window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lagi Mundur, Daihatsu Terios Terhantam Truk ODOL di Simpang Nagreg, Nyaris Tabrak Polisi

Ilham · 8 Jun, 2022 13:32

Lagi Mundur, Daihatsu Terios Terhantam Truk ODOL di Simpang Nagreg, Nyaris Tabrak Polisi 01

  • Kecelakaan truk ODOL kembali terjadi, dan kali ini menimpa sebuah Daihatsu Terios
  • Tidak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut.
  • Truk kelebihan muatan dan tak terkendali di jalan berbelok.

Kondisi jalan yang menanjak sekaligus menikung jadi ciri khas Jalan Cagak Nagreg, Jawa Barat yang kerap terkenal kemacetannya saat musim mudik. Dan kali ini tempat itu kembali viral karena kecelakaan truk ODOL.

Kali ini kecelakaan tersebut melibatkan sebuah SUV Daihatsu Terios yang dihantam oleh truk bermuatan penuh. Bahkan dari video yang tersebar di media sosial, ada polisi juga yang nyaris jadi korban karena kejadian yang mirip adegan film Final Destination tersebut.

Baca Juga: Pelat Nomor Putih Mulai Segera Diterapkan, Cuma Mobil Kategori Ini yang Pakai

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kronologi Kejadian Kecelakaan Cagak Nagreg

Diketahui, kejadian tersebut terekam kamera CCTV Dishub Kabupaten Bandung pada Senin (6/6/2022). Saat itu, posisi Daihatsu Terios tengah berhenti dan mundur untuk berpindah jalur dari arah Garut ke Limbangan.

Lagi Mundur, Daihatsu Terios Terhantam Truk ODOL di Simpang Nagreg, Nyaris Tabrak Polisi 01

Posisi truk oleng saat masuk tikungan

Saat itu, Terios mundur dengan dipandu oleh petugas polisi. Namun belum sempat berpindah jalur, datang truk pengangkut gabah yang bermuatan penuh. Truk tersebut oleng tak terkendali dan menghantam bagian belakang Terios nahas tersebut.

Untungnya posisi petugas polisi yang ada di belakang Terios sedikit mundur. Sehingga terhindar dari sambaran truk dan selamat tanpa luka apapun.

Kondisi pengemudi dan penumpang di Daihatsu Terios tersebut pun selamat, meski bagian belakangnya ringsek terhantam truk. Setelah terpental hingga sekitar 20 meter.

Truk ODOL Sulit Bermanuver

Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Salah satunya adalah truk bermuatan gabah yang ditengarai over dimension over load (ODOL) yang oleng saat melalui tikungan tersebut.

Lagi Mundur, Daihatsu Terios Terhantam Truk ODOL di Simpang Nagreg, Nyaris Tabrak Polisi 02

Posisi kedua kendaraan terpental cukup jauh

Dari rekaman CCTV itu, terlihat jika posisi truk yang mengambil sisi dalam tikungan melaju kencang. Kemudian tak terkendali saat berbelok yang mengakibatkan ban sisi kanan terangkat. Truk pun meluncur lurus menghantam bagian belakang Daihatsu Terios tersebut.

Seperti diketahui, salah satu truk ODOL menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang cukup sering di Indonesia. Beragam hal bisa disebabkan oleh truk ODOL, mulai dari rem blong, kecepatan yang lambat hingga manuver yang sulit seperti kejadian tersebut.

Jangan Berhenti di Area Blind Spot

Bukan hanya faktor truk ODOL, dalam kejadian ini juga disumbang lewat kesalahan dari pengemudi Daihatsu Terios. Posisi mobil tersebut mundur melawan arus di jalur satu arah.

Lagi Mundur, Daihatsu Terios Terhantam Truk ODOL di Simpang Nagreg, Nyaris Tabrak Polisi 03

Posisi Terios mundur sebelum kejadian

Selain itu, posisi mundurnya yang berada di tikungan dan tanjakan membuat blind spot pengemudi dari arah belakang lebih besar. Sehingga keberadaan Terios tersebut kurang terpantau.

Netizen pun berpendapat jika Terios tersebut ingin berpindah jalur, lebih baik dilakukan dengan berputar di ujung tikungan. Karena memang tersedia jalur untuk berputar yang lebih aman.

Baca juga : Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil