Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini

Franky · 13 Jun, 2020 08:00

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 01

Ada stigma yang beredar di masyarakat bahwa konsumen mobil dengan harga selangit tidak mementingkan keiritan konsumsi BBM. Benarkah demikian? Seperti halnya, Land Rover Range Rover yang dijual baru berhasil menembus angka Rp. 2,2 miliar.

Ada juga Land Rover Range Rover Sport dan Land Rover Range Rover Evoque. Harga Range Rover Sport berkisar Rp 1,5 Miliar. Harga Range Rover Evoque dibanderol dengan biaya sekitar Rp1,7 miliar. Harga Range Rover Evoque 2020 tersebut masih berstatus off the road dan kemungkinan banderolnya akan jauhh lebih mahal tergantung dari aksesori atau fitur tambahan yang ingin konsumen sematkan ke Range Rover Evoque 2020. Ini tidak beda jauh dengan harga Range Rover Evoque 2019. Terlepas dari situ, ada satu hal yang menarik dari harga yaitu kenaikannya tidak terlalu tinggi dibanding Range Rover Evoque model terdahulu.

Land Rover Range Rover sejatinya adalah mobil Sport Utility Vehicle (SUV), yang menggabungkan desain maskulin serta dipersenjatai banyak teknologi canggih. Di sisi lain, mobil ini juga menawarkan tiga pilihan mesin yakni 3.0 Liter, 5.0 Liter dan PHEV. Tak heran, sosoknya mampu tampil tangguh di area perkotaan hingga area Off-Road.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Konsumsi Bahan Bakar Land Rover Range Rover

Land Rover, pabrikan mobil asal Britania Raya hadir menjawab kegelisahan pembeli premium yang takut mobilnya “haus” BBM. Land Rover dengan model Range Rover memiliki teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) mampu mengandalkan kinerja mesin melalui mesin berteknologi hybrid elektrik dan bensin. Dibantu oleh motor elektronik berkapasitas 85 kW, Land Rover Range Rover mampu menekan tingkat konsumsi bahan bakar.

Kemampuan Teknologi Hybrid Land Rover Range Rover

Dalam mode parallel hybrid, motor elektronik dari Land Rover Range Rover mampu bekerja sangat mulus dengan mesin bensin Si4. Baterai yang cerdas mampu melakukan pengisian ulang saat melakukan pengereman sehingga mampu menjaga kapasitas baterai memadai dalam perjalanan.

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 01

Tampilan menawan nan mewah dari Land Rover Range Rover

Ada dua mode berkendara yang dapat dipilih dalam menu pilihan Land Rover Range Rover yaitu:

1. SAVE Function

Dalam mode ini, pengendara bisa mengatur jumlah kapasitas baterai yang diinginkan. Apabila kapasitas baterai berada di bawah level yang diinginkan, mesin akan beralih ke penggunaan mesin bensin. Namun apabila sudah mencapai kapasitas maksimum, mesin akan beralih secara otomatis ke mode penggunaan baterai sehingga penggunaan bensin dapat ditekan.

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 02

Ilustrasi pengisian daya baterai pada Land Rover Range Rover Hybrid

2. Predictive Energy Optimisation (PEO) Function

Beda lagi dengan mode PEO. Pengendara dapat mengatur kapan harus menggunakan bensin ataupun baterai secara manual. Apabila dirasa mobil Land Rover Range Rover Indonesia harus menggunakan mode baterai yang relatif tidak bising, maka pengendara dapat mengatur ke dalam mode EV (Electric Vehicle). Penggunaan bensin pun otomatis bisa lebih irit.

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 03

Mode PEO memang diklaim mampu memberikan performa irit bahan bakar pada mesinnya

Land Rover Range Rover Indonesia, dikutip dari laman resminya, mengatakan dalam mode hybrid seperti ini tingkat konsumsi BBM tercatat sampai 2,8 L/100 Km. 

Cara Kami Menguji Tingkat Konsumsi BBM

Seperti halnya pengujian pada umumnya, cara kami menguji tingkat konsumsi BBM Land Rover Range Rover Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Perjalanan Rute Dalam Kota

Perjalanan rute dalam kota atau juga sering disebut sebagai Urban merupakan cara pengujian yang banyak melakukan perjalanan Stop and Go. Karena lalu lintas yang dilalui padat dan banyak melakukan pemberhentian karena lampu lalu lintas, maka roda gigi dan kecepatan yang digunakan sangat variatif. Putaran roda gigi yang naik turun dan kecepatan yang fluktuatif memaksa mesin bekerja lebih berat daripada rata-rata penggunaan pada umumnya.

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 04

Foto Land Rover Range Rover saat melakukan Cruising

2. Perjalanan Rute Luar Kota

Untuk rute luar kota atau juga disebut Extra Urban merupakan cara pengujian yang relatif lebih stabil. Banyak melakukan perjalanan di jalan tol sehingga putaran roda gigi yang digunakan sangatlah tinggi dan kecepatan yang relatif stabil dan tinggi.

Perbandingan Tingkat Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Bensin Vs Diesel

Land Rover Range Rover hadir dengan model mesin yang variatif. Selain bermesin hybrid, secara umum mobil ini terbagi menjadi mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Dengan body kekar, tentu mesin yang disematkan juga haruslah mumpuni. Variasi mesin silinder 6 dan 8 tentu membuat calon pembeli harus banyak melakukan perbandingan. Oleh karena itulah kami melakukan pengujian tingkat konsumsi BBM agar mempermudah para calon pembeli untuk memilih jenis mesin yang paling cocok terutama dibidang tingkat konsumsi BBM.

1. Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Bensin

Land Rover Range Rover bermesin bensin memiliki pemilihan kepala silinder 6 dan 8. Tentu saja performa yang dihasil kedua model tersebut berbeda. Sebelum kita melanjutkan pada pembahasan tingkat konsumsi BBM, berikut dilampirkan tabel perbedaan mesin Land Rover Range Rover Bensin.

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 05

Mesin bensin yang digunakan Land Rover Range Rover

Spesifikasi Mesin Land Rover Range Rover Bensin
Spesifikasi Mesin Land Rover Range Rover Bensin
Mesin 3.0 L V6 SUPERCHARGED 5.0 L V8 SUPERCHARGED
Tenaga 340 PS / 6.500 rpm 525 PS / 6.000 rpm
Torsi 450 Nm / 3.500-5.000 rpm 625 Nm / 2.500-5.500 rpm
Kapasitas 2.995 cc 5.000 cc
Kecepatan Maksimum 209 Km/J 225 Km/J

Untuk urusan keiritan konsumsi BBM bisa dibilang cukup boros. Rute dalam kota Land Rover Range Rover tercatat sebesar 13,6 Liter/100 Km untuk model V6 dan 18 Liter/100 Km untuk model V8. Perlu diketahui bersama bahwa semakin besar angka yang dicatat berarti semakin boros.

Untuk rute luar kota Land Rover Range Rover V6 menorehkan angka 8,5 Liter/100 Km dan untuk yang model V8 mencatat 9,9 Liter/100 Km. Bukanlah prestasi yang gemilang memang, tapi perlu diingat dengan kapasitas mesin yang sebesar itu tidak heran apabila tingkat konsumsi BBM yang dihasilkan juga cukup boros.

2. Tingkat Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Diesel

Kini kita beralih untuk model bermesin diesel. Sama halnya dengan model berbahan bakar bensin, untuk tipe diesel juga terbagi menjadi dua, yaitu model berkepala silinder 6 dan 8. Asumsi mesin diesel bisa lebih hemat apakah akan terbukti pada pengujian kali ini? Berikut tabel perbedaan mesin kedua tipe sebelum kita melanjutkan pada pembahasan tingkat konsumsi BBM.

Konsumsi BBM Land Rover Range Rover Ternyata Seirit Ini 06

Mesin yang dipasang pada mobil Land Rover Range Rover

Spesifikasi Mesin Land Rover Range Rover Diesel
Spesifikasi Mesin Land Rover Range Rover Diesel
Mesin 3.0 L TDV6 4.4L SDV6
Tenaga 258 PS / 3.750 rpm 339 PS / 3.500 rpm
Torsi 600 Nm / 1.750-2.250 rpm 740 Nm / 1.750-2.250 rpm
Kapasitas 2.993 cc 4.367 cc
Kecepatan Maksimum 209 Km/J 218 Km/J

Mesin bensin yang digunakan Land Rover Range Rover

Dengan angka 7,8 Liter/100 Km untuk mesin V6 dan 10,8 Liter/100 Km untuk mesin V8, tingkat konsumsi BBM dalam kota kedua tipe ini tidaklah buruk. 

Untuk urusan rute luar kota bisa dibilang cukup gemilang. Mesin V6 menoreh angka 6,4 Liter/ 100 Km sedangkan mesin V8 mencatatkan 7,6 Liter/100 Km.

KONSUMSI BAHAN BAKAR LAND ROVER RANGE ROVER
KONSUMSI BAHAN BAKAR LAND ROVER RANGE ROVER
Model RUTE DALAM KOTA RUTE LUAR KOTA
Range Rover Hybrid 2.8 Liter/100 Km -
Range Rover Bensin V6 13,6 Liter/100 Km 8,5 Liter/100 Km
Range Rover Bensin V8 18 Liter/100 Km 9,9 Liter/100 Km
Range Rover Diesel V6 7,8 Liter/100 Km 10,8 Liter/100 Km
Range Rover Diesel V8 6,4 Liter/100 Km 7,6 Liter/100 Km

*catatan : semakin kecil angka, semakin irit

Kesimpulan

Land Rover Range Rover Indonesia berbahan bakar bensin masih belum bisa mengalahkan iritnya mesin berbahan bakar diesel. Belum lagi dengan kapasitas mesin sebesar V8 tak heran jika mesin tersebut masih tergolong haus bahan bakar.

Land Rover Indonesia sudah menjawab perihal tingkat konsumsi BBM ini dengan mengeluarkan model hybrid yang raihan angka tingkat konsumsi BBM sangatlah gemilang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Land Rover Range Rover 3.0 SWB

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru