window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Hampir Rp10 Juta, Nissan Livina VL AT Bisa Lebih Baik dari Mitsubishi Xpander Ultimate CVT?

Enda · 1 Agu, 2022 13:30

Nissan Livina vs Mitsubishi Xpander

Nissan Livina yang dijual saat ini merupakan rebadge dari Mitsubishi Xpander. Tak ayal apabila keduanya memiliki kesamaan. Meski terlihat mirip, keduanya mempunyai beberapa perbedaan sebagai ciri khasnya.

Bicara Xpander, Low MPV berlogokan tiga berlian ini sempat mendapatkan penyegaran bentuk pada bagian eksterior, interior serta beberapa teknologi pada tahun lalu. Sedangkan untuk Livina sendiri, Nissan belum memberikan improvement.

Bicara soal harga, sebagai tipe teratas Nissan Livina VL AT per Agustus 2022 ini ditawarkan RP297,5 juta. Sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate CVT, mobil ini diniagakan Rp307,1 juta. Memiliki perbedaan harga hingga Rp9,6 juta, mana yang lebih cocok untuk dipilih?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Mitsubishi Xpander, Asyik Digunakan Sehari-hari Hingga Berpergian Bersama Famili

Mitsubishi Xpander Gunakan Teknologi LED Pada Headlampnya

Mitsubishi Xpander

Pada headlampnya Mitsubishi Xpander dibekali dengan teknologi LED

Sejak kehadiran versi faceliftnya pada tahun lalu, untuk sistem pencahayaan khususnya pada headlamp, Mitsubishi Xpander telah mengadopsi teknologi LED yang terlihat atraktif, modern, sekaligus mampu memberikan visibilitas baik saat dikendarai malam hari.

Beda halnya dengan Nissan Livina, untuk pencahayaan utamanya mobil ini masih mengandalkan bohlamp halogen. Meski lampu utamanya masih menggunakan teknologi jadul, untuk pencahayaan yang dihasilkan lebih bisa diandalkan saat berkendara dalam kondisi hujan.

Tampilan Dashboard Mitsubishi Xpander Baru dan Lebih Modern

Mitsubishi Xpander

Dashboard Mitsubishi Xpander

Dashboardnya Mitsubishi Xpander terlihat lebih modern dibandingkan dengan Nissan Livina berkat mendapatkan tampilan baru. Untuk bentuknya sendiri banyak mengimplementasikan desain mengotak dengan material soft touch berwarna beige yang dipadukan aksen wood penel di bagian tengah.

Pada pengaturan AC nya, Xpander juga sudah menggunakan model digital yang terlihat modern sekaligus ergonomis. Beda halnya dengan Livina, tampilan dashboardnya terlihat seperti Xpander lama dengan bentuk membulat serta pengaturan AC model knob putar.

Oh iya, untuk kalian ketahui Mitsubishi Xpander Ultimate CVT dan Nissan Livina VL AT dilengkapi dengan head unit yang sama-sama mendukung format smartphone connection. Hanya saja untuk dimensinya Xpander lebih besar 1 inci ketimbang Livina.

Oh iya, sebagai informasi juga Xpander ini terasa lebih mudah dan nyaman digunakan karena telah tersematkan cruise control, Electronic Parking Brake (EPB) dan Auto Hold.

Lebih Murah, Nissan Livina Dibungkus dengan Material Kulit Berkualitas Premium

Nissan Livina

Nissan Livina dibungkus dengan material kulit

Melihat bagian dalam, untuk bagian jok, tuas transmisi, lingkaran setir serta bagian dashboardnya Nissan Livina sudah dilapisi material berbahan dasar kulit berkelir hitam yang dibungkus material kulit berbahan premium. Dengan dibungkus kulit, interior mobil ini bukan cuma terkesan lebih sporty dan premium, tentunya akan sangat mudah dibersihkan apabila terkena noda baik tumpahan makanan atau minuman.

Untuk Xpander, joknya menggunakan bahan fabric dengan warna krem yang terasa lembut dan nyaman digunakan. Meski nyaman dipakai, untuk kelamahannya jok dengan bahan kain warna cerah akan sulit dibersihkan saat terkena noda.

Baca juga: Nissan Livina Bersiap Ekspor ke Filipina, Sudah yang Facelift?

Fitur Keselamatan Nissan Livina Lebih Komplit?

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander dilengkapi cruise control

Sebagai bentuk perlindungan terhadap pengguannya, baik Nissan Livina maupun Mitsubishi Xpander sama-sama dilengkapi dengan fitur keselamatan dual SRS airbag, struktur RISE body, dan seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISOFIX child seating fixing bar. Selain itu juga terdapat ABS + EBD, Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA), dan Active stability control (ASC).

Sebagai informasi, untuk Livina sendiri sudah dilengkapi dengan Traction Control System (TCS) dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Sebagai bentuk keselamatan sekaligus kenyamanan, Xpander dibekali dengan auto idle dan cruise control.

Ground Clearance Mitsubishi Xpander Lebih Tinggi dengan Bantingan Suspensi Nyaman

Mitsubishi Xpander

Ground clearance Mitsubishi Xpander lebih tinggi

Melihat dari ground clearancenya, Mitsubishi Xpander lebih tinggi ketimbang Nissan Livina. Secara data, Xpander berada di angka 220 mm sedangkan Livina di 205 mm.

Jarak antara permukaan tanah dengan kabin kendaraan yang lebih tinggi dibandingkan Livina, karena Xpander memperoleh peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber dengan tuning terbaru, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang keriting.

Tak cuma itu, kekedapan kabin Xpander juga ditingkatkan dengan mengoptimalkan insulasi suara untuk memberikan rasa nyaman berkendara dan selama diperjalanan.

Secara spesifikasi, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina sama-sama mengaplikasikan suspensi berjeniskan MacPherson with strut coil spring di depan dan torsion beam di belakang.

Bermodalkan Transmisi Matic Konvensional, Nissan Livina Lebih Badak Serta Mudah Dalam Perawatan

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina disematkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro 4

Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina sama-sama disematkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro 4 yang mana menurut data di atas kertas mampu memeras tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm @4.000 rpm.

Sebagai tipe teratas, Nissan Livina VL AT dipadukan dengan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Berbeda dengan Livina, Mitsubishi Xpander Ultimate dipadukan transmisi CVT layaknya AT 8 percepatan. Secara ketangguhan, perawatan, serta masa pakai, transmisi yang digunakan Livina lebih bisa diandalkan meski dari segi kenyamanan terasa kurang bila dibandingkan transmisi CVT yang dipakai Xpander.

Mitsubishi Xpander

Transmisi CVT Mitsubishi Xpander

Transmisi CVT pada Mitsubishi Xpander memiliki kelebihan seperti lebih ringkas, tidak banyak memakan ruang, hemat bahan bakar, dan tentunya terasa lebih nyaman digunakan. Namun perlu diketahui, tranmsisi CVT sendiri lebih mahal dalam perawatan serta memiliki umur yang pendek jika penggunanya sering membawa beban berat serta kerap kali mengoperasikan dengan cara kasar.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru hampir Rp10 juta, jika kalian lebih ingin berhemat, interior mewah, serta mudah dalam perawatan, menjatuhkan pilihan pada Nissan Livina VL AT adalah keputusan yang tepat. Namun apabila kalian membutuhkan kenyamanan, ground clearance tinggi, harga jual stabil, dan tampilan lebih modern, Mitsubishi Xpander Ultimate CVT adalah pilihan yang bijak.

Baca juga: Cuma Beda Kulitnya, Ini 5 Hal Kenapa Nissan Livina Lebih Baik Dipilih Ketimbang Mitsubishi Xpander

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil