Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize

Enda · 14 Jul, 2021 13:30

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 01

Daihatsu Rocky lebih laris dibandingkan Toyota Raize penjualan secara wholesales selama Juni 2021

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hadir disaat kebijakan relaksasi PPnBM telah diberlakukan. Berkesempatan merasakan diskon PPnBM 100% yang telah diperpanjang hingga Agustus 2021, seperti beberapa produk Daihatsu, Rocky diketahui dibandrol lebih murah dari Raize dengan harga Rp185,8 hingga Rp248,9 juta.

Mengetahui harga baru Raize saat ini, SUV kompak pabrikan tiga oval ini ditawarkan dengan harga yang lebih mahal, yaitu Rp202,7 juta hingga Rp265,9 juta.

Melihat penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) menurut data yang dilansir dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selama Juni 2021, diketahui bahwa Daihatsu Rocky behasil menorehkan angka penjualan lebih laris dibandingkan Toyota Raize.

Tercatat Daihatsu Rocky berhasil dikirim sebanyak 3.471 unit sedangkan Toyota Raize terjual 2.339 unit. Bila melihat daripada keduanya, terdapat selisih angka penjualan hingga 1.132 unit.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Setelah melihat data di atas, kenapa sih Daihatsu Rocky bisa lebih laris dari Toyota Raize? Berikut alasannya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Toyota Raize 1.000 Cc Turbo dengan Toyota Raize 1.200 Cc

Inden Daihatsu Rocky Lebih Cepat Dibandingkan Toyota Raize

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 01

“Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize terdapat perbedaan target customer dan varian. Daihatsu menargetkan 500 unit sebulan, Toyota lebih besar. Untuk 1.2L targetnya 1.500, dengan total target 2.000. Karena target lebih dikit makanya Rocky lebih cepat. Toyota menjadikan 1.0L turbo sebagai target utama, sehingga inden Toyota jadi lebih panjang,” ucap Amelia Tjandra, Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat peluncuran Daihatsu Rokcy 1.2L.

Menurut Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor di acara Toyota Virtual Media Gathering 2021, Toyota Raize saat ini memiliki inden 2 bulan. Hanya saja untuk pilihan warna two tone sedikit lebih lama mencapai 3 bulan.

Tampang Keduanya Sama, Hanya Terdapat Sedikit Perbedaan

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 02

Tampilan luar Daihatsu Rocky

Meskipun dirasa sama, pada kenyataannya Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize memiliki sedikit perbedaan di sisi eksterior dengan membawa ciri khas dari masing-masing brand.

Seperti yang bisa dilihat, tampilan luar Daihatsu Rocky memiliki bentuk bumper dan grill yang berbeda dengan Toyota Raize 1.2L. Dimana Raize berhasil mengimplementasikan bumper depan bermodelkan trapezoidal yang seolah dibagi menjadi dua bilah.

Demi menyuguhkan tingkat visibilitas yang baik, keduanya mendapat sistem pencahayaan berupa LED dengan Illuminating headlamp yang dibuat berkarakter dan terlihat agresif.

Bergeser ke bagian sampingnya, baik Rocky dan Raize ini mendapatkan lingkar roda dengan tampilan yang sepadan. Bagian belakangnya pun terlihat sama dengan adanya bagasi serta bumper yang berotot dan kekar.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Menggunakan Mesin yang Sama

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 03

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menggunakan mesin yang sama

Sebagai bentuk produk kolaborasi kelima, baik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dibenamkan mesin yang sama untuk varian 1.2L dan 1.0L turbonya.

Mengetahui lebih dulu varian 1.2L, Rocky dan Raize berhasil mendapatkan jantung pacu berkodekan WA-VE 3-silinder segaris dengan 12 katup berteknologi DOHC, Dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc yang mampu memeras tenaga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm @4.500 rpm.

Sedangkan varian 1.0L turbonya memperoleh mesin 996 cc 1KR-VET 3-silinder segaris, Turbocharger, VVT-i yang dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm.

Baca juga: Wajib Tahu, Berikut Daftar Semua Varian dan Harga Terbaru Toyota Raize 1.0L Turbo dan 1.2L

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 04

Transmisi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sama, hadir dengan manual 5-percepatan dan CVT

Keduanya pun hadir dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT sebelum putaran tenaga yang dihasilkan tersebut ditranslasi ke penggerak roda depannya.

Daihatsu Rocky Lebih Dipilih Karena Memiliki Kualitas Sound System Lebih Baik

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 05

Daihatsu Rocky ADS

Pada Daihatsu Rocky ADS, SUV kompak ini mendapatkan mendapatkan kualitas suara yang lebih baik berkat adanya active subwoofer 8 inch rancangan RND Daihatsu di bawah kursi pengemudi demi memberikan kualitas audio terbaik bagi penggunanya.

Melihat daripada Raize, tipe teratasnya hanya mendapata dua tambahan tweeter didepannya untuk meningkatkan kualitas vokal yang lebih baik.

Fitur Keselamatan Aktif Toyota Raize Lebih Lengkap

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 06

Fitur ADAS dengan nama A.S.A (Advance Safety Assist) pada Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sama-sama mengusung teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DNGA adalah platform terbaru dari Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Mengenai fitur keselamatan standar, semua varian baik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize mendapatkan Dual Front Airbag, Side Impact Beam, Front Disc Brake, Rear Drum Brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Varian teratas Rocky 1.0L turbo ini mendapatkan fitur keselamatan ADAS dengan nama A.S.A (Advance Safety Assist) yang bekerja dengan menggunakan sensor terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil. Setelahnya sensor tersebut memberikan peringatan apabila mobil dalam potensi bahaya, dan melakukan pengereman otomatis pada kondisi tertentu untuk meminimalisir dampak dari tabrakan.

Ada pun fitur A.S.A ini memiliki 6 fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Lebih Murah dan Inden Cepat, Daihatsu Rocky Bisa Lebih Laris Manis Dibanding Toyota Raize 07

Fitur ADAS dengan nama TSS (Toyota Safety Sense) pada Toyota Raize

Sama seperti Rocky, varian termahal Toyota Raize juga mendapatkan fitur ADAS yang dinamai (TSS) Toyota Safety Sense. Dimana fitur ADAS di mobil ini lebih lengkap dari Rocky, berupa Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Laane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffict Alert, Blind Spot Monitoring.

Hebatnya, varian teratas Raize ini mendapatkan 6-airbags (driver+passanger+side+curtain) sebagai bentuk perlindungan yang lebih aman terhadap pengemudi dan penumpang didalamnya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui ulasan di atas, kalian kini lebih paham mengapa Daihatsu Rocky bisa lebih laris dibandingkan Toyota Raize.

Sebagai informasi, penjualan secara retail (diler ke konsumen) selama semester 1 tahun ini tercatat Daihatsu Rocky berhasil terjual sebanyak 838 unit (1,2%) dan wholesale sebesar 4.642 unit (6,2%) sejak peluncurannya. Jumlah ini merupakan penggabungan antara varian 1.0L turbo dan 1.2L.

Baca juga: Barangnya Sama, Ini 5 Alasan Kenapa Mending Beli Daihatsu Xenia Daripada Toyota Avanza

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru