window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT?

Enda · 17 Sep, 2021 13:30

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 01

MG ZS Activate dibandro lebih murah Rp8,8 juta dari Toyota Raize GR Sport Two-tone

MG Motor Indonesia selaku agen pemegang merek MG di Tanah Air belum lama ini merilis harga ZS facelift. Sebagai varian terendahnya, MG ZS Activate dibandrol Rp269.800.000 on the road Jakarta.

Bicara mengenai harga yang ditawarkan, ZS Activate untuk saat ini diketahui lebih murah Rp8,8 juta dari Toyota Raize GR Sport CVT versi Two-tone. Dimana menurut situs resminya, mobil ini dibandrol Rp261.000.000 OTR Jakarta.

Dengan harga bandrol lebih murah, apakah MG ZS Activate bisa menggeser Toyota Raize GR Sport CVT?

Baca juga: Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan MG ZS Activate Tak Segahar Toyota Raize GR Sport CVT

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 01

Tampilan depan MG ZS Activate

Bicara megenai penampilan, sebenarnya tergantung selera. Namun bagi kami, MG ZS Activate sebagai varian terendah memiliki tampilan yang cenderung lebih kalem.

Pada bagian fascia, produk terbaru MG ini berhasil disematkan Exclusive High-gloss grille dengan tampilan heksagonal yang dipadukan bumper berpenampilan dinamis serta adanya fog lamp dengan desain menyudut.

Selain itu, tampilan lampu utama MG ZS facelift juga turut berubah dibandingkan pre-facelift, dimana desain lampunya kini lebih tajam dan pipih yang mana sudah memperoleh LED bar berbentuk panah yang saling berhadapan. Perlu Anda ketahui juga, lampu utama dari mobil ini terbilang sangat modern karena telah menggunakan LED projector.

Menilik bagian sampingnya, lekukan gaya desain yang diterima mobil ini terlihat sama seperti generasi pre-facelift. Hanya saja pada lingkar roda tipe Activate nya ini menggunakan alloy wheels berdimensi R16 inci yang dilabur dengan warna silber

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 02

Menengok buritannya, untuk stop lampnya saat ini hadir dengan lampu LED yang lebih dinamis. Bumper belakangnya pun turut mendapat rombakan untuk memberikan tampilan lebih sporty menyesuaikan dengan gaya lekukan pada fascianya.

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 03

Tampilan depan Toyota Raize GR Sport Two-tone

Melihat daripada tampilan eksterior Toyota Raize GR Sport, mobil ini menurut kami menampilkan kesan yang lebih sporty dan atraktif dibandingkan MG ZS terbaru. Hal ini dibuktikan dari penggunaan bumper depan bermodelkan trapezoid tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif.

Untuk memberikan visibilitas yang baik, sistem pencahayaan mobil ini sudah menganut teknologi LED dengan Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, dibuat lebih berkarakter, agresif dan berkelas.

Bergeser ke bagian sampingnya, varian ini memiliki tampilan kokoh khas SUV dan velg besar berukuran 17 inch model kipas berkelir hitam dengan profil ban 205/60. Pada buritannya, demi menyeuaikan tampilan depan dan sampingnya, Raize GR Sport ini mempunyai bagasi serta bumper yang berotot dan kekar.

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 04

Tampilan belakang Toyota Raize GR Sport Two-tone

Dimana pada pintu bagasinya kalian bisa melihat garnish yang membentang seolah menghubungkan stoplamp di kedua sisinya. Di bumpernya yang berpenampilan add-on, kalian juga bisa menemukan fog lamp untuk meningkatkan visibilitas pengemudi dibelakangnya.

Dimensi MG ZS Activate Lebih Besar dari Toyota Raize GR Sport?

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 05

Dimensi Toyota Raize GR Sport Two-tone lebih kecil dari MG ZS Activate

Bicara soal dimensi, Toyota Raize GR Sport tercatat memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Sedangkan wheelbasenya sendiri memiliki angka 2.525 mm.

Sedangkan MG ZS Activate secara data mempunyai panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm dan tinggi 1.628 mm. Untuk jarak sumbu rodanya 2.585 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, melihat dimensi daripada keduanya MG ZS Activate secara keseluruhan memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Toyota Raize GR Sport. Dengan begitu, tentunya akan berpengaruh pada luas kabin.

Dimensi MG ZS Activate Vs Toyota Raize GR Sport CVT
Keterangan MG ZS Activate Toyota Raize GR Sport CVT
Panjang 4.323 mm 4.030 mm
Lebar 1.809 mm 1.710 mm
Tinggi 1.628 mm 1.635 mm
Wheelbase 2.585 mm 2.525 mm

Interior MG ZS Activate Vs Toyota Raize GR Sport CVT

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 06

Interior MG ZS Activate serba hitam dengan bahan soft touch

Bila melihat bagian dalam, bentuk tampilan yang diterima MG ZS facelift varian Activate ini terlihat sama dengan generasi sebelumnya. Hanya saja nuansa interior mobil ini kini terasa semakin berkelas, berkat tema ‘Amazing Style of You’ yang diantunya.

Dimana mobil ini kini sudah mendapatkan balutan soft touch leather yang diselimuti warna hitam pada dashboard, serta new front arm rest/konsol tengah. Dengan begitu nuansa sporty akan selalu dapat Anda dirasakan.

Mengetahui fitur unggulan yang dimilikinya, pada interornya mobil ini tersematkan Follow Me Home Light, Electric Adjustable Driver Seat, head unit 10.1 inci yang mendukung format Apple CarPlay & Android Auto, Bluetooth serta memiliki kemampuan screen mirroring smartphone.

Oh iya, di mobil ini juga terdapat 2.5 Filter Air Purifying, layar 7 inch digital instrument cluster, Power Retractable Door Mirror, Roof Rail, Push Start Button, serta Immobilizered Key & Security Alarm.

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 07

Interior Toyota Raize GR Sport serba hitam dan mendapat material soft touch pada beberapa bagiannya

Melihat bagian dalam Toyota Raize GR Sport, pada dashboardnya juga berwarna hitam yang terkesan lebih modern dan sporty sekaligus juga terbilang ergonomis. Bentuk daripada panel center cluster dibuat sedikit menyerong ke arah pengemudi untuk memudahkan menjalankan beragam fitur seperti pengaturan ac digital, tombol start/stop engine serta mengatur tampilan head unit Interactive 9 Inch dengan floating design.

Baca juga: MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan?

Perlu kalian ketahui fitur entertainment yang digunakan Toyota Raize ini dapat terhubung dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Tidak hanya itu, Raize juga dilengkapi dengan layar MID 7 inch TFT display interaktif dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Bahkan, beberapa bagian interiornya seperti door trim juga telah dilapisi bahan kulit dengan tekstur soft touch.

Fitur Keselamatan MG ZS Activate Jauh Lebih Lengkap Ketimbang Toyota Raize GR Sport

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 08

Fitur keselamatan MG ZS Activate

Walaupun Activate merupakan tipe termurah dari MG ZS saat ini, mengenai fitur keselamatannya mobil ini terbilang lebih lengkap dibandingkan Toyota Raize GR Sport.

Seperti yang diketahui, MG ZS Activate telah tersematkan fitur keselamatan canggih, yang diantaranya; Body Structure : FSF (Full Space Frame), Electronic Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Hold (AVH), EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist System), HDC (Hill Descent Control System), ESS (Emergency Stop Signal), ASL (Active Speed Limit) dan ESS (Emergency Stop Signal).

Dan sebagai keselamatan standar, mobil ini juga dilengkapi Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System) EBD (Electronic Brake Force Distribution), Front Seat Belt with Pretensioners and Load Limiters, sabuk pengaman dengan 3 Titik / 3 Points Rear Seat Belts; 3 Positions, Rear Parking Sensors, Ventilation Disc Brake pada roda depan, Disc Brake di roda belakang, dan ISOFIX.

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 09

Fitur keselamatan Toyota Raize GR Sport non TSS kurang lengkap dibandingkan MG ZS Activate

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Toyota Raize GR Sport non TSS, mobil ini berhasil diaplikasikan Dual Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. 

Tanpa Turbo, Performa MG ZS Facelift Menggungguli Toyota Raize GR Sport

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 10

MG ZS dibenamkan mesin 1.5L NA dengan tenaga 114 PS

Bermodalkan mesin 15S4C DOHC 4-silinder segaris 16 Valve VTi – TECH Multi - Point Fuel Injection 1.498 cc, MG ZS facelift diketahui mampu melecutkan tenaga 114 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm @4.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan kemudian diatur menggunakan transmisi otomatis CVT 8 percepatan yang menjanjikan kenyaman berkendara secara lebih baik.

Lebih Murah Rp8,8 Juta, MG ZS Activate Bisa Menggeser Toyota Raize GR Sport CVT? 11

Mesin Toyota Raize 1.0 L turbo menghasilkan tenaga 998 cc

Bicara Toyota Raize GR Sport, tipe ini hadir dengan mesin 1.0L turbo berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc yang dapat memeras tenaga hingga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm. Sama seperti MG ZS, Raize GR Sport ini hadir dengan transmisi otomatis CVT dengan tambahan fitur paddle shit di balik lingkar kemudinya.

Kesimpulan

Dibandrol lebih murah dari Toyota Raize GR Sport Two-tone sekitar Rp8,8 juta, secara dimensi, fitur keselamatan, fitur unggulan serta performa yang dihasilkan MG ZS Activate nyatanya jauh lebih unggul. Namun untuk tampilan eksterior dan interior, menurut kami Toyota Raize GR Sport ini terkesan jauh lebih sporty dan atraktif.

Baca juga: FAQ: Hal Menarik MG ZS Facelift, Apa Sekedar Ganti Tampang Doang?

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil