window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus?

Victoria · 10 Okt, 2020 16:00

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 01

Lampu depan halogen pertama kali diperkenalkan pada tahun 1962. Lampu depan LED muncul 46 tahun kemudian pada tahun 2008 (Lexus). Seperti kebanyakan teknologi baru, LED pertama kali diperkenalkan hanya pada mobil premium. Penggunaan lampu LED kini sudah tersedia pada varian premium seperti Honda City dan Honda Civic. Lampu HID hanya ditawarkan pada beberapa mobil baru, jadi kami tidak akan membahasnya dalam topik ini.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 02

Merek premium seperti Mercedes-Benz dan BMW menawarkan lampu depan LED hanya pada semua model mereka di Malaysia. Hal serupa juga dilakukan untuk beberapa model premium di negara kita seperti Toyota Camry. Ada juga beberapa insiden di mana lampu depan LED digunakan di seluruh lini varian mobil terjangkau seperti Perodua Myvi. Mengingat bahwa lampu LED diterima dengan sangat baik karena konsumsi energinya yang rendah dan produksi cahayanya yang lebih terang, beberapa orang mungkin masih bertanya-tanya mengapa lampu depan halogen masih digunakan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 01

Karena sering ditawarkan dalam varian yang lebih premium, persepsi umum tentang kualitas lampu LED jelas lebih baik daripada lampu halogen. Beberapa penggemar mobil juga mengungkapkan kekesalannya atas mobil baru yang tidak dilengkapi lampu depan proyektor LED.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 02

Beberapa mobil baru yang masih menggunakan lampu halogen (proyektor dan reflektor) antara lain Honda Jazz, Toyota Yaris, Toyota Vios, Honda Civic 1.8 L, Honda City, Perodua Axia, VW Vento & Polo (garis kenyamanan), dan Honda HR-V ( E).

Ada yang bilang lampu halogen tidak perlu lagi digunakan dan sudah tidak sebagus LED. Apakah fakta ini benar? Jika LED sangat bagus, mengapa kita masih menggunakan lampu halogen pada mobil baru?

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 03

Untuk mendapatkan jawaban yang benar, kita harus menanyakan pertanyaan yang benar.

T: Apakah lampu LED benar-benar lebih terang dari halogen?

J: Ya, lampu LED sekitar 3 kali lebih terang dari lampu halogen. Lampu depan LED bisa menghasilkan 72 lumens / watt sedangkan lampu halogen hanya menghasilkan sekitar 25 lumens / watt. Pendeknya; lebih sedikit energi, lebih cerah.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 04

T: Apakah konsumsi listrik lampu LED lebih rendah?

J: Ya, seperti yang kami seutkan di atas. Namun, lampu LED biasanya dipasang sekali dengan kipas dan penyerap panas yang mungkin menggantikan jumlah penghematan tadi.

T: Apakah lampu LED memiliki kipas? Betulkah?

J: Ya, beberapa tipe memiliki penggemar. Berlawanan dengan kepercayaan populer, lampu LED juga bisa menjadi panas. Satu-satunya perbedaan adalah panas terkonsentrasi pada pemancar.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 05

Ada juga yang memiliki metode pelepasan panas dari pemancar seperti penyerap panas yang saling mengunci yang memancarkan panas.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 06

T: Apa manfaat lampu LED?

1. Segera menyala saat arus listrik dipasang. Inilah mengapa lampu LED pertama kali digunakan pada lampu rem pada tahun 1992 oleh BMW dan terus digunakan hingga saat ini. Pengapiannya yang cepat cocok digunakan untuk memperingatkan pengemudi lain lebih cepat dalam situasi pengereman mendadak. Tidak ada penundaan seperti lampu halogen.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 07

2. Lampu LED jauh lebih kecil, memungkinkan desain yang lebih beragam. Lampu LED memungkinkan desain DRL yang lebih menarik pada mobil Audi serta pencahayaan interior mobil mewah.

3. Lampu LED menggunakan energi yang lebih rendah. Ini mungkin tidak terlalu terlihat untuk mobil dengan mesin 200 tenaga kuda, tapi sangat berguna untuk mobil listrik penuh.

T: Apa kekurangan lampu LED?

1. Lampu LED membutuhkan 'driver' dan beberapa membutuhkan kipas angin. Hal tersebut menyebabkan pemasangan lampu depan mobil menjadi lebih besar.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 08

2. Lampu LED juga lebih fokus ke satu arah pancaran (pencahayaan tidak meluas atau banyak arah). Oleh karena itu, memasang bohlam LED pada posisi yang salah untuk mengganti lampu halogen dapat mengakibatkan pencahayaan yang buruk.

3. Lampu LED dapat menyebabkan silau dalam kondisi cuaca buruk.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 09

T: Apa keuntungan dari lampu halogen?

1. Ini lebih sederhana dari lampu LED. Tidak membutuhkan driver dan sistem pembuangan panas.

2. Lebih murah dari lampu LED dan HID.

3. Pada kondisi cuaca buruk, tidak menyebabkan silau yang berlebihan dibandingkan lampu LED karena lampu halogen secara alami memiliki tone yang lebih lembut. Jika Anda ingin mengurangi silau dalam kondisi berkabut dengan lampu LED, pastikan memilih nada warna yang lebih lembut.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 10

T: Apa kekurangan lampu halogen?

J: Tidak hemat energi dan tidak seterang lampu LED. Selain itu, ini berfungsi dengan baik.

T: Haruskah Anda membeli lampu depan LED 'aftermarket' atau yang ada di toko?

A: Silakan. Tapi, Anda harus melakukannya dengan benar. Ada banyak pilihan lampu depan mobil LED di luar sana. Yang harus Anda lakukan hanyalah membeli bohlam LED yang bentuknya menyerupai sumber cahaya bohlam halogen.

T: Bagaimana itu menyerupai sumber cahaya?

J: Lampu LED halogen yang bagus dan serupa terlihat seperti ini:

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 11

Lihatlah ketinggian sumber pencahayaan dari alas dan perkiraan proyeksi cahayanya.

Penggantian LED yang buruk terlihat seperti ini:

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 12

Ketinggian dan pola sumber cahaya berbeda. Ini tidak akan bekerja dengan baik dengan desain asli unit lampu depan proyektor.

Lampu LED yang menghasilkan pola pancaran yang sama dengan lampu halogen asli merupakan aspek penting jika Anda ingin mengganti lampu depan halogen mobil Anda dengan LED. Jika Anda membuat kesalahan, lampu depan Anda akan menyilaukan pengguna jalan lain atau memengaruhi pandangan Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan lampu LED yang bentuknya mirip dengan pola pancaran sinar yang sama, sebaiknya Anda berterima kasih hanya atas lampu halogen yang tersedia.

Lampu Halogen vs LED: Mana yang lebih bagus? 13

Singkatnya, lampu LED memang lebih terang dan lebih hemat energi. Meskipun lampu LED berukuran lebih kecil, pemasangan lampu LED dapat memakan lebih banyak ruang untuk memungkinkan pelepasan panas yang baik. Penghematan energi yang didapat dari penggunaan LED tidak jauh berbeda untuk mobil ICE.

Apakah Anda menginginkan lampu halogen atau LED mobil, pastikan lampu Anda tidak menyilaukan pengguna jalan lainnya. "Blinding Lights" memang lagu paling populer saat ini, tapi penulis sedikit tidak menyukai cahaya paling terang dari mobil lain. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil