daihatsu Sigra 1.2 Dapat Meraih Tenaga Sebesar 88 PS

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit? 03

Mesin Daihatsu Sigra 1.2

Daihatsu Sigra 1.2 manual maupun matic dibenamkan mesin berkodekan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.197 cc. Menurut data, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Sebagai infromasi, Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan fitur Eco Driving sehingga bisa memberikan tingkat efisensi penggunaan bahan bakarBingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya!.

Sekelas LCGC, Fitur Keselamatan dan keamanan Daihatsu Sigra Manual dan Matic Terbilang Baik

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit? 04

Fitur keselamatan Daihatsu Sigra

Bicara soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Sigra 1.2 manual maupun matic ini bisa dibilang cukup baik sebagai mobil keluarga dengan harga yang terjangkau untuk tipe teratas (R). Pertama-tama melihat fitur keselamatannya, mobil ini berhasil mendapatkan sabuk keselamatan di semua joknya, Dual SRS Airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya, ABS & EBD, Side Impact Beam, Front Corner Sensor, Rear Parking Sensor, dan New Parking Camera.

Untuk keamanannya, Sigra berhasil mendapatkan Immoblizer serta Main & Spare Key Integrater with Remote.

Tampilan Daihatsu Sigra Cukup Dinamis dan Nyaman

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 Manual Vs Matic, Mana yang Lebih Irit? 05

Daihatsu Sigra terihat cukup dinamis

Bisa dilihat Daihatsu Sigra ini memiliki tampilan yang cukup dinamis. Dimana pada varian teratasnya mobil ini berhasil mendapatkan pillar blackout yang menampilkan kesan elegan, chrome window graphic di pembatas pintu bagian atas, side moulding yang selian terlihat mewah juga dapat memberikan perlindungan terhadap benturan, serta adanya sticker deluxe sebagai identitas varian teratasnya.

Untuk menyuguhkan kenyamanan dalam berekendara, pada bagian interior Daihatsu Sigra dipadukan dengan warna hitam dan coklat. Selain itu, mobil ini memiliki cukup banyak laci penyimpanan yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan dengan dimensi kecil hingga cukup besar yang tersebar dari depan hingga ke belakang. Tidak sampai disitu, mobil ini kini mendapat new smartphone pocket yang bisa digunakan mengisi daya pada gawai, serta new seat under tray untuk meletakan sepatu maupun sandal di bawah jok.

Kesimpulan

Secara konklusi, konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 dengan transmisi matic lebih irit dibandingkan dengan manual. Perlu kalian ketahui, varian matic mobil ini lebih cocok digunakan di kota-kota besar karena dirasa lebih nyaman ketika terjebak kemacetan.

Mengenai tingkat responsifnya, menurut kami transmisi matic mobil ini bisa dibilang tidak begitu lemot dan masih bisa diandalkan.

Baca juga: Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya!

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru