Lebih Murah dari Mobil Penumpang, Ini Dia Sistem Keselamatan Suzuki Carry

Bent Aulia · 27 Mei 2020 11:00

Suzuki Carry merupakan salah satu kendaraan niaga terpopuler di Indonesia karena performa dan mesin yang mengagumkan. Bahkan popularitasnya masih bertahan sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1976 silam.

Dengan harga mulai dari Rp109 jutaan untuk varian terendahnya, Suzuki Carry tentu saja lebih murah dari kebanyakan mobil penumpang pada umumnya. Karena itu sistem keselamatan Suzuki Carry juga bergantung pada harga yang ditawarkan.

Fitur keselamatan Suzuki Carry

Suzuki ingin menawarkan kendaraan niaga yang terjangkau dan memaksimalkan potensi Carry dengan mempertahankan mesin yang efisien serta daya angkut yang mengagumkan. Sedangkan dari fitur untuk keselamatannya tidak begitu menggiurkan.

Suzuki Carry mendapatkan rangka sasis yang kokoh untuk membantu Anda mengangkut barang lebih banyak dan lebih berat dibandingkan kendaraan niaga lainnya. Pada bagian belakang kabin terdapat pelindung belakang kabin.

Mobil Suzuki Carry Pick up tersedia dalam 6 varian. Harga Suzuki Carry berkisar dari Rp 146 juta hingga Rp 160 jutaan. Ini merupakan harga Suzuki Carry 2020 yang tidak terlalu beda juh dengan harga Suzuki Carry 2019. Dimana Suzuki Carry 2019 hanya tersedia dalam 4 varian dan dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 136 juta hingga Rp 145 jutaan.

Dari segi keselamatan, Suzuki Carry merupakan pikap pertama di Indonesia yang menggunakan fitur immobilizer. Fitur ini akan mematikan mesin ketika mobil dinyalakan dengan paksa atau menggunakan kunci yang bukan kunci aslinya sehingga membuatnya lebih aman dari pencurian.

Hanya saja, Carry masih belum memiliki head rest untuk menjaga kepala ketika terjadi benturan atau kecelakaan. Begitu pula sabuk pengaman yang digunakan masih menggunakan seatbelt manual, bukan sabuk pengaman tiga titik dengan Emergency Locking Retractor (ELR). 

Seatbelt jenis ini juga ditemukan pada kendaraan komersial lainnya, seperti Mitsubishi L300 dan Daihatsu Grand Max Pick Up. Bandingkan dengan pesaingnya yang lebih mahal, yaitu Hyundai H-100. H-100 yang bahkan sudah mendapatkan sistem keselamatan modern, seperti pengereman ABS dan EBD.

Kepraktisan Suzuki Carry

Tetapi keunggulan Carry terletak pada kepraktisan, daya angkut dan efisiensi bahan bakar yang digunakan. Karena itu, meskipun Carry hanya menawarkan fitur keselamatan minimum dalam sebuah kendaraan modern, Carry masih tetap menjadi primadona kendaraan niaga Tanah Air.

Carry juga memiliki berbagai sistem hiburan terbaru sebagai teman perjalanan. Diantaranya head unit 2DIN yang bisa memutar radio atau musik melalui kaset tape dan USB serta AC untuk menjaga perjalanan jauh Anda tetap sejuk.

Di Indonesia, Suzuki Carry dipasarkan dengan enam pilihan varian untuk versi Pick-up dengan varian tertinggi dibanderol Rp109 jutaan. Sedangkan Suzuki Carry Luxury diperkenalkan dengan dua varian, yaitu Carry Luxury FD PS seharga Rp157 jutaan serta Carry Luxury WD PS dibanderol Rp158 jutaan.

Komentar

Mobil Terbaru