window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Rp11 Juta, Kia Carens Apakah Lebih Baik dari Toyota Kijang Innova Zenix?

Enda · 5 Des, 2022 18:00

Toyota Kijang Innova Zenix

Belum lama ini PT TAM meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix. Sebagai generasi ketujuh Kijang, mobil ini tampil lebih futuristik dan canggih berkat fitur serta teknologi terbaru yang disematkan.

Untuk diketahui, Kijang Innova Zenix ditawarkan dalam lima varian, dimana untuk tipe V non hybrid dibandrol Rp467 juta. Sebagai informasi, harga yang disuguhkan pada tipe V non hybridnya tersebut lebih mahal Rp11 juta dari pesaing terdekatnya Kia Carens 1.4T. Bagi kalian yang belum tahu, untuk harga tipe teratas Carens tersebut saat ini diniagakan Rp456 juta.

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp11 juta, simak perbandingan keduanya melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Lebih Dekat dengan Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V, Varian Non Hybrid Pengganti Venturer?

Kia Carens Cuma Unggul di Ground Clearance

Kia Carens

Secara dimensi keseluruhan Toyota Kijang Innova Zenix lebih unggul ketimbang Kia Carens. Di atas kertas Innova Zenix punya panjang, 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Untuk jarak dengan permukaan tanahnya mencapai 185 mm.

Lantas bagaimana dengan Kia Carens? Menurut spesifikasi, mobil ini memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.700 mm, jarak sumbu roda 2.780 mm dan ground clearance 195 mm.

Dimensi
Keterangan Toyota Kijang Innova Zenix Kia Carens
Panjang 4.755 mm 4.540 mm
Lebar 1.850 mm 1.800 mm
Tinggi 1.795 mm 1.700 mm
Wheelbase 2.850 mm 2.780 mm
Ground clearance 185 mm 195 mm

Kia Carens Sudah Dilengkapi Sunroof dan Captain Seat

Toyota Kijang Innova Zenix

Interior Toyota Kijang Innova Zenix

Pada sistem pencahayaan, baik Kijang Innova Zenix maupun Carens sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang terlihat futuristis. Lingkar rodanya Kijang Innova Zenix menggunakan velg dengan ukuran lebih besar yakni 17 inci tidak seperti Carens yang memakai velg 16 inci.

Melihat ke bagian dalam, Kijang Innova Zenix V sudah diapalikasikan tilt & telescopic pada setir, materiaf soft touch pada dashboard, arm rest di pintu serta di tengah antara pengemudi dan penumpang depan. Terlihat mewah sekaligus menyuguhkan rasa berkendara yang lebih rileks, di plafonnya juga sudah dilengkapi illumination light.

Sistem hiburannya, Kijang Innova Zenix tipe ini telah berhasil dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang dapat dikendalikan melalui tombol pada setir. Hebatnya sistem hiburannya telah mendukung format smartphone connectivity serta NFC untuk mengecek jumlah saldo pada kartu elektronik. 

Baris keduanya Kijang Innova Zenix V sudah dilengkapi dual Rear Seat Entertaiment (RSE) di balik sandaran pengemudi, dan penumpang depan yang dapat dikendalikan secara terpisah. Terasa ergonomis, di bagian tengah jok baris keduanya terdapat arm rest yang sekaligus juga sebagai cup holder.

Kia Carens

Sunroof Kia Carens

Bicara Kia Carens 1.4T, untuk sistem hiburannya telah menggunakan head unit layar sentuh sebesar 10,25 inci yang dibuat rata dengan dashboardnya. Punya ukuran sedikit lebih besar dari Kijang Innova Zenix V, head unit Carens telah didukung dengan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto yang dipadukan 8 speaker BOSE. Terasa ergonomis, sistem hiburannya terhubung secara langsung dengan tombol pada lingkar kemudinya.

Oh iya, setirnya mobil ini berhasil mendapatkan fitur berupa tilt & telescopic, dan yang gak kalah keren terdapat wireless charging di consol tengahnya.

Kia Carens

Baris kedua Kia Carens

Tidak seperti Kijang Innova Zenix yang hanya mengandalkan illumination light pada plafonnya, Kia Carens untuk bagian atapnya sudah dilengkapi sunroof yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Seperti pesaingnya, Carens juga mendapatkan ambient light dengan mode pilihan 64 warna untuk kenyamanan berkendara. Meski tidak dilengkapi RSE di baris keduanya, untuk penumpang tengahnya mobil ini menggunakan jok model Captain seat dengan fitur sliding reclining dan arm rest.

Baca juga: Cuma Modal Tenaga Besar, Fortuner 2.8 Kalah Menarik dari Toyota Innova Zenix Hybrid

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova Zenix V Kalah Oke dari Kia Carens 1.4T

Toyota Kijang Innova Zenix

Guna memberikan kenyamanan serta keamanan selama berkendara, Toyota Kijang Innova Zenix V berhasil dibekali fitur keselamatan berupa ABS+EBD+BA dan rem cakram di semua roda. Selain itu juga terdapat Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH) dan sensor parkir.

Tak hanya itu, untuk fitur lainnya mobil ini juga sudah dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) serta kamera parkir. Untuk mengetahui kondisi keliling mobil, ada juga DVR yang bertindak sebagai dashboard camera guna merekam perjalanan.

Sebagai bentuk keamanan dari tindak pencurian, mobil ini berhasil didukung dengan fitur start /stop engine dengan smart entry, immobilizer dan alarm.

Lebih Murah Rp11 Juta, Kia Carens Apakah Lebih Baik dari Toyota Kijang Innova Zenix? 06

Menyoal fitur keselamatan pada Kia Carens 1.4L Turbo, mobil ini mendapatkan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan seluruh penggunanya. Tidak berhenti sampai disitu, mobil ini juga mendapatkan ABS + EBD, rem carkam di semua roda, HSA (Hill Start Assist), TPMS, dan ESC (Electronic Stability Control).

Tak ketinggalan fitur berupa DBC (Downhill Brake Control), VSM (Vehicle Stability Management), BAS (Brake force Assist System), cruise control, kamera mundur, sensor parkir, dan ISOFIX juga bisa ditemukan di dalam.

Sebagai bentuk keamanan, Carens sudah tersematkan remote start-stop dan keyless entry.

Performa Toyota Kijang Innova Zenix Lebih Buas

Toyota Kijang Innova Zenix

Mesin 2.0L Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix V dibenamkan mesin baru berkodekan M20A-FKS Dynamic Force Engine. Memiliki kapasitas 1.987 cc 4 silinder segaris Dual VVT-i D-4S System, mesinnya mampu memeras tenaga sebesar 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm yang dikawinkan dengan transmisi CVT sebelum ditranslasi ke penggerak roda depan.

Berbeda dengan Kijang Innova Zenix V non hybrid, tipe teratas Kia Carens berbekal mesin Kappa - Dual CVVT, Direct Injection. Menurut brosur, mesinnya mampu meletupkan tenaga hingga 140 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm. Untuk gearboxnya mesinnya dipadukan transmisi otomatis 7 percepatan dengan kopling ganda (Dual Clutch).

Kesimpulan

Lebih murah Rp11 juta dari Toyota Kijang Innova Zenix V, secara fitur baik unggulan maupun keselamatan Kia Carens 1.4T lebih komplit.

Namun untuk dimensinya Kijang Innova Zenix lebih besar sehingga terasa lebih nyaman. Selain itu MPV terbaru Toyota ini juga memiliki performa besar berkat penggunaan mesin baru 2.0L cc yang hemat bahan bakar. Toyota sendiri mengklaim untuk jarak tempuhnya Kijang Innova Zenix sanggup berjalan hingga 15 km/liter.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Perbedaan Kia Carens 2022 1.5L dan 1.4L Turbo yang Selisihnya Sampai Rp60 Jutaan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil