Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab

Enda · 13 Jul, 2021 13:30

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 01

Toyota Hilux vs Mahindra Scorpio

Bukan cuma menghadirkan varian double cab, RMA Indonesia selaku distributor Mahindra pada Oktober 2019 juga memperkenalkan Mahindra Scorpio untuk segmen single cab. Melansir situs resminya, Mahindra Scorpio jenis ini dibandrol Rp298 juta.

Melihat daripada pesaing terdekatnya, Toyota Hilux kembali mendapatkan penyegaran oleh PT Toyota Astra Motor pada Agustus 2020. Hadir dengan bentuk yang lebih atraktif dan sporty, varian single cabnya ini dipatok dengan harga yang jauh lebih mahal, mencapai Rp354,4 juta.

Ingin mengetahui perbandingan spesifikasi dari keduanya? Simak terus ulasannya berikut ini.

Baca juga: Punya Bentuk yang Aneh, Mahindra Bolero Maxitruck Rupanya Ungguli Mitsubishi L300 Angkut Hasil Pertanian

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Single Cab: Mahindra Scorpio Punya Dimensi Bak yang Jauh Lebih Besar dari Toyota Hilux?

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 01

Mahindra Scorpio single cab punya dimensi lebih besar dibandingkan Toyota Hilux

Mengetahui ukuran dimensi Mahindra Scorpio single cab mobil ini memiliki panjang 5.165 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.850 mm. Untuk kabinnya sendiri secara data mobil ini memiliki panjang 2.390 mm, lebar 1.620 mm serta tinggi 830 mm.

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 02

Toyota Hilux punya dimensi yang lebih kecil

Melihat pesaingnya, Toyota Hilux tercatat secara dimensi mempunyai panjang 4.935 mm, lebar 1.800 mm dan tiggi 1.685 mm. Ukuran baknya, mobil ini memiliki panjang 1.980 mm, lebar 1.575 mm dan tinggi 480 mm.

Membandingkan daripada keduanya, secara dimensi keseluruhan Mahindra Scorpio jauh lebih dibandingkan Toyota Hilux untuk kendaraan niaga jenis single cab. Begitupun pada baknya, mobil asal Negeri Bollywood ini diketahui memiliki bak yang juga lebih luas dibandingkan kompetitornya tersebut.

Single Cab: Tenaga Toyota Hilux Jauh Lebih Perkasa Dibandingkan Mahindra Scorpio

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 03

Mesin diesel turbo 2.2L mHawk (Euro 2) pada Mahindra Scorpio

Sebagai informasi, Mahindra Scorpio berhasil disematkan jantung mekanis diesel turbo 2.2L mHawk (Euro 2). Mesin yang digunakannya diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 142 PS dengan torsi mencapai 320 Nm. Menganut teknologi Micro Hybrid – Sistem Stop Start, mobil ini diklaim mampu menghemat penggunaan BBM jenis solar hingga 5 persen.

Untuk membuat mobil dapat berjalan, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Selain itu mobil ini juga dilengkapi transfer mode kendara 2WD dan 4WD secara elektronik yang memudahkan pengendara dalam melibas medan jalan yang berat yang dibantu oleh diferensial penguncian mekanis Eaton.

Pada sistem penggeraknya, Scorpio 4x4 ini terdapat mechanical locking differential (diferensial penguncian mekanis) yang mampu menyalurkan torsi lebih besar ke roda lainnya untuk mencegah slip, dan dapat memberikan traksi maksimum. Selain itu ada juga model 4Low untuk mengontrol mobil pada kemiringan yang lebih curam.

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 04

Mesin 2 GD FTV diesel turbo pada Toyota Hilux

Bicara Toyota Hilux, varian single cab pesaing Mahindra Scorpio ini berhasil disematkan mesin diesel 2.393 cc berkodekan 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Jantung mekanisnya tersebut mampu merilis tenaga hingga 149,6 PS @3.400 rpm serta torsi maksimal mencapai 343 Nm @1.400 – 2.800 rpm.

Sama seperti Scorpio, Hilux ini dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan yang juga dilengkapi transfer mode kendara 2WD dan 4WD (part time) with rear differential lock.

Sebagai informasi, Toyota Hiux menggunakan pengaturan easy 4x4 switch secara elektronik yang memudahkan pengguna dalam mengatur sistem penggerak yang diinginkan.

Baca juga: Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4

Single Cab: Adu Fitur Unggulan Mahindra Scorpio 4x4 Vs Toyota Hilux 4x4

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 05

Mahindra Scorpio berhasil disematkan fitur unggulan cukup lengkap

Mahindra Scorpio 4x4 bisa dibilang cukup lengkap ketika bicara soal fitur unggulannya. Dimana mobil ini sudah mendapatkan Air Conditioning, CD Player DIN 2, Steering Wheel – Tiltable, Power Window, Rear Demister, Hydraulic Bonnet Struts, Front Headlamps with Fog Lamps serta Projector Headlamps with Follow me Home Headlamps.

Toyota Hilux 4x4 diketahui sudah dilengkapi Air Conditioning (AC) yang hadir dengan beberapa mode pengaturan, sunglasses console dan steering adjustment tilt telescopic.

Single Cab: Fitur Keselamatan Mahindra Scorpio Juga Lebih Lengkap dari Mahindra Scorpio

Lebih Murah Rp56,4 Juta, Fitur Mahindra Scorpio Lebih Lengkap dari Toyota Hilux di Segmen Single Cab 06

Fitur keselamatan Mahindra Scorpio lebih lengkap dari Toyota Hilux

Bukan hanya memiliki fitur unggulan yang lebih lengkap, ternyata fitur keselamatan Mahindra Scorpio juga lebih baik dibandingkan Toyota Hilux. Dimana single cab Scorpio ini berhasil mendapatkan fitur keselamatan berupa Dual Front Air Bags, ABS,
Collapsible Steering Column, Crash Protection Crumple Zones, Fire Retardant Upholstery, Central Locking With Remote Control and Alarm.

Sedangkan Toyota Hilux diketahui hanya disematkan Dual Airbags (Driver & Front Passenger), Anti-lock Braking System (ABS) & Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan seatbelt. Mengenai sistem keamanannya, varian ini sudah dilengkapi dengan Immobilizer.

Kesimpulan

Mengenai dua kendaraan single cab di atas, melihat daripada merek, Toyota Hilux jauh lebih banyak diminati konsumen Tanah Air dibandingkan Mahindra Scorpio. Selain itu, Hilux juga memiliki tampilan yang lebih lebih atraktif, dinamis serta tenaga lebih besar dibandingkan rivalnya tersebut.

Melihat faktor lainnya, ketersediaan spare part Toyota Hilux juga sangat melimpah dan mudah ditemukan di seluruh penjuru Nusantara.

Berbeda apabila kalian mencari fitur yang lebih lengkap, dimensi bak yang lebih luas, Mahindra Scorpio bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja ketersedian spare part mobil ini tidak sebegitu banyak pesaingnya tersebut. Mengingat usia Mahindra di Indonesia baru menginjak dua tahun.

Bicara soal harga barunya, Mahindra Scorpio 4x4 ini ditawarkan lebih terjangkau dari Toyota Hilux 4x4 di kelas single cab. Bila dibandingkan, harga Scorpio terpaut lebih murah hingga Rp56,4 juta.

Selepas melihat beberapa ulasan di atas mengenai perbandingan antara Mahindra Scorpio dengan Toyota Hilux di kelas single cab 4x4, kalian tertarik untuk memilih yang mana?

Baca juga: Toyota Tundra 2022 Pakai Mesin Land Cruiser 300 dan Dirancang Jadi Toyota Hilux Generasi Berikutnya

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mahindra Scorpio Pikup Single Cab

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru