Lebih Lega Mana, Mazda2, Honda Jazz atau Toyota Yaris?

Yusuf · 7 Jul 2020 08:00

Ada tiga mobil hatckback yang bersaing di pasar Indonesia. Kami ambil contoh mobil Mazda2 GT, Toyota Yaris S TRD Sportivo dan Honda Jazz RS. Ketiga mobil ini memiliki desain yang unik dan menarik. Namun seberapa nyaman penumpang di dalam mobil tersebut?

Ketiga hatchback tersebut merupakan pemain yang siap menggoda konsumen dengan pilihan varian serta harga yang kompetitif di kelasnya.

Harga Mazda2 2020 berkisar dari Rp 287 juta hingga Rp 304 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga Mazda 2 2019. Mobil Mazda2 hanya memiliki 2 varian, Mazda GT merupakan varian tertinggi dari mobil Mazda2. Sedangkan harga mobil Honda Jazz 2020 berkisar dari Rp 283 juta hingga Rp 295 jutaan. New Honda Jazz memiliki 5 varian, New Honda Jazz RS CVT merupakan varian tertinggi dari Honda Jazz.

Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Duduk di dalam mobil Mazda2 2020 seperti berada berada di dalam mobil sport. Jok pengemudi sangat memanjakan penggunanya, memancing adrenalin untuk terus menggeber kendaraan untuk berakselerasi lebih cepat.

Namun kenyamanan hanya dibuat untuk pengemudinya saja, di baris belakang, penumpangnya kurang begitu nyaman karena ruangnya sempit dan dengkul seakan mepet dengan kursi depan. Bagi yang memilili tinggi 170 cm mungkin akan menekuk dan tidak akan nyaman. Mobil Mazda2 2020 memiliki dimensi 4.062 × 1.697 × 1.497 mm.

Lain halnya dengan kompetitor abadinya, Toyota Yaris. Model Yaris Toyota tersebut memberikan ruang yang lega untuk baris depan atau baris belakang. Jika bicara dimensi, Toyota Yaris baru memiliki dibekali ukuran 4.115 ×1.700 × 1.475 mm sehingga menjadi hatchback yang terpanjang di kelasnya.

Untuk  New Honda Jazz, jika dibandingkan dengan Toyota Yaris baru masih kalah nyaman. Mobil ini hanya unggul di bagian head roomnya yang cukup tinggi. All New Jazz memiliki dimensi 3.955 × 1.695 × 1.695 mm.

Dengan dimensi terbatas, sebuah hatchback harus menghadirkan kepraktisan yang mendukung seisi kabin. Mobil Mazda2 2020 memiliki empat cup holder, ada juga empat laci terbuka dan satu laci tertutup. Toyota Yaris baru terdapat lima cup holder dengan satu laci terbuka dan satu laci tertutup.

New Honda Jazz memiliki laci konsol yang ada di tengah. Selain menambah kepraktisan, tutup laci bisa menjadi sebuah arm rest. Total ada dua laci terbuka dan satu tertutup ditambah tujuh buah cup holder.

Mobil Mazda2, New Honda Jazz, dan Toyota Yaris New, ketiga Hathback ini meski berbeda cara melipat jok belakangnya, namun bisa menghadirkan ruang dengan lantai yang rata, bisa meletakkan barang sesuai dengan keinginan sewaktu jok belakang dilipat.

Dari ketiga mobil hatchback tersebut, jika Anda memilih untuk kenyamanan penumpang, mungkin Toyota Yaris bisa menjadi pilihan. Karena mobil Yaris sudah sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia. Namun, jika dilihat dari kepraktisan, mobil Mazda2 baru 2020 bisa diandalkan.

Dimensinya yang lebih kecil dari Toyota Yaris baru dan New Honda Jazz,membuat mobil ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat perkotaan. Apalagi dengan fitur-fitur modern yang sudah dibekali untuk kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Komentar

Mobil Terbaru