Legenda Hidup Pikap di Indonesia, Mitsubishi L300 2021 Tidak Banyak Berubah Sejak 80-an

Yongki Sanjaya · 2 Des 2020 19:00

Mobil pikap seperti Mitsubishi L300 eksistensinya bisa bertahan sejak 1981 sampai 2021 dan seterusnya.

Kerap dianggap sepele, mobil pikap alias losbak ini punya peranan penting untuk angkutan barang. Mulai dari angkut sayur, bahan bangunan, dan masih banyak lagi. Tidak heran, pikap seperti Mitsubishi L300 dari tahun 80-an hingga 2021 bakal terus bertahan.

Bisa dibilang, mobil pikap adalah mobil paling minim penyegaran. Sebab, pengusaha mencari sisi durabilitas dan kemudahan perawatan untuk mobil angkutan barang mereka. Selain Mitsubishi L300, masih ada Isuzu Panther pikap dan Suzuki Carry.

Nah, nama terakhir ini terbilang baru mendapatkan penyegaran menyeluruh. Memang sih, Suzuki termasuk paling rajin melakukan update pada mobil niaga mereka, walaupun jaraknya hampir 20 tahun di model sebelumnya.

Bandingkan dengan Mitsubishi L300, pikap andalan Mitsubishi ini cuma mendapat pembaharuan desain yang minimalis. Ubahannya cuma pada bentuk lampu, sedangkan kabinnya tetap saja kotak tidak berubah. Itulah mengapa L300 ini sering dijuluki sebagai kendaraan dinas jaman Majapahit saking awetnya.

Desain mobil-mobil pikap memang membosankan, tapi jangan pernah meragukan ketangguhannya. Sebab mobil pikap adalah mobil pekerja keras. Banyak dari mobil pikap yang tetap perkasa berdinas bolak-balik antarkota dengan muatan penuh.

Hebatnya lagi, usia mobil jenis ini relatif panjang. Meski tiap hari membawa beban berat, dan bodinya sudah bonyok, tapi mesin dan kaki-kakinya masih perkasa. 

Penasaran apa saja pikap legendaris tersebut? Ini dia sosoknya. 

Mitsubishi L300 2021, Mampu Bertahan Hingga 40 Tahun 

Mitsubishi L300 jadi pikap paling minim perubahan desain sejak diluncurkan pada 1981.

 

Mitsubishi L300 merupakan mobil legendaris yang sudah terbukti ketangguhannya, dengan model yang bertahan hampir 40 tahun hadir di Indonesia. 

Hampir diseluruh daerah, kita bisa menemukan L300 alias Elsapek untuk kegiatan sehari-hari mulai dari jadi angkutan umum atau mobil angkat beban berat. Mitsubishi L300 hadir dalam berbagai versi mulai dari minibus, pikup,box hingga blindvan.

Elsapek ini di Indonesia dimulai pada 1981 atau sekitar 39 tahun lalu. Saat itu L300 baru tersedia dengan pilihan mesin bensin 1,4 liter dan setelahnya mesin diesel barulah muncul. Untuk pilihan mesin diesel baru diperkenalkan pada 1984 dengan kapasitas 1,6 liter.

Legenda hidup pikap ini sekarang hadir lewat satu pilihan sumber tenaga yakni mesin diesel 4D56 4-silinder SOHC 2,5 liter. Mesin ini sejenis dengan yang dipakai pada Pajero Sport, jadi sudah terbukti tangguh. 

Untuk L300 mesinnya menghasilkan torsi 133,4 Nm pada 2.500 rpm dan disandingkan dengan transmisi manual 5-speed. Keunggulan versi terbaru L300 tentu pada kemudahan layanan aftersales service yang dimiliki Mitsubishi di seluruh Indonesia. Pihak MMKSI juga memberikan garansi garansi 2 tahun atau 50.000 kilometer.

Mitsubishi L300 ini memiliki dimensi panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.845 mm, dengan panjang bak 2.430 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 360 mm. Untuk versi minibus ini tersedia dalam versi long chassis. versi LWB (long wheel base) alias sumbu roda panjang bisa muat hingga 15 orang bila menjadi mobil penumpang. 

Suzuki Carry 2021, Tumbuh Makin Besar dan Makin Perkasa

Suzuki Carry sudah mengaspal di tanah air sejak 1977. Sejak awal hadir di Indonesia, mobil ini sudah langsung menjadi idola para pengusaha sebagai kendaraan angkut mereka. 

Suzuki Carry yang pertama hadir di sini memiliki kode bodi ST20. Saat itu, masih memakai mesin 2 tak 3 silinder berkapasitas 550 cc yang suara mesinnya terdengar "trungtung..tung...tung". Suara inilah yang membuat Suzuki Carry disebut dengan nama Suzuki Trungtung.

Suzuki Carry sudah melewati banyak fase, dan kini ukurannya jauh lebih besar bila dibandingkan dengan era Trungtung. Sejarah Carry Pick-Up berlanjut dengan hadirnya Carry Futura Pick-up 1.3 pada 1991, serta bergabungnya lini baru di segmen komersial ini yaitu Mega Carry pada tahun 2011.

Pada 2018 Suzuki menghadirkan New Carry dengan mesin 1,5 liter dan body lebih besar. Dengan panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm, dan tinggi 1.870 mm, New Carry Pick Up 2021 diklaim mampu membawa muatan seberat satu ton dalam bak seluas 11,2 m2.

Optimalisasi muatan juga didukung oleh performa mesin terbaru K15B-C dan DOHC 16 Valve berkapasitas 1.500 cc. Ini mempertahankan ciri khas Carry sebagai mobil yang tangguh dan tetap irit bahan bakar. 

Isuzu Panther, Pikap Legendaris yang Akan Punah

Isuzu Panther 2021 terancam punah karena aturan emisi Euro 4.

Bicara soal Panther, telah lama beredar kabar kalau Isuzu Indonesia akan menghentikan produksinya. Namun, hal ini baru direalisasikan setelah peraturan emisi Euro 4 berlaku tahun depan. Artinya, Isuzu Panther pikap 2021 terancam tinggal nama. Dealer masih menjual sisa stok nantinya until sementara digantikan oleh Isuzu Traga

Sebelum kehadiran Isuzu Traga, Isuzu Panther pikap adalah mobil niaga ringan yang terkenal tangguh, irit dan perawatannya gampang. Konsepnya mirip seperti Mitsubishi L300 yang begitu perkasa tak lekang waktu.

Namun demikian, Isuzu Panther tidak setangguh L300 dalam urusan kaki-kaki. Kita bisa merasakan beberapa gejala, seperti kendaraan kurang stabil, terasa limbung dan berayun tanpa adanya peredaman. Kerusakan biasanya terjadi pada balljoint, tierod atau suspensi akibat perilaku berkendara yang kasar.

Kesimpulan

Mobil pikap mungkin sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Wajar saja, mobil ini fungsinya hanya untuk alat angkut barang dan kadang dimodifikasi sebagai angkot. Orang pun tidak mempedulikan soal desainnya, namun bila bicara daya tahan beda cerita.

Ketiga pikap di atas mampu bertahan selama beberapa generasi, bahkan untuk L300 ini desainnya cuma beda di lampu depan saja dari tahun 1980-an sampai sekarang. Namun demikian, sisi mesin tetap mendapat upgrade seiring kebutuhan pengguna di segmen niaga.

 

Komentar

Mobil Terbaru