window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Prasetyo · 31 Jan, 2022 16:09

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 01

  • Jeep Commander 2022 lebih dulu rilis di India baru kemudian masuk Indonesia.
  • Dimensinya mirip Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.
  • Fiturnya lebih lengkap dari SUV 7 seater asal Jepang.

Pertengahan tahun lalu, tepatnya di Agustus 2021, Jeep Commander 2022 sudah resmi rilis di Amerika Serikat (AS). Brazil kabarnya menjadi negara pertama yang dikirimkan SUV 7 seater terbaru dari Jeep ini. Menyusul di pertengahan tahun 2022, Commander bakal mulai dijual di India.

Isu bahwa Jeep juga membidik pasar Asia Tenggara melalui Commander pun sangat santer terdengar. Apalagi brand ikonik ini menuai kesuksesan lewat Wrangler, Gladiator, hingga Compass. Indonesia pun disebut masuk dalam rencana pemasaran Jeep Commander.

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 02

India lebih dulu kedatangan Jeep Commander

Keterangan mengenai bakal hadirnya Jeep Commander 2022 ini memang belum diamini pihak PT DAS Indonesia Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Jeep di Tanah Air. Tetapi gosip bahwa pesaing Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport itu segera datang sudah begitu kencang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penasaran seperti apa SUV keturunan AS ini? Yuk kita lihat lebih dekat.

Baca juga : Great Wall Motor Patenkan SUV Baru di Indonesia, Diduga CyberTank 300 Sang Penantang Jeep Wrangler

Berbasis Jeep Compass Tapi Punya 3 Baris Jok

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 01

Desain gril depan identik dengan Jeep Compass

Rencana Jeep untuk merilis satu model SUV 3 baris jok penumpang sudah tercium sejak awal tahun lalu. Apalagi kemudian isu ini dikuatkan dengan sejumlah spyshoot yang diduga kuat adalah unit Commander yang tengah menjalani pengujian. Foto-foto penampakannya terlihat beberapa kali di India dan juga Brazil.

Basisnya dari Jeep Compass namun bodinya lebih panjang mengingat Commander berjenis kendaraan 7 penumpang. Dikutip dari Autocar India, basis produksinya ada di pabrik Goiana, Brazil. Pabrik ini juga yang memproduksi Compass, Renegade and Fiat Toro.

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 02

Tampak belakang Jeep Commander

Namun untuk versi setir kanan bakal dibangun di pabrik Ranjangaon, India. Lokasi yang sama juga merakit Compass untuk kebutuhan ekspor ke sejumlah negara terutama wilayah Asia. Nah Commander yang diproduksi di India inilah yang kabarnya juga akan dikirim ke Indonesia.

Desain Jeep Commander 2022 Kombinasi Compass dan Grand Cherokee

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 03

Tarikan garis bodinya tegas

Sepintas Commander memang terlihat seperti Compass yang dipanjangkan. Namun jika dilihat lebih dekat, ada beberapa perbedaan detail desainnya. Bahkan Commander sedikit berbagi desain dengan Grand Cherokee, SUV Jeep yang ukurannya lebih besar dari Compass. 

Beberapa aksen yang memperlihatkan jika Commander membawa "darah" Compass paling kentara pada desain gril depannya. Kemudian detil krom di sepanjang tepi bingkai jendela juga masih mirip. Sementara lampu depannya dibuat lebih ramping dan sudah full-LED. Tepat di sisi kiri dan kanan bemper juag telah tersemat LED Daytime Running Lamp (DRL) dan diikuti foglamp.

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 04

Disini sepintas mirip bagian belakang Pajero Sport lama

Sementara itu bagian belakang Jeep Commander terlihat punya nuansa yang diambil dari Grand Cherokee. Antara lain terlihat dari bentuk lampu belakang persegi panjang yang ramping. Bentuk kaca belakang juga tidak terlalu lebar, serta rear bumper yang tidak tertampil agresif.

Dari segi dimensi, Commander memiliki panjang 4.769 mm, lebar 1.859 mm, dan tinggi 1.682 mm, yang membuatnya lebih panjang 364 mm, lebih lebar 41 mm, dan 42 mm lebih tinggi dari Compass. Commander juga punya jarak sumbu roda 2.794 mm, lagi-lagi 158 mm lebih panjang dari Compass.

Baca juga : Jeep Compass 2022 Rilis di Indonesia, SUV Urban Bukan Buat Kaum Mendang Mending

Interior Juga Masih Mirip Compass

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 05

Interiornya terlihat mewah

Selain desain eksteriornya, di bagian dalam Commander juga masih punya banyak kesamaan dari Compass. Misalnya dari layout dasbor, panel pintu, jok, dan lingkar kemudi. Namun Commander pakai pelapis jok berwarna cokelat dengan material suede. Serta di konsol tengah juga diberi aksen rose gold, dan pedal-pedalnya pakai material aluminium.

Sama seperti Compass, Commander juga dibubuhi instrument cluster digital 10,25 inci. Sedangkan layar infotainment yang berdiri di tengah-tengah dasbor berukuran layar 10,1 inci. Fitur Apple CarPlay serta Android Auto juga sudah ada di perangkat ini.

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 06

Banyak fitur unggulan dibanding Fortuner

Fitur penting lainnya yang patut digarisbawahi adalah keberadaan 7 airbags, Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking System, Lane Keep Assist, Power Tail Gate di bagasi belakang, Panoramic Sunroof, Wireless Phone Charger, Harman Kardon sound system, sampai Alexa Virtual Assistance.

Jeep Commander 2022 untuk Indonesia Pakai Mesin Diesel?

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 07

Sama seperti Toyota Fortuner, Commander akan ada varian meisn bensin turbo dan diesel

Sekarang mari kita bahas soal mesinnya. Di Brazeil, Jeep menyediakan dua opsi, yaitu mesin 2.0-liter Multijet diesel dan mesin 1.3-liter turbo dengan flex-fuel technology. Meisn pertama mampu menghasilkan tenaga 172 PS dengan torsi 380 Nm. Mesin yang lebih kuat dari Jeep Compass ini dikombinasikan transmisi otomatis 9 percepatan dan sistem penggerak roda 4x4.

Sementara itu mesin kedua mampu menghasilkan tenaga puncak 188 PS dengan torsi 270 Nm. Untuk mesin bensin ini menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan yang menggunakan sistem penggerak roda depan. Tapi untuk model yang akan diproduksi di India adalah unit yang menggunakan mesin diesel serta mild hybrid.

Namun dugaan kuat kami, Jeep Commander 2022 untuk Indonesia akan dipilih yang bermesin diesel dan bensin sama seperti unit yang ada di Brazil. Strategi ini tentu sangat tepat untuk menghadapi Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport.

Segera Jegal Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Lebih Dekat dengan Jeep Commander 2022, SUV 7 Seater Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport 08

Jeep selalu terkenal sebagai produsen mobil off road

Jika benar Jeep Commander 2022 segera masuk Indonesia, tentu Fortuner maupun Pajero Sport harus waspada. Mengingat dari segi spesifikasi teknis dan fitur yang dimiliki, Commander cukup mumpuni untuk melakukan perlawanan.

Tinggal nanti masalah harga Jeep Commander. Saat ini harga Toyota Fortuner mulai dari Rp521,6 juta hingga Rp684,5 juta, sementara Pajero Sport dilego Mitsubishi antara Rp545,8 juta sampai Rp701,7 juta.

Kalau seandainya PT DAS Indonesia Motor bisa memasang harga Jeep Commander di angka Rp800 jutaan, maka secara psikologi cukup mampu menjadi bahan pertimbangan bagi mereka yang mencari SUV 7 seater. Karena selain fiturnya, Commander juga menyandang nama besar Jeep yang sudah lama punya gelar sebagai produsen mobil SUV off road terbaik.

Baca juga : Toyota Land Cruiser 300 Sudah Dirilis, Sanggupkah Lawan Jeep Wrangler Cs Seperti Pendahulunya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil