window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX?

Yongki Sanjaya · 22 Feb, 2023 17:00

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 01

Wuling kembali membuat heboh jagat otomotif nasional usai memperkenalkan Wuling Alvez 2023. Bagaimana tidak, crossover terbaru Wuling ini ditawarkan lebih murah Honda WR-V RS with Honda Sensing tapi dengan segmentasi kelasnya sepadan dengan HR-V.

Dari segi harga, Wuling Alvez tipe tertinggi yaitu EX dijual seharga Rp295.000.000 OTR Jakarta. Angka tersebut  bahkan masih lebih murah ketimbang Honda WR-V Tipe RS CVT with Honda SENSING yang dijual dengan harga Rp. 309.900.000. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda WR-V 2023 Akhirnya Resmi Dirilis, Ini Daftar Tipe dan Harganya

Punya Banyak Kemiripan Harga Jauh Lebih Murah, Mending Honda WR-V 2023 daripada City Hatchback RS

5 Hal Menarik Wuling Alvez 2023, Punya Bekal Pantas Buat Masuki Segmen Panas

Dengan penawaran menggiurkan seperti itu, bagaimana dengan kelengkapan fitur yang dimiliki oleh Wuling Alvez tipe EX ini? Apakah bisa mengimbangi Honda WR-V tipe tertinggi yang sama-sama bermesin 1.500 cc non turbo? Mari kita bandingkan keduanya.

Wuling Alvez EX, Paket Komplit Crossover Under Rp300 Juta

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 01

Dari sisi eksterior, varian teratas Wuling Alvez berhasil dilengkapi LED projector dengan pengaturan tinggi rendahnya lampu. Lebih lanjut, Alvez EX juga terdapat roof rail, shark fin antenna, panoramic sunroof, serta wiper model frameless. 

Masuk ke interior, Wuling Alvez SE di bagian setir telah dibungkus bahan kulit premium serta material soft touch di beberapa bagian. Panel instrumen tipe EX juga mendapat tambahan layar MID TFT 7 inci.

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 02

Apa lagi hal menarik dari mobil terbaru Wuling ini? Khusus varian EX dilengkapi AC dengan teknologi PM2.5 air filter yang selalu menghasilkan udara bersih dan sehat di dalam kabin.

Pada semua varian Alvez telah memiliki port USB 20W fast charging di bagian depan, dan khusus varian teratas pada baris kedua mendapat tambahan USB power outlet. Jangan lupa, hanya tipe teratas ini saja yang mendapat fitur sunroof. 

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 03

Wuling Alvez EX untuk fasilitas multimedia dibekali head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang terintegrasi secara langsung dengan kamaera belakang berteknologi Dynamic Trajectory, serta 4 speaker. Head unit ini sudah mendukung fitur smartphone mirroring, online music, online navigation, serta online messaging.

Cuma Wuling Alvez EX yang Dapat ADAS

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 04

Hal yang perlu kamu ketahui dari produk terbaru Wuling ini ialah fitur ADAS hanya tersedia di tipe termahal yaitu EX.  Adapun fitur keselamatan ADAS yang tersedia yakni; Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) with lane-keeping function, Intelligent Cruise Assistance (ICA) with lane-keeping function, Safe Distance Warning (SDW) dan Forward Collision Warning (FCW).

Tidak berhenti sampai di situ, fitur ADAS lainnya yang ada di varian EX yakni; Collision Mitigation System (CMS), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (I HBA) serta Lane Departure Warning (LDW).

Sebagai fitur keselamatan standar, semua varian Wuling Alvez telah dilengkapi dengan ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), dual srs airbags, seatbelt reminder, ISOFIX and child-proof door lock, immobilizer, dan anti-theft alarm.

Untuk varian atasnya ini mendapat tambahan sensor parkir di belakang, kemudian ada Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Electric parking brake (EPB) with Auto Vehicle Hold (AVH), Hill Hold Control (HHC), serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Fitur di Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Kece?

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 05

Sebagai produk pendatang baru di segmen small SUV, Honda WR-V ini tak cuma modal tampang tapi juga fitur yang semakin oke. Hanya saja, posisi harga WR-V RS yang di atas Rp300 juta membuat Alvez jadi unggul selangkah. Nah, apakah WR-V bisa membalas dari kelengkapan fitur?

Dari sisi eksterior, tipe ini mendapat Full LED Headlight lengkap dengan Daytime Running Light, LED Sequential Turning Signal, Roof Garnish, serta Stylish RS Aero Kit. Nah, aksen hitam di atap ini bukanlah sunroof atau panoramic roof melainkan hanya aksen garnish hitam biasa. Pada sisi belakangnya, menggunakan LED bars pada stoplampnya bergaya L shape.

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 06

Varian termahal ini mendapat fitur Auto Headlight berupa lampu utama yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah. Auto headlight juga bekerja saat kondisi kunci mobil terbuka dan dan mati beberapa saat setelah mobil terkunci. Canggihya, mobil ini WR-V RS juga memiliki fitur auto wiper.

Masuk ke dalam kabin, desain jok bagian depannya dibuat cekung semi bucket yang terasa pas di pinggul dan punggung. Pada sisi pengemudi, dilengkapi layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) display pada dashboard yang diapit dua panel analog untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. 

Dari segi hiburan, pabrikan melengkapinya dengan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone. Mobil ini juga dilengkapi dengan digital auto AC yang membuat kabin lekas dingin. 

Honda WR-V RS Sudah Didukung Honda Sensing

Lebih Murah Dari Honda WR-V RS with Honda Sensing, Seberapa Menarik Fitur dari Wuling Alvez EX? 07

Honda WR-V RS with Honda Sensing mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING. Fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).

Kemudian untuk fitur keselamatan standarnya sudah mendapatkan ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt dan Parking Sensor di bagian belakang mobil.

Dari segi keamanan, Honda WR-V RS turut dibekali Smart Key, Remote Engine Start, Keyless Entry, Auto Lock System by Speed, Immobilizer, dan Alarm System. WR-V memiliki kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal 130 derajat, atau tampilan belakang lebar 180 derajat saat tuas transmisi dalam posisi mundur. 

Kesimpulan

Dengan harga lebih murah, Wuling Alvez EX terbukti bisa memberikan banyak hal menarik ketimbang Honda WR-V RS with Honda Sensing. Sebagai contoh, WR-V belum memiliki panoramic roof, apalagi sunroof. Aksen hitam di atap hanya sebagai garnish untuk memberi kesan berbeda.

Hal yang mungkin membuat Honda WR-V lebih baik dari sisi fitur ialah pada kelengkapan ADAS di Honda Sensing yang berjumlah enam fitur. Sementara itu, kelengkapan ADAS yang dimiliki oleh Alvez EX hanya ada empat fitur. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Alvez SE 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil