window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil

Prasetyo · 22 Des, 2021 10:03

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 01

  • New Mitsubishi Xpander pakai suspensi Pajero Sport
  • Transmisinya juga berubah jadi CVT

New Mitsubishi Xpander sudah diumumkan sejak November 2021 lalu. Ada beberapa ubahan yang dilakukan Mitsubishi pada LMPV jagoannya itu. Satu diantaranya penggunaan suspensi baru yang diklaim bikin penumpang serta sopir lebih nyaman. Benarkah?

Dibanding kompetitor yang juga rilis berdekatan, Mitsubishi memang cuma menawarkan Xpander facelift bukan All New model. Artinya ini jadi facelift kedua bagi Xpander setelah di Februari 2020 juga mengalami minor change.

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 02

Perubahan pada New Mitsubishi Xpander

Tapi di New Mitsubishi Xpander, gubahannya cukup banyak. Ini terlihat dari luar terutama di bagian fascia depan yang membedakan dari model pre-facelift. Mungkin bagi sebagian orang perubahan ini tak terlalu signifikan. Sebenarnya itu salah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Karena ternyata ada banyak fitur anyar yang membuat mobi ini jadi lebih nyaman. Bukan cuma di sisi pengemudi tapi juga seluruh penumpangnya. Apa saja itu? Mari kita kulik lebih dalam.

Baca juga : Harga Mulai Rp228 Juta, New Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Bisa Ganggu Toyota Avanza Baru?

1. Suspensi Baru Bikin Bantingan New Mitsubishi Xpander 2021 Lebih Empuk

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 01

New Mitsubishi Xpander 2021 tampak belakang

Yang paling menarik perhatian kami dari kemunculan Mitsubishi Xpander 2021 adalah soal suspensi yang dipakai. Eichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada saat peluncuran virtual menuturkan kalau Xpander terbaru menggunakan suspensi dari Mitsubishi Pajero Sport.

"Perubahan dari suspensi dilihat dari ukuran shock absorber belakang yang lebih tinggi, diambil dari Pajero Sport. Lainnya high performance bar yang ada di Xpander dan Xpander Cross menggunakan desain mobil Eropa. Berkat perubahan ini menghasilkan driving yang lebih nyaman, stabil di jalan yang kurang halus dan kasar dan sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia," kata dia.

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 02

Perubahan dari sisi suspensi belakang

Ucapan ini pun dibuktikan oleh tim Autofun Indonesia ketika melakukan pengujian mobil ini beberapa waktu lalu. Pada saat menjadi pengemudi, mobil masih terasa stabil diajak bermanuver pada kecepatan sedang.

Sementara ketika melewati jalan bergelombang, suspensi terasa lebih empuk ketimbang Xpnader terdahulu. Ini juga kami rasakan manakala menjadi penumpang belakang New Xpander. Dimana bantingan jauh lebih empuk ketimbang Xpander sebelumnya.

2. Transmisi CVT di New Mitsubishi Xpander Lebih Fun to Drive

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 03

New Xpander kini pakai transmisi CVT

Perubahan lainnya dari Xpander terbaru adalah transmisi yang digunakan. Jika sejak pertama kali muncul Mitsubishi memakai gearbox 4AT biasa, maka di Xpander 2021 ini diganti jadi CVT (Continuous Variable Transmission).

CVT menggunakan komponen bernama puli baja yang dihubungkan dengan belt atau sabuk. Putaran puli ini bisa membesar atau mengecil berdasarkan putaran mesin, beban transmisi hingga kecepatan. Salah satu ciri khasnya adalah tak ada hentakan ketika pergantian gigi transmisi seperti yang terjadi di matik konvensional.

Baca juga : Pakai Transmisi CVT Baru, New Mitsubishi Xpander Diklaim Nggak Kehilangan Taji Lewati Tanjakan

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 04

Lebih halus saat dipakai melaju kecepatan tinggi

Nah ketika kami uji, ternyata transmisi CVT Mitsubishi Xpander juga memberikan efek positif pada feeling berkendara. Laju mobil jadi semakin halus walaupun tingkat akselerasinya hampir tak ada beda dengan Xpander sebelumnya yang pakai transmisi 4AT. Memang ia terasa lemah pada saat tarikan awal, tetapi ketika sudah kecepatan menengah, tenaga mesin seakan merangkak naik tanpa jeda. Lebih fun to drive.

3. Ada 18 Ruang Penyimpanan di Kabin

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 05

Ruang penyimpanan di kabin New Mitsubishi Xpander

Kata siapa New Mitsubishi Xpander cuma pentingkan kenikmatan berkendara bagi pengemudi. Buktinya penumpang belakang pun tetap dimanjakan. Diantaranya dari keberadaan banyak sekali ruang penyimpanan barang bawaan di mobil ini.

Total ada 18 lokasi yang bisa dipakai untuk Anda menyimpan barang. Baik itu di jok baris depan, baris kedua, sampai ke jok paling belakang. Bahkan ada soket power outlet juga smapai jok baris ketiga. Belum lagi ruang bagasi juga bsia ditambah ukurannya dengan cara melipat rata jok baris kedua dan ketiga.

Kulik 3 Fitur New Mitsubishi Xpander yang Bikin Makin Betah di Dalam Mobil 06

Gak perlu khawatir kalau bawa barang ukuran besar

Makin nyaman kan kalau liburan akhir tahun ini pakai New Mitsubishi Xpander 2021?!

Baca juga : Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil