Lexus NX 2022 Meluncur di Atas Platform TNGA, Dijejali Teknologi PHEV Pertama dari Lexus

Wilko · 14 Jun, 2021 08:00

Lexus NX 2022 Meluncur di Atas Platform TNGA, Dijejali Teknologi PHEV Pertama dari Lexus 01

Tampilan menggoda All-New Lexus NX 2022

Crossover All-New Lexus NX 2022 yang menjadi generasi kedua Compact SUV Lexus resmi diluncurkan dengan menggunakan platform TNGA terbaru Toyota. SUV Premium ini juga mengemas powertrain Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Model ini merupakan pengembangan dari generasi pertama NX yang memulai debutnya pada tahun 2014.

Eksterior Agresif

Membedahnya dari sisi eksterior, Lexus NX 2022 yang merupakan mobil eksklusif yang tetap mempertahankan wajah mewahnya dengan grill spindle yang lebih besar. NX anyar ini juga mendapatkan fasia depan yang lebih agresif yang mengapit lampu depan LED yang tajam, sekaligus mengintegrasikan daytime running Lamp (DRL) berbentuk L, khas Lexus.

Bagian belakang Lexus NX 2020 mendapat lampu ekor baru yang mengalir membusur di bahu mobil dipadu dengan lampu sein berbentuk L dan skrip 'Lexus' dengan font baru yang menggantikan logo 'L' yang terletak pada bootlid. 

Lexus NX 2022 Meluncur di Atas Platform TNGA, Dijejali Teknologi PHEV Pertama dari Lexus 02

Kabin mewah dan lebih lapang

Dimensi Lebih Besar

Lexus NX teranyar tak hanya hadir dengan tampilan baru yang semakin menggoda. Ia juga datang dengan dimensi baru yang memiliki ukuran lebih bongsor dari pendahulunya. Secara rinci Lexus NX 2022 memiliki panjang 4.660 mm lebih panjang 20 mm, lebarnya 1,865 lebih lebar 20 mm dan tinggi 1.640 atau bertambah 5 mm. Dengan ukuran lebih besar, ia mendapat jarak sumbu roda 2.690 mm bertambah 30 mm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Beralih ke sisi interior, Lexus NX 2022 juga mendapat tampilan baru dengan konsep 'Tazuna' yang memberikan perubahan besar hampir pada setiap aspek, tampilan dan fungsinya. 

Baca juga: Belum Juga Meluncur, SUV Lexus NX Terbaru ini Malah Sudah Dapat Kritik

Sistem Infotainment Mewah

Salah satunya adalah ubahan pada konsol tengah yang sekarang dilengkapi dengan sistem infotainment layar sentuh Lexus Interface baru yang dirancang sendiri oleh Lexus, menggantikan pengaturan touchpad. Bila semula hanya menggunakan layar 9,8 inci sebagai standar kini menjadi 14 inci. Layar pun diletakan condong ke arah pengemudi, sehingga terintegrasi dengan baik ke dalam desain dasbor.

Bagian lain yang menonjol adalah sistem pengaturan iklim otomatis yang bisa diatur melalui layar digital, termasuk penyetelan kaca depan dan cermin dalam mobil. Selain itu, mereka meletakan pot USB untuk charger dan tambahan tempat penyimpanan pada bagian konsol.

Lexus NX 2022 Meluncur di Atas Platform TNGA, Dijejali Teknologi PHEV Pertama dari Lexus 01

Entertainment dengan konektivitas internet

Ragam Koneksi Internet

Pada sistem infotainment Lexus NX 2020 didukung koneksi Wi-Fi yang bisa mengakomodir Apple CarPlay atau Android Auto, bahkan Baidu CarLife, sehingga pengguna dapat mengakses hiburan sesuai dengan keinginannya melalui smartphone.

Melengkapi entertainmentnya, mobil ini dilengkapi Lexus Premium Sound System yang terdiri dari 10 speaker, termasuk subwoofer internal. Agar kualitas suara lebih jernih mereka juga menawarkan Mark Levinson 7 Premium Surround Sound System, yang dilengkapi dengan 17 speaker.

Untuk kenyamanan berkendara pada malam hari, ia mengaplikasikan pencahayaan ambient 64 warna, serta fungsi Touch Tracer Operation yang baru. Perangkat ini menggabungkan tampilan head-up dengan sensor sensitif yang diatur dari roda kemudi, sehingga memungkinkan pengemudi dapat mengontrolnya tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

Baca juga: Lexus NX PHEV Siap Mengaspal Tahun Depan, Masih Ada 10 Model Lain Tahun Berikutnya

Lexus NX 2022 Meluncur di Atas Platform TNGA, Dijejali Teknologi PHEV Pertama dari Lexus 02

Sasis dan powertrain berbasis TNGA

Pakai Platform TNGA-K

Lexus NX 2022 didukung platform TNGA-K yang sama dengan Toyota Harrier, Toyota RAV4, Toyota Camry, dan Lexus ES dan model lainnya. Di sini Lexus menawarkan 7 kombinasi powertrain berbeda di seluruh jajaran, menggunakan mesin Dynamic Force.

Salah satunya adalah NX450h+ sebagai model dengan plug-in hybrid pertama Lexus yang menggendong mesin empat silinder 2.5 liter Atkinson-cycle berkode A25A-FXS didukung dengan dua motor listrik dan baterai lithium-ion berkekuatan 18,1 kWh.

Opsi mesin lainnya adalah turbo 2.4 liter yang baru dikembangkan dengan kode T24A-FTS, mesin ini yang kemungkinan akan dipakai Lexus NX 2022. Sementara ada juga opsi untuk penggerak roda depan atau semua roda atau e-FOUR. Sejauh ini Lexus belum mengutarakan berapa daya yang dihasilkan dari pilihan mesin-mesin ini.

Baca juga: Lexus RX Facelift Akan Lahir Bulan Juli 2021, Pakai Teknologi Anti Virus

Lexus NX 2022 Meluncur di Atas Platform TNGA, Dijejali Teknologi PHEV Pertama dari Lexus 03

Fitur canggih mendeteksi pergerakan orang

Pembaruan LSS+ Lebih Aman

Dari segi keamanan, mobil ini akan dibekali dengan Lexus Safety System+ (LSS+) yang diperbarui dengan berbagai teknologi yang dibawanya seperti pengereman Darurat Otonom (AEB), Adaptive Cruise Control (ACC) sebagai kontrol kecepatan, Lane Departure Alert (LDA) untuk pengontrol lajur, Lane Tracing Assist (LTA), Road Sign Assist (RSA), dan Proactive Driving Assist (PDA)

Sistem pengereman darurat (AEB) yang dalam bahasa Lexus disebut sistem pencegahan kecelakaan, kini memiliki cakupan yang lebih luas termasuk menghindari pejalan kaki, pengendara sepeda motor, dan kendaraan yang berlawanan hingga berjalan searah.

Sementara untuk fitur ACC, sekarang mampu mendeteksi tikungan dengan lebih baik, dan LTA dikembangkan untuk mendukung kemudi lebih nyaman. Di sisi lain, PDA lebih merupakan sistem peringatan yang menampilkan pesan peringatan ketika mobil menghadapi bahaya.

Di Indonesia, Lexus NX 2022 ini pasti akan diperkenalkan kepada para konsumen setia merek premium asal Jepang ini. Dan seperti pendahulunya, kami yakin Lexus Indonesia akan menyuguhkan opsi tertinggi bagi Lexus NX 2022, termasuk opsi jantung pacu elektrifikasi seperti yang ditawarkan oleh Lexus melalu model Lexus UX300e yang sudah diperkenalkan lebih dulu di Indonesia.

Baca juga: Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Toyota di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru