window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Mahal Hampir Rp6 Juta, Toyota Veloz CVT Bisa Lebih Baik dari Avanza G CVT TSS?

Enda · 16 Okt, 2022 14:00

Toyota Veloz CVT

Di segmen Low MPV 7-seater, saat ini Toyota Veloz CVT dijual Rp301,7 juta. Harga yang ditawarkan tersebut lebih mahal Rp5,9 juta dari varian teratas Avanza, G CVT TSS, yang menurut situs resminya per Oktober 2022 dibandrol Rp295,8 juta.

Memiliki selisih harga baru hampir Rp6 juta, secara penampilan Veloz terkesan lebih mewah ketimbang Avanza. Namun untuk fitur keselamatan, Avanza G CVT TSS lebih lengkap.

Sebagai informasi, melihat daripada data penjualan wholesales (pabrik ke diler), periode Januari-September 2022, Toyota Veloz CVT berhasil terdistribusikan sebanyak 803 unit. Lebih diminati masyarakat Indonesia, Toyota Avanza G CVT TSS berhasil terjual sebanyak 7.007 unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mempunyai harga baru dengan selisih hampir Rp6 juta, simak perbandingan Toyota Veloz CVT dan Avanza G CVT TSS berikut ini.

Baca juga: Modal ADAS dan Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Prime Bikin Toyota Veloz Q CVT Semakin Teringgal

Toyota Veloz CVT Lebih Mewah dari Avanza G CVT TSS

Toyota Veloz CVT

Tampilan Toyota Veloz lebih mewah

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, secara penampilan Toyota Veloz CVT terlihat lebih mewah sekaligus futuristis jika dibandingkan dengan Avanza G CVT TSS. Hal ini dibuktikan daripada fascianya dimana Veloz menggunakan grill trapezoidal dengan aksen diamond cut, serta list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang berotot.

Sistem pencahayaannya, keduanya telah mengadopsi teknologi LED dengan desain pipih. Hanya saya untuk Toyota Veloz CVT mendapat DRL plus tambahan lampu sein LED model sequential dengan marking VELOZ di sisi bagian dalam samping.

Guna menampilkan kesan prestisius, Toyota Veloz dilengkapi dengan hiasan list krom menyerupai huruf T tepat di atas foglampnya. Selain itu, bumpernya juga mendapatkan tambahan body kit yang membuatnya terlihat sporty.

Toyota Veloz CVT

Tampilan luar Toyota Avanza G CVT TSS

Bagian sampingnya, baik Toyota Veloz CVT maupun Avanza G CVT TSS diaplikasikan velg 16 inci dual-tone dengan bentuk yang sama. Namun untuk Veloz, tampilannya mobil ini terlihat lebih mewah sekaligus futuristis berkat adanya side skirt, lekukan over fender yang dipertregas, serta roof rail di bagian atas.

Melihat buritannya, secara tampilan Veloz juga terlihat mewah. Hal ini dikarenakan untuk stoplampmnya mobil ini dilengkapi dengan LED bar memanjang. Selain itu bumpernya juga terkesan sedikit lebih berotot dan mewah berkat adanya under guard yang dilabur warna silver.

Fitur Unggulan Toyota Veloz CVT Lebih Lengkap

Toyota Veloz CVT

Interior Toyota Veloz CVT

Dari segi hiburan, Toyota Veloz CVT dan Avanza G CVT TSS berhasil disematkan head unit layar sentuh 9 inci model floating yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth. Guna memudahkan penggunanya saat ingin mengendalikan fitur didalamnya, keduanya telah dilengkapi dengan audio steering switch control.

Namun untuk Veloz, mobil ini mendapat tambahan MID switch di sebelah kanan setir yang berfungsi untuk menyeting serta mengetahui seputar informasi pada mobil.

Untuk panel instrumentnya, Veloz CVT dibekali layar full digital TFT MID berukuran 7 inci yang terlihat begitu eyes catching. Sedangkan pada Avanza, speedometer serta tachometernya masih menggunakan model analog.

Oh iya, untuk setir keduanya dilengkapi fitur tilt & telescopic yang memudahkan penggunanya ketika ingin mendapatkan posisi berkendara yang pas. Pada Toyota Veloz CVT, mobil ini sudah dibungkus dengan material kulit premium pada setir dan beberapa bagian lainnya yang mana juga memiliki bahan soft touch. Selain itu, di beberapa bagian Veloz juga tersematkan ambient led guna memberikan rasa rileks saat berkendara.

Toyota Veloz CVT

Toyota Avanza belum dilengkapi EPB

Tidak seperti Avanza G CVT TSS, Veloz CVT turut dibekali wireless charger yang diletakan di konsol tengah, serta Electric Parking Brake (EPB) with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional.

Sama-sama menggunakan tampilan digital, untuk tampilan pengaturan AC nya Veloz terkesan lebih mewah terlebih adanya fitur auto AC yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022

Fitur Keselamatan Toyota Veloz CVT Kalah Komplit dari Avanza G CVT TSS

Toyota Veloz CVT

Toyota Avanza G CVT TSS mendapatkan 6 airbags

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Toyota Veloz CVT, mobil ini mendapatkan Electronic Parking Brake (EPB), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), rear parking sensor, dual airbag, rear parking camera dan ISOFIX.

Pada sistem pengeremannya, Veloz sudah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur ABS, EBD dan BA.

Bicara Toyota Avanza G CVT TSS, untuk fitur keselamatannya mobil ini sudah dibekali dengan 6 airbag (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai), VSA dan HSA. Tidak hanya itu, sebagai fitur keselamatan standar mobil ini juga diperkuat dengan adanya ABS, EBD, ESS, ISOFIX, BA dan rear camera. Hanya saja untuk sistem pengeremannya, Avanza masih menggunakan rem tromol dibelakangnya.

Tak hanya itu, untuk fitur keselamatan varian teratas Avanza juga lebih komplit ketimbang Veloz CVT berkat adanya fitur ADAS. Fitur keselamatan pintar yang dinamakanToyota Safety Sense (TSS) pada tipe teratas Avanza telag mencakup; Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert.

Untuk fitur keamanannya keduanya sudah dilengkapi dengan keyless entry with alarm.

Fitur T Intouch Ada Pada Toyota Avanza G CVT TSS

Toyota Veloz CVT

Toyota Avanza G CVT TSS dilengkapi T Intouch

Toyota Avanza G CVT TSS didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna mobil ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

Kesimpulan

Toyota Veloz CVT dan Avanza G CVT TSS sama-sama dibenamkan mesin 2NR-VE 1.500 cc dengan transmisi CVT. Dibandrol lebih mahal hampir Rp6 juta, Toyota Veloz CVT sangat cocok dipilih bagi kalian yang mengutamakan tampilan lebih mewah sera fitur unggulan lengkap.

Beda halnya jika kalian ingin lebih berhemat dengan mendapatkan fitur keselamatan lebih lengkap, Toyota Avanza G CVT TSS adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Jadi Tipe Terendah, Layakkah Toyota Veloz MT Untuk Dibeli?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil