Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan

Evan · 14 Okt, 2021 20:01

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 01

Setelah hanya beredar dalam bentuk gosip, Lexus LX 600 2022 akhirnya secara resmi diperkenalkan kepada publik global. Meluncur dalam bentuk generasi keempat Lexus LX. SUV ini menggunakan platform baru TNGA-F yang juga dipakai oleh Toyota Land Cruiser 300 2021.

Menawarkan powertrain baru, fitur offroad memukau dan interior laksana rumah mewah, pastinya mobil satu ini bakal jadi mobil kerja orang kaya tanah air. Di generasi ini juga, nameplate dari LX570 berubah menjadi LX600.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 02

Lexus LX600 F-Sport

Lexus LX 600 terbaru ditawarkan dalam empat pilihan trim, yakni Standard, Premium, Luxury, Ultra Luxury, dan F Sport. Masing-masing konfigurasi tentunya mempunyai kelebihan, menyesuaikan keinginan konsumen soal fitur mewah serta mengakomodir jumlah penumpang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jika mau privasi lebih, varian Ultra Luxury membatasi hanya empat penumpang, sebaliknya akomodasi tujuh seater ada di tipe Premium, Luxury, dan F Sport. Apabila mengincar bagasi luas, silahkan pilih model LX Standard.

Meski belum ada harga resmi yang tertera, tapi menurut bocoran Lexus tengah mempercepat alur produksi LX 600, sehingga kemungkinan bisa sampai ke tangan konsumen di kuartal pertama 2022.

Baca juga: Toyota Indonesia Juga Siap-siap Bawa Lexus LX 600 2022, Versi Mewahnya Land Cruiser 300

Tampilan Luarnya Familiar, Pakai Gril Besar Jadi Makin Tegas 

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 01

Dari depan masih mirip pendahulu

Lexus paling besar ini semakin mudah dikenali sebagai LX, karena desainnya yang mayoritas tetap dipertahankan dari generasi ketiga.

Ada beberepa elemen baru di bagian depan, misalnya lampu utama yang makin tipis, lengkap dengan LED DRL boomerangnya. 

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 02

Spindle gril makin besar

Masih dari bagian fascia, gril milik LX 600 makin besar, memanjang dari atas kebawah, tentu dengan model Spindle khas Lexus kekinian.

Di versi F sport, bagian gril tadi diubah jadi lebih sporty lewat penambahan piano black, berbeda dari normalnya yang justru menyiratkan kesan tegas.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 03

Kaca pilar D membantu desain LX

Karena masih satu basis dengan Land Cruiser 300, desain bagian samping LX 600 seakan bak pinang dibelah dua, hanya saja berkat kaca pilar D yang lebih landai, menjadikan desainnya sedikit lebih sporty dan tidak kaku.

Lexus menghadirkan tiga model pelk yang bisa dipilih oleh konsumen, masing-masing berukuran 18 hingga 22 inci.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 04

Bagian belakang jadi ubahan menarik

Desain buritan mungkin jadi yang paling memikat dari LX 600. Meninggalkan lampu kombinasi belakang model biasa, LX600 sekarang memiliki stoplamp dengan model memanjang dari kiri kekanan, memenuhi seluruh bodi kendaraan dan terlihat menyatu layaknya LED Bar.

Lambang kebesaran Lexus L juga digantikan oleh script ejaan Lexus, kesannya jadi lebih mewah. Tak lupa bodykit model baru yang dihiasi krom dan sedikit body cladding.

Interior LX 600 Lebih Mewah dan Banyak Layar 

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 05

Interior makin mewah dan minimalis

Lain halnya bagian luar yang masih erat desain bawaan LX sebelumnya, perubahan di bagian kabin justru signifikan, dan kelihatannya mampu menyaingi saingan berat dari Eropa, yakni Mercedes-Benz GLS Class.

Dashboardnya juga tampil minimalis, ditambah dengan penggunaan material kelas wahid dan corak warna dual tone yang modern.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 06

Dua layar tersusun rapi

Pertama soal layarnya, LX 600 sekarang memiliki pengaturan layar sentuh ganda pertama bagi Lexus. Berdimensi masing-masing 12,3 inci dan 7 inci, kedua layar ini memiliki tugas masing-masing.

Segala model kecanggihan digital memang ditonjolkan Lexus khusus di tipe LX, dan tidak berbagi dengan saudaranya Land Cruiser.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 07

Pengaturan layar offroad

Layar atas yang berukuran 12,3 inci bertugas menampilkan layar infotainment, termasuk juga navigasi dan konektivitas duo Apple Carplay Android Auto.

Sedangkan layar yang lebih kecil, mempunyai fungsi untuk menampilkan mode offroad lengkap dan juga pengaturan arah semburan AC.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 08

Panel instrumen digital LX, dibuat seperti analog

Belum lagi panel instrumen yang juga ikutan jadi digital, menampilkan segala jenis kontrol dan informasi yang diperlukan pengemudi, kedalam layar berukuran 8 inci.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 09

Seperti S-Class versi jangkung

Jika mengambil opsi Ultra Luxury maka tempat duduk tengah baris kedua akan berubah jadi sebuah konsol, lengkap dengan fitur Wireless Charging, Armrest, Cupholder, dan satu tablet untuk mengatur power footrest.

Nantinya kursi depan kanan akan maju dan memberikan ruang kaki yang lega bagi si bos yang duduk di belakang.

Baca juga: Jangan Sampai Dianggap Kembar, Ini Kelebihan Lexus LM350 Dibanding Toyota Alphard

Performa Offroad Meningkat, Ada Lexus Safety System+ 2.5 

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 10

Ketinggian suspensi bisa diatur

Meski adalah sebuah Lexus, tetap ada DNA Land Cruiser di LX600 terbaru. Buktinya lewat empat pengaturan ketinggian kendaraan (AHC) yang bisa dipilih, mulai dari rendah hingga ketinggian offroad.

Fitur-fitur sejenis Crawl Control, Downhill Assist Control (DAC), dan Multi Terrain Select(MTS) masih terus digunakan menemani mode 4WD, serta meringankan kerja pengemudi saat berada di jalan rusak. 

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 11

Fitur-fitur offroad juga berlimpah

Di LX600 ada enam pilihan mode berkendara offroad, yakni Dirt, Sand, Mud, Deep Snow, Rock, dan Auto Mode.

Di tiap mode, ECU akan menyesuaikan tekanan rem hidrolik dan pedal gas agar bekerja lebih lembut. Melibas banjir pun tidak jadi masalah, karena klaim Lexus Water Wading LX 600 di 700 mm.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 12

Sistem keselamatan tetap wajib

Sistem keselamatan juga ditingkat, lewat penggunaan Lexus Safety Sistem+ 2.5 yang menawarkan berbagai teknologi Driving Assistance seperti  Automatic Emergency Braking, Intelligent High Beams, Lexus Radar Cruise Control, Lane Departure Alert dan Roadside Assist.

Indonesia Juga Akan Kebagian

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 13

Mesin 3.500cc V6, torsinya gede

Lexus membenamkan mesin baru yang berkapasitas lebih kecil dari model sebelumnya. Sekarang ditenagai mesin bensin 3.500cc berkonfigurasi V6 V35A-FTS Twin Turbo.

Mampu menghasilkan output keluaran 415 PS dan torsi maksimum sebesar 650 Nm. Mesin baru ini juga digunakan pada seri Land Cruiser 300.

Melalui teknologi D-4ST (Direct Injection 4 Stroke Turbo), mesin ringkas ini mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi ketimbang mesin V8 pada LX 570.

Torsi juga meningkat jauh, sehingga dalam keadaan stop and go, LX 600 lebih sigap dan terasa tidak terasa underpower.

Lexus LX 600 2022 Akhirnya Meluncur, SUV Powerful dan Senyaman Sedan 14

Mungkinkah harganya naik ratusan juta?

Menurut bocoran, versi hybridnya juga bakal meluncur tahun depan dengan nama LX 600h. Menggunakan bantuan satu baterai dan dua motor listrik untuk menggerak mobil.

Selain itu Indonesia juga jadi salah satu negara tujuan LX600, setelah bocoran NJKB-nya memperlihatkan tiga model akan dimasukkan Lexus Indonesia, yakni tipe Standard, F-Sport, dan VIP yang kemungkinan besar adalah tipe Ultra Luxury di negara lain.

Baca juga: Prediksi Mobil Baru 2022: Ada Suzuki Jimny 5 Pintu dan Nissan X-Trail Baru

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Lexus LX 570

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru