Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia?

Dhoni · 5 Apr, 2021 21:00

Daihatsu Rocky memang belum hadir di Indonesia, namun saudara kembarnya di Malaysia telah masuk dalam daftar Sport Utility Vehicle (SUV) compact terlaris. Sebanyak 4.345 unit mobil Perodua Ativa D55l telah dikirimkan sepanjang bulan Maret 2021.

Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia? 01

Daihastsu Rocky 2021

Jumlah tersebut membuat Perodua Ativa menjadi kandidat mobil SUV terlaris untuk sepanjang tahun 2021. Pesaing terdekat dari Perodua Ativa adalah Proton X50 (3.400 unit) dan Proton X70 (2.300 unit).  Tentu catatan tersebut membuat Perodua tergolong digemari oleh masyarakat Malaysia.

Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia? 02

Perodua Ativa D55L laris manis di Malaysia

Secara data pemesanan, Perodua Ativa sebenarnya telah dipesan sebanyak 14.574 unit mobil. Namun baru dapat terpenuhi atau dikirimkan dengan jumlah 4.345 unit. Dari pemesan yang dilakukan masyarakat Malaysia, 67% diantaranya lebih memilih varian tertinggi dari Perodua Ativa.

Di Malaysia, Perodua Ativa D55L hadir dalam tiga pilihan varian dengan tipe tertinggi AV yang dibanderol sekitar Rp255 juta rupiah. Sedangkan model terendahnya adalah Perodua Ativa X dengan harga Rp217 juta. Tentu harga yang ditawarkan oleh Perodua menjadi daya tarik bagi konsumen di Malaysia.

Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia? 03

Perodua Ativa D55L laris manis di Malaysia

Daihatsu Rocky 2021 Indonesia

Sementara itu, Daihatsu Rocky hingga kini masih belum dihadirkan oleh PT Astra Daihatsu Motor. Dari data NJKB data NJKB Tertulis bahwa Rocky mendapatkan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.0L turbo dan mesin 1.2L Naturally Aspirated (NA). Berbeda dengan Perodua Ativa D55L yang hanya tersedia dalam mesin 1.0L turbo.

Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia? 04

Daihatsu Rocky 2021 Indonesia

Jika mesin yang akan digunakan Daihatsu Rocky memiliki kesamaan dengan versi di Jepang, maka mesin turbo berkapasitas 1.000 cc, 3 silinder akan menghasilkan tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Dalam data NJKB-Samsat DKI Jakarta, Daihatsu Rocky didaftarkan dengan harga Rp130 juta hingga Rp168 juta. Memang harga resmi untuk Daihatsu Rocky 2021 masih disembunyikan oleh pihak ADM, namun yang pasti saat kemunculannya nanti sakan mendapatkan potongan harga sesuai PPnBM. Tentunya membuat harga yang ditawarkan akan tergolong ekonomis.

Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia? 05

Kemunculan Daihatsu Rocky 2021 di Indonesia

Melihat animo yang begitu besar, sangat mungkin Daihatsu Rocky 2021 juga menajadi incaran konsumen Indonesia, seperti halnya Perodua Ativa D55L di Malaysia.

Selain tersedia dalam dua pilihan mesin, Daihatsu Rocky juga hadir dalam enam varian dengan perbedaan pada transmisi manual maupun CVT otomatis yang digunakan.

Laris Manis Di Malaysia, Daihatsu Rocky Bisa Jadi SUV Terlaris Indonesia? 06

Daihatsu Rocky 2021 gunakan platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture

Waktu peluncurannya pun tidak lama lagi, setelah muncul penampakan Daihatsu Rocky di Indonesia telah terlihat saat masih dalam balutan kamuflase. Daihatsu Rocky 2021 mengunakan platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture.

Daihatsu Rocky 2021 Indonesia, Apakah Bisa Sesukses di Malaysia? 

Dengan keberhasilan Perodua Ativa D55L dalam melakukan penjualan, seharusnya dapat dijadikan tolak ukur oleh Daihatsu Indonesia untuk mempercepat pemasaran Daihatsu Rocky. Terlebih Daihatsu Rocky 2021 telah masuk daftar mobil penerima relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah.

Namun tentu ada pertimbangan lainnya dalam penundaan peluncuran Daihatsu Rocky 2021. Kira-kira, apakah akan laris manis seperti Perodua Ativa D55L?

 

 

Komentar