Lebih Hemat Mana, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire atau Mercedes-Benz Vito?

Bent Aulia · 2 Jun, 2020 14:00

Lebih Hemat Mana, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire atau Mercedes-Benz Vito? 01

Bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil van premium yang bertenaga dan nyaman sepanjang berkendara, Anda bisa memilih Toyota Vellfire maupun Mercedes-Benz Vito. Baik Vellfire dan Vito saat ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp1 miliar (off-the-road). 

Keduanya sama-sama menawarkan rasa berkendara yang mewah dan performa yang bertenaga. Tapi bagaimana dengan efisiensi bahan bakarnya? Mari kita lihat perbandingan konsumsi bahan bakar Toyota Vellfire dan Mercedes-Benz Vito.

Toyota Vellfire

Toyota Vellfire dibekali mesin yang sama dengan Alphard 2.5 G, yaitu mesin tipe 2AR-FE 4-silinder segaris 16 katup DOHC serta teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sama dengan Vellfire 2019. Tenaga yang dihasilkan mencapai 177 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 234 Nm pada 4.100 rpm.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja. Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020.

Lebih Hemat Mana, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire atau Mercedes-Benz Vito? 01

Vito memiliki performa yang cukup baik dengan menawarkan mobil yang bertenaga. Tentu saja torsi yang besar diperlukan mengingat bobot bodi Vellfire tercatat lebih dari 1 ton. Bodi yang besar ini pun berdampak pada kenyaman, kekedapan kabin, hingga konsumsi bahan bakar. 

Karena memiliki mesin yang sama, konsumsi bahan bakar Toyota Vellfire hampir sama dengan Toyota Alpard. Dilansir dari berbagai sumber, Vellfire membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk jarak 10 kilometer. Namun bagi pengguna Vito, konsumsi tersebut tidak terlalu mempengaruhi rasa berkendara mobil ini.

Mercedes-Benz Vito

Dari segi mesin, Vito dan Vellfire memiliki mesin yang cukup berbeda. Vito mengemas mesin M374 2.0L dari generasi ketiga yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 211 daya kuda serta torsi maksimal 350 Nm.

Lebih Hemat Mana, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire atau Mercedes-Benz Vito? 02

Dilihat dari performa, Vito menghasilkan tenaga dan torsi yang jauh lebih besar dibandingkan Vellfire. Meskipun kapasitas silinder yang lebih kecil, yaitu menggunakan mesin berkapasitas 1.991 cc, Vito mendapatkan 34 daya kuda dan 116 Nm lebih besar dibandingkan Vellfire.

Sama-sama menggunakan bodi yang berat untuk memastikan kenyamanan berkendara di jalan, efisiensi bahan bakarnya tentu saja hampir sama. Vito dipercaya memiliki konsumsi bahan bakar hingga 10-11 km/l.

Lebih Hemat Mana, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire atau Mercedes-Benz Vito? 03

Dengan harga yang hampir sama, ternyata konsumsi bahan bakar kedua mobil juga hampir sama. Meskipun keduanya memiliki kapasitas mesin dan tenaga yang berbeda jauh. Tapi untuk mobil premium seperti Vellfire dan Vito, konsumsi bahan bakar tak menjadi masalah berarti.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vellfire 2.5 G A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru