Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini!

Anissa · 23 Mar, 2021 20:00

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 01

Berkendara dengan fokus dan selalu berhati-hati memang sudah menjadi tanggung jawab setiap pengendara kendaraan bermotor di jalan raya. Hal ini tentu untuk menjamin keselamatan setiap pengguna jalan. Jika tidak berhati-hati, akan ada potensi terjadinya kecelakaan yang tentunya akan membahayakan bagi kita maupun pengguna jalan lainnya.Tetapi pada kenyataannya, masih banyak pengendara di jalan raya yang kurang berhati-hati dan akhirnya mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah yang terjadi pada pengemudi mobil Honda CR-V di bilangan Jakarta Selatan pada Sabtu, 20 Maret 2021 lalu.

Kronologis Kecelakaan Honda CR-V di Taman Semanggi, Jakarta Selatan

Menurut informasi yang kami lansir dari kompas.com, telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan satu mobil Honda CR-V dan satu sepeda motor Honda Vario di Taman Semanggi, Jakarta Selatan pada Sabtu (20/3) malam. AKBP Fahri Siregar selaku Kasubdit Gakkym Polda Metri Jaya menjelaskan bahwa kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 23.30 WIB.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 02

Kecelakaan tersebut berawal ketika mobil Honda CR-V berwarna putih yang dikemudikan SA melaju dari arah selatan menuju ke arah utara di Jalan Jenderal Sudirman. Setelah sampai di depan Taman Semanggi, pengendara mobil diduga kurang berhati-hati saat akan berpindah jalur. Pada waktu yang bersamaan, sepeda motor Honda Vario yang dikemudikan oleh pengemudi berinisial PRI melintas.

Alhasil, pengemudi motor tersebut pun terserempet dan terjatuh. Honda CR-V yang kehilangan kendali kemudian oleng dan naik ke Taman Semanggi yang berada di sisi kiri.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 03

Kecelakaan tersebut diketahui mengakibatkan kedua kendaraan mengalami kerusakan dan pengemudi sepeda motor mengalami luka-luka sehingga segera dilarikan ke rumah sakit. Pengemudi mobil sendiri sudah menjalani tes breath alkohol yang dilakukan pihak kepolisian, dan hasilnya negatif alkohol. Kendati demikian, kasus kecelakaan ini masih diselidiki lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Pengemudi Harus Selalu Konsentrasi

Berkendara di jalan raya memang menuntut para pengemudi untuk berkonsentrasi penuh. Jika tidak berhati-hati, maka resiko kecelakaan selalu ada. Keselamatan memang merupakan faktor paling penting ketika berkendara, oleh karena itu, saat berkendara, kita harus mengutamakan keselamatan diri kita dan pengguna jalan lainnya.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 04

Berdasarkan kutipan dari situs Traffic Management Center, Kepolisian Republik Indonesia yang dilansir liputan6.com, ada beberapa tips atau cara yang bisa diterapkan dan perlu diperhatikan agar kita bisa berkendara dengan selamat di jalan raya. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pertama dan yang paling penting adalah menemukan posisi mengemudi yang baik. Atur kursi sehingga dapat meletakkan pergelangan tangan di atas roda kemudi dengan tangan terentang. Anda mungkin perlu mengatur kemiringan sandaran kursi untuk menemukan posisi ideal yang benar-benar nyaman dan tidak melelahkan. Atur sandaran kepala sehingga pas berada di belakang namun tidak menyentuh kepala.

2. Pegang kemudi dengan kedua tangan sejajar pada posisi jarum jam angka sembilan (tangan kiri) dan angka tiga (tangan kanan), agar Anda dapat memutar roda kemudi ke kiri atau kanan dengan cepat dan tepat. Bila kurang nyaman, dapat memilih posisi jarum jam angka 10 dan 2.

3. Jangan membiasakan meletakkan tangan pada bagian atas roda kemudi, terutama pada mobil-mobil baru, karena air bag dapat mematahkan tangan atau mendorongnya ke muka anda bila sampai terkembang.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 05

4. Biasakan untuk menggunakan sabuk pengaman (safety belt) sebelum menghidupkan mesin. Mintalah agar penumpang di kursi depan juga mengenakan sabuk pengaman. Sabuk ini telah terbukti berhasil menyelamatkan jiwa.

5. Ikuti arus lalu lintas. Atur kecepatan yang sama dengan kendaraan sekitar Anda bila memungkinkan.

6. Perbedaan besar antara kecepatan Anda dengan kendaraan lain dapat membahayakan keselamatan. Hati-hati.

7. Bersikaplah mandiri. Jangan ikuti kumpulan kendaraan di jalan tol agar dapat menghindari tabrakan yang menimpa kendaraan lain.

8. Awasi lalu lintas. Lihatlah jauh ke depan dan perhatikan adanya masalah sebelum Anda sampai di tempat itu.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 06

9. Sering periksa kaca spion.

10. Antisipasi. Selalu Antisipasi keadaan darurat yang mungkin terjadi, dan rencanakan jalan keluarnya.

11. Jangan berdiam di jalur paling kanan. Jalur kanan untuk mendahului, bukannya jalur cepat, apalagi bila kecepatan Anda di bawah 80 km/jam. Inilah sebab mengapa banyak pengemudi yang nekat mendahului dari jalur paling kiri. Jadi jangan salahkan dulu mereka yang mungkin sedang terburu-buru namun ada pengemudi "keras kepala" yang tidak bersedia memberi jalan di jalur paling kanan.

12. Tetaplah di jalur sebelah kiri, kecuali bila akan mendahului. Jangan memblokir pengemudi yang ngebut. Biarkan polisi yang melakukannya.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 07

13. Beri tanda bila Anda akan pindah jalur, begitu pula bila akan membelok.

14. Tunggu sebelum membelok ke kanan. Bila Anda berhenti di jalan yang ramai sambil menunggu belok ke kanan, biarkan kemudi dalam posisi lurus sampai mendapat giliran. Bila Anda menunggu dengan posisi kemudi ke arah kanan dan Anda tertabrak dari belakang, mobil dapat terdorong ke arah kendaraan dari depan.

15. Bila Anda berada di jalur kiri pada jalan tol yang lebar, Anda dapat membantu kendaraan yang akan memasuki tol dari arah kiri secara aman dan mulus dengan berpindah jalur sebentar, tentu saja bila situasi memungkinkan.

16. Gunakan rem pada saat yang tepat. Kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Mengerem saat anda berada di tengah-tengah tikungan dapat mengurangi keseimbangan kendaraan. Begitu pula, turunkan gigi transmisi sebelum memasuki tikungan.

17. Coba dulu sistem anti-lock brake (ABS) kendaraan. Bila mobil dilengkapi ABS, Anda mungkin dikejutkan dengan getaran dan suara aneh dari pedal rem ketika mendadak diinjak. Jangan tunggu sampai terjadi keadaan darurat. Pada saat hujan, carilah jalan yang licin dan benar-benar kosong atau pelataran parkir yang kosong dan injaklah rem sekuat-kuatnya sampai ABS bekerja, jadi Anda bisa tahu bagaimana rasanya. Anda juga dapat melakukan hal ini dengan sistem rem biasa untuk memeriksa apakah pengereman cukup seimbang dan tidak menarik ke satu sisi.

Lalai Saat Berkendara, Honda CR-V Terobos Taman Semanggi. Perhatikan Tips Berikut ini! 08

18. Jangan menggunakan ponsel ketika mengemudi. Penelitian menemukan bahwa penggunaan ponsel ketika mengemudi menaikkan risiko kecelakaan sampai empat kali lipat. Risikonya tidak berubah walaupun menggunakan hands-free.

19. Jagalah penglihatan di malam hari. Jangan menatap lampu-lampu mobil dari arah berlawanan. Bila merasa terganggu, fokuskan pandangan pada bahu kiri jalan.

20. Usahakan cukup tidur. Jangan mengemudi bila mengantuk. Bila mata cenderung terpaku pada satu titik, ini tanda bahaya. Segera hentikan kendaraan begitu Anda menemukan tempat yang aman dan cobalah beristirahat selama beberapa menit.

Komentar