window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Atraktif dan Prestisus, Spesifikasi New Wuling Cortez Ungguli KIA Carens?

Enda · 24 Mar, 2022 12:30

New Wuling Cortez

New Wuling Cortez Vs Kia Carens

Pertama kali diluncurkan pada Februari 2018, akhirnya SAIC-GM-Wuling Motor Indonesia secara resmi memperkenalkan New Wuling Cortez, Kamis (24/3). Dengan membawa tema ‘Innovating Comfort Zone’, Cortez baru memadukan aspek Smart MPV yang didukung dengan tampilan fasad lebih atraktif serta desain interior yang nyaman.

Menyoal tampilan luarnya sendiri sebenarnya terlihat sama seperti model sebelumnya. Hanya saja New Cortez kini menampilkan kesan lebih tegas dan berkelas berkat penggunaan velg bold 16 inci two-tone serta logo yang dilabur warna silver.

New Wuling Cortez

New Wuling Cortez terasa semakin nyaman

Dari segi kenyamanan berkendara, pada interiornya mobil ini turut memperoleh penyegaran berkat adanya comfortable seats berbahan premium semi-leather yang didominasi warna hitam perpaduan tekstur marmer berwarna hitam.

Sebagai kendaraan keluarga 7-seater, apakah spesifikasi New Wuling Cortez berada di atas KIA Carens?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez

Fitur New Wuling Cortez VS KIA Carens

New Wuling Cortez

Didominasi warna hitam, New Wuling Cortez juga mendapat Table Tray

New Wuling Cortez membawa fitur dengan spesifikasi yang mumpuni untuk mendukung keamanan dan kenyamanan selama berkendara yang menyenangkan.

Seperti yang bisa dilihat, mobil ini telah disematkan pengaturan jok elektrik pada baris pertama, layar Multi Information Display (MID) berukuran 7 inci, Table Tray, Classy Electric Sunroof, Open Window, Tailgate and Sun Roof Remote, Auto AC dengan double blower, USB Power Outlet in 3rd Row, Audio & Bluetooth Steering Switch, Head Unit 10.25 inci layar sentuh yang mendukung format Wireless Mirrorlink, USB with Fast Charging, Bluetooth, Navigation, Internet Connectivity, dan Vehicle Settings.

Sama seperti Almaz, New Cortez juga diaplikasikan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan IoV Technology. Untuk diketahui WIND sendiri memberi kemudahan menjalankan beberapa fitur yang ada hanya dengan menggunakan perintah suara. Sedangkan IoV Technology dapat menghubungkan mobil dengan pemiliknya melalui internet dan akses berbagai fitur canggih IoV (Internet of Vehicle) dengan konektivitas dari smartphone ataupun sistem hiburannya.

New Wuling Cortez

Melipat seat baris kedua KIA Carens hanya dengan satu kali sentuhan

Bicara KIA Carens, MPV asal Korea Selatan ini pada bangku baris keduanya dapat dilipat dengan mudah secara elektrik hanya dengan satu sentuhan. Terlebih dengan adannya fitur berupa ambient light dengan mode pilihan 64 warna di dalam kabin plus sunroof dengan tilt and slide mode, bisa membuat betah penggunanya untuk berlama-lama di dalam mobil.

Tak hanya itu, Carens juga dibekali AC double blower, instrumen full-digital, cruise control, start/stop engine button, driving mode (Eco, Normal, dan Sport) dan sistem hiburan dengan layar sentuh 10,25 inci dan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto, dengan imbuhan sistem audio premium lansiran Bose dengan 8 speaker.

Baca juga: Komparasi Fitur Kia Carens vs Toyota Kijang Innova Reborn, Kijang Kalah Kelas?

Fitur Keselamatan New Wuling Cortez Paling Lengkap?

New Wuling Cortez

Bicara sektor keselamatan, New Wuling Cortez CT dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake- force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA), Electric Parking Brake (EPB), Automatic Vehicle Holding (AVH), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), front & Rear Parking sensor, ISOFIX & Child Safety Lock, TPMS, Dual SRS Airbag (Front & Side), Emergency Stop Signal (ESS), TCS (Traction Control System), Anti-Theft Alarm, Seat Belt Reminder dan rem cakram di seluruh rodanya.

KIA Carens

Bagaimana dengan KIA Carens? Mobil ini sendiri telah mendapatkan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan seluruh penumpangnya. Bukan cuma itu, Carens juga telah tersedia ABS dengan EBD, HSA (Hill Start Assist), TPMS, ESC (Electronic Stability Control), DBC (Downhill Brake Control), VSM (Vehicle Stability Management), BAS (Brake force Assist System), kamera mundur, sensor parkir, ISOFIX, dan rem cakram di semua roda.

KIA Carens Kalah Tenaga dan Torsi dari New Wuling Cortez

New Wuling Cortez

Menurut data New Wuling Cortez lebih bertenaga dibanding KIA Carens

Menggunakan jantung pacu 1.5L turbo 4 silinder segaris DOHC, turbocharged DVVT Euro 4 berkapasitas 1.451 cc dengan teknologi Turbocharger by Honeywell, mesin yang tersematkan pada New Wuling Cortez tersebut mampu menghasilkan tenaga setara 142 PS @5.200 rpm dan torsi 250 Nm 1.600-3.600 rpm. Mengandalkan penggerak roda depan, MPV jenama Tiongkok ini dikawinkan dengan transmisi CVT.

Pada varian bensinnya, KIA Carens ditawarkan mesin Smartstream G1.4 T-GDI turbocharged yang dapat melecutkan tenaga hingga 140 PS @6.000 rpm serta torsi 242 Nm @1.500 – 3.200 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, varian mesin ini disandingkan dengan transmisi otomatis 7-DCT yang kemudian yang ditranslasi ke roda depannya.

Kesimpulan

Secara fitur, baik New Wuling Cortez maupun KIA Carens bisa dikatakan cukup bersaing. Hanya saja pada Cortez, mobil ini belum dilengkapi bangku berventilasi serta enam buah airbag. Meski begitu, Cortez anyar sudah diaplikasikan fitur canggih berupa Wuling Indonesian Command (WIND) dan IoV Technology yang juga bisa kalian temui di Almaz.

Menyoal jantung pacunya, New Wuling Cortez CT punya tenaga dan torsi lebih besar dari KIA Carens varian bensin. Tenaga dan torsi lebih unggul, rasanya Cortez juga lebih bisa diandalkan ketimbang Carens.

Baca juga: FAQ: Hal Menarik Seputar KIA Carens 2022, MPV Selevel di Atas Avanza dan Xpander

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Cortez CE 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil