Lebih Maskulin, Ini Perbedaan Lengkap Toyota Fortuner 2021 dan Pra-Facelift

Bent Aulia · 13 Des, 2020 19:00

Lebih Maskulin, Ini Perbedaan Lengkap Toyota Fortuner 2021 dan Pra-Facelift 01

Bersamaan dengan Toyota Kijang Innova, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan facelift terbaru dari New Toyota Fortuner yang lebih menawan. Dibandingkan model terdahulu, ada beberapa peningkatan dalam bentuk teknologi maupun penyegaran wajah yang disematkan. Intip apa saja perbedaan dari Toyota Fortuner 2021 dengan versi sebelumnya.

Toyota Fortuner 2016

Dirilis pertama kali pada tahun 2005 sebagai bagian dari platform global milik Toyota, Toyota Fortuner menerima perubahan signifikan sebagai generasi kedua pada tahun 2015 di Thailand. Setahun kemudian, model ini masuk ke Indonesia dan langsung menjadi salah satu pilihan SUV bergaya macho yang laris manis.

All New Toyota Fortuner

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sosoknya yang maskulin mendapatkan pembaharuan dengan konsep “Leading the World” dengan berbagai pilihan varian, yaitu Toyota Fortuner VRZ, SRZ, hingga yang terbaru Fortuner TRD Sportivo dengan tampilan yang lebih sporty.

Eksterior Toyota Fortuner 2016

Desain eksterior Fortuner menawarkan tampilan yang maskulin namun tetap modern. Grille depan palang tiga menggunakan lampu depan berteknologi Bi-Beam LED dengan sistem Auto Leveling dan fungsi Follow Me Home.

Toyota Fortuner 2016

Bagian samping menerima spion yang sudah didukung fitur Electric Retractable serta lampu sein dengan konfigurasi LED. Konsumen Tanah Air juga menawarkan velg bergaya sporty dengan ban berukuran 265/60 R18.

Toyota Fortuner generasi kedua

Tampilan yang gagah juga bisa dirasakan dengan tampilan Floating Roof serta Rear Spoiler dengan high mount stop lamp yang sama dengan yang digunakan pada Toyota Kijang Innova. Desain lampu belakang yang memanjang pun menjadi ciri khas tersendiri bagi Fortuner.

Dimensi Toyota Fortuner 2016
Panjang x lebar x tinggi 4.795 mm x 1.85 mm x 1.835 mm
Jarak poros roda 2.745 mm
Ground clearance 216 mm
Radius putar 5.8 m
Bobot mobil 2.105 kg
Kapasitas tangki 80 L

Interior Toyota Fortuner 2016

Nuansa mewah dan elegan juga bisa dirasakan pada bagian dalam. Termasuk interior berwarna coklat, beige dan hitam dengan desain dashboard yang ergonomis. Dilengkapi Head Unit Advanced Entertainment System yang mampu memutar musik, video, serta sistem navigasi.

dashboard Toyota Fortuner 2016

Fitur kepraktisan lainnya terasa pada kemudi multi-fungsi dengan pengaturan audio, telepon, Voice Recognition dengan sistem MID di belakang kemudi. Kenyamanan di dalam kabin dapat dirasakan pada sistem AC dengan Digital Display dalam 5 pengaturan otomatis.

head unit Toyota Fortuner

Berbeda dengan Toyota Kijang Innova, Fortuner tanpa captain seat. Tapi mobil ini juga mendapatkan Reat Seat Entertainment untuk menghibur penumpang di belakang. Kursi baris kedua juga dilengkapi armrest pada bangku tengah.

bagasi Toyota Fortuner

Ruang bagasi yang lega menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil ini. Apalagi ditambah dengan bangku baris ketiga dengan konfigurasi 50:50. Mempermudah kenyamanan memasukkan barang ke bagasi, pintu belakang Toyota Fortuner SRZ tak ketinggalan menerima sistem Power Back Door.

Mesin Toyota Fortuner 2016

Senada dengan model MPV Kijang Innova, PT TAM juga memasarkan Fortuner dengan dua pilihan mesin. Yang pertama yaitu mesin diesel berkode 2GD-FTV dengan daya maksimal 149 PS serta 342 Nm torsi puncak.

mesin Toyota Fortuner

Mesin bensin 2TR-FE mampu menawarkan keluaran tenaga hingga 163 PS dan torsi maksimal 242 Nm. Tenaga disalurkan melalui sistem transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis yang sudah mendapatkan sistem Sport Sequential Switchmatic.

Fortuner juga memberikan dua pilihan sistem penggerak, yaitu penggerak roda belakang yang sama dengan Toyota Kijang Innova serta sistem penggerak semua roda untuk pengendaraan yang lebih sporty di medan off-road.

Mesin Toyota Fortuner 2021
Tipe Mesin 2GD-FTV 2.4L DOHC VNT Intercooler 2TR-FE 2.7L DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 2.393 cc 2.694 cc
Perbandingan kompresi 15.6:1
Daya maksimal 149 PS/ 3.400 rpm 163 PS/ 3.400 rpm
Torsi maksimal 342 Nm/ 1.200 – 2.800 rpm 242 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis with Sport Sequential Switchmatic
Sistem Bahan Bakar Common Rail Fuel Injection Fuel Injection
Diameter dan langkah 92.0 mm x 90.0 mm 95,0 mm X 95,0 mm

Fitur Toyota Fortuner 2016

Dengan harga yang hampir mencapai setengah miliar, ada banyak fitur dan teknologi berkendara yang menjadi unggulan dari model anyar generasi kedua Toyota Fortuner ini.

dashboard Toyota Fortuner

Pada sistem hiburan, Fortuner mendapatkan panel Advanced Entertainment System pada dashboard. Didukung dengan fitur yang sudah cukup canggih di masanya, seperti Miracast, Air Gesture, Voice Command, HDMI, dan konektivitas smartphone.

Kenyamanan mengemudi didukung oleh sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD) yang sangat membantu ketika berkendara di jalanan licin. Fitur keselamatan lainnya termasuk Dual SRS Airbag dan Knee Airbag.

fitur Fortuner 2016

Untuk membantu pengendaraan di jalanan bergelombang maupun ketika memasuki perjalanan off-road, sistem Toyota Fortuner menerima teknologi Hill Assist Control (HAC) dan Downhill Assist Control (DAC). Fitur lainnya termasuk Vehicle Stability Control dan teknologi Automatic Traction Control (A-TRC).

Harga Toyota Fortuner 2016

Generasi kedua sebelumnya sudah mendapatkan tiga pilihan tipe dengan dua pilihan mesin yang bisa dipilih. Ketika pertama kali diperkenalkan, harga Toyota Fortuner G dimulai dari Rp442 sebagai varian entry level bertransmisi manual.

Toyota Fortuner 2016

Harga Toyota Fortuner VRZ kala itu dibanderol mulai dari Rp393 jutaan sebagai varian menengah dan diikuti oleh Toyota Fortuner SRZ dengan mesin 2.7L yang dipasarkan mulai dari Rp509 jutaan. Ada pula versi VRZ bermesin diesel yang bisa didapatkan dengan cara dipesan terlebih dahulu.

Toyota Fortuner 2021

Facelift Toyota Fortuner 2021 memulai debutnya pada Juni 2020 untuk pasar Thailand bersamaan dengan Toyota Hilux facelift di Thailand. Ada model Fortuner Legender yang menggantikan Toyota Fortuner TRD Sportivo.

Toyota Fortuner 2021

Sedangkan di Indonesia, Fortuner terbaru diperkenalkan berbarengan dengan Toyota Kijang Innova dengan penambahan fitur yang lebih baru. Ubahan terbaru juga menawarkan tampilan yang lebih segar untuk eksterior maupun interior.

Eksterior Toyota Fortuner 2021

Ada banyak perbedaan yang ditemukan pada New Toyota Fortuner terbaru. Mulai dari bumper depan, grille set, serta aksen fascia depan yang lebih baru. Menawarkan tampilan dark chrome dengan bezel foglamp yang lebih kecil, namun berteknologi full LED.

grille New Toyota Fortuner

Bagian samping bisa dibilang tanpa perbedaan yang signifikan. Velg dan ban masih menawarkan desain yang sama. DItambah dengan keberadaan roof rail, foot step hingga spion yang hampir sama dengan model sebelum facelift.

lampu belakang New Toyota Fortuner

Perbedaan lainnya juga ditemukan pada bumper belakang serta stoplamp yang berbeda. Kali ini DRL dibuat lebih tebal untuk memberikan gaya yang lebih maskulin. Ditambah dengan bumper belakang dengan lekukan yang lebih mulus.

power back door Toyota Fortuner

Dimensi Toyota Fortuner 2021
Panjang x lebar x tinggi 4.795 mm x 1.85 mm x 1.835 mm
Jarak poros roda 2.745 mm
Ground clearance 216 mm
Radius putar 5.8 m
Bobot mobil 2.105 kg
Kapasitas tangki 80 L

Interior Toyota Fortuner 2021

Sedangkan interior New Toyota Fortuner mendapatkan warna interior hitam baru, dibandingkan model sebelumnya yang menggunakan warna coklat tua. Meski material yang digunakan tak begitu jauh berbeda.

dashboard Toyota Fortuner 2021

Duduk di bangku depan memiliki pengaturan kursi elektris 8 arah agar pengemudi mampu mendapatkan posisi berkendara yang terbaik selama berkendara. Sedangkan kursi penumpang dibuat cukup lapang dengan seatbelt 3 titik, meski memang tak senyaman Toyota Kijang Innova.

head unit Toyota Fortuner

Kelegaan interior juga terlihat pada bagasi yang lapang. Ditambah dengan pelipatan kursi ke atas yang sudah menjadi trademark dari generasi pertama. Untuk kepraktisan, Fortuner mendapatkan laci tertutup dengan pendingin ditambah dengan cupholder yang tersebar di ruang kabin.

kursi Toyota Fortuner

Mesin Toyota Fortuner 2021

Perubahan menarik yang disematkan Toyota pada mobil ini sepertiya tak menyentuh ruang mesin. Pasalnya New Toyota Fortuner masih menawarkan model 2GD-FTV yang sama dengan yang digunakan pada Toyota Kijang Innova serta mesin 2TR-FE.

mesin Toyota Fortuner

Hanya saja semua varian yang dipasarkan di Indonesia tanpa transmisi manual. Fortuner mengandalkan transmisi 6-percepatan otomatis dengan Sport Sequential Switchmatic yang mengantarkan tenaga ke roda belakang maupun ke empat roda.

Mesin Toyota Fortuner 2021
Tipe Mesin 2GD-FTV 2.4L DOHC VNT Intercooler 2TR-FE 2.7L DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 2.393 cc 2.694 cc
Perbandingan kompresi 15.6:1
Daya maksimal 149 PS/ 3.400 rpm 163 PS/ 3.400 rpm
Torsi maksimal 342 Nm/ 1.200 – 2.800 rpm 242 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi 6-speed A/T with Sport Sequential Switchmatic
Diameter dan langkah 92.0 mm x 90.0 mm 86,0 mm X 86,0 mm

Fitur Toyota Fortuner 2021

Fitur di dalam kabin pun tak kalah canggihnya. Apalagi varian paling lengkap, seperti Toyota Fortuner VRZ 4x4 dan TRD Sportivo. Seperti head unit 9 inci dengan wireless charger serta konektivitas smartphone dengan Android Auto dan Apple CarPlay sebagai fitur standar.

wireless charging Fortuner

Dari segi keselamatan, Ada berbagai teknologi baru yang disandingkan, seperti Vehicle Stability Control (VSC), Trailer Sway Control (TSC) serta Traction Control (TRC). Ketiga fitur ini mampu memberikan pengendaraan yang mengesankan dan meminimalisir terjadinya selip di jalanan.

Surround Monitor baru membantu mencegah tabrakan ketika parkir atau keluar dari tempat parkir. Sistem ini termasuk Blind Spot Detection (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Moving Object Detection (MOD), Headway Monitoring Warning (HMW).

fitur Toyota Fortuner

Sayangnya Fortuner yang dipasarkan di Indonesia memang masih kalah canggih dibandingkan edisi pasar Thailand. Pasalnya Toyota Fortuner 2021 milik Thailand sudah mendapatkan Toyota Safety Sense lengkap dengan Pre-Collision System dengan radar untuk memberikan sinyal serta melakukan pengereman aktif.

Bahkan kelengkapan Fortuner di Negeri Gajah Putih tersebut semakin canggih berkat kehadiran Lane Departure Warning (LDW) dengan Steering Assist. Ditambah dengan Dynamic Radar Cruise Control yang akan membantu pengendaraan di jalanan.

Trailer Sway Control Toyota Fortuner

Tapi SUV ladder frame milik Toyota ini tak ketinggalan membawa sistem keselamatan ABS dan EBD yang juga ditampilkan pada edisi terbaru ini. Begitu pula dengan airbag tujuh titik yang tersebar di seluruh penjuru kabin.

Harga Toyota Fortuner 2021

Ada berbagai pilihan varian yang disediakan bagi konsumen Tanah Air. Mulai dari pilihan transmisi manual maupun otomatis, mesin bensin dan diesel, sistem penggerak dua roda maupun empat roda, serta tiga tipe yang disertakan, yaitu Toyota Fortuner VRZ, SRZ, dan G.

harga Toyota Fortuner 2021

Harga Toyota Fortuner 2021 dimulai dari Rp504 jutaan dari model 4x2 2.4 G M/T bermesin diesel. serta Rp577 jutaan untuk Toyota Fortuner bermesin bensin. Dan yang terakhir ada pilihan Toyota Fortuner 4x4 2.4 G yang dibanderol mulai dari Rp630 jutaan.

Kesimpulan

Perubahan terbaru dari New Toyota Fortuner memberikan kesan yang lebih segar untuk bersaing di segmen SUV bergaya macho yang semakin ramai di pasar otomotif Tanah Air. Dibuat lebih maskulin dengan bantuan sistem anyar Toyota, harga Toyota Fortuner memang cukup tinggi dibandingkan model sebelumnya. Meski Fortuner tetap menjadi pilihan SUV bergaya off-road yang mengesankan di jalanan perkotaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru