Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX?

Prasetyo · 15 Des, 2021 08:05

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 01

  • Lexus RZ 2022 debut global tahun depan
  • Versi mewah dari Toyota bZ4X

Toyota baru saja mengumumkan mobil listrik terbarunya yang kini berwujud Lexus RZ 2022. Mobil ini akan menjadi lini electric vehicle (EV) Toyota secara global. Apa hebatnya Lexus RZ 2022?

Diperkenalkan saat berlangsungnya Media Briefing on Battery EV Strategies, Lexus RZ dianggap sebagai versi mewah dari Toyota bZ4X yang sudah lebih dulu muncul.

Menurut Toyota, mobil listrik terbarunya ini akan memberikan pengalaman berkendara yang benar-benar baru dan mendefinisikan standar baru Lexus untuk kendaraan listrik yang menggabungkan kenyamanan dan kinerja dinamis.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 01

Media Briefing on Battery EV Strategies yang dilakukan secara online

Walau sudah diumumkan, tetapi Toyota rencananya baru akan melakukan debut global Lexus RZ tahun depan. Untuk jadwalnya masih dirahasiakan. Demikian pula soal teknologi apa yang terkandung di dalamnya, belum banyak dibicarakan oleh pabrikan Jepang ini.

Baca juga : Lexus Indonesia Perkenalkan LF-30 Electrified Concept dan Lexus ES Hybrid di GIIAS 2021, Harganya 'Cuma' Rp1,127 M

Desain Lexus RZ Masih Mempertahankan Gaya Klasik Lexus

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 02

Calon SUV listrik Lexus

Tidak banyak informasi yang diungkap mengenai Lexus RZ 2022. Yang ditampilkan cuma sosok luarnya saja. Bagian mukanya terlihat masih mempertahankan bentuk spindel klasik ala Lexus. Hanya saja gril dan kisi-kisi aliran udara ke ruang mesin kini ditutup sebagaimana layaknya desain fascia depan mobil listrik pada umumnya.

Lampu utama juga masih terlihat tajam, serta dilengkapi Daytime Running Light (DRL) LED. Kalau kita melihat bentuk lampu depan ini sedikit mirip dengan kepunyaan Lexus RX. Bedanya, di bagian bawah lampu dicat dengan hitam gloss.

Akan Jadi Penerus Lexus RX?

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 03

Lexus RX 2021

Di bagian samping, garis atap memiliki lengkung yang mengalir dinamis. Kecuali pilar A, semua pilar di cat hitam yang memberikan kesan atap mengambang. Lagi-lagi desain seperti ini mirip dengan Lexus RX.

Tapi mobil baru ini menggunakan desain garis pinggang ganda. Yang pertama ada garis yang memanjang dari spatbor depan hingga ke tengah bodi tepatnay di bawah pilar B. Sementara garis kedua melanjutnya dengan posisi sedikit di bawahnya sehingga menciptakan efek benturan yang sangat dinamis.

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 04

Bagian samping Lexus RZ 2022

Supaya mengentalkan nuansa crossover atau SUV kompak, bibir fender diberi aksen black gloss. Demikian pula di bagain bawah pintu ada tambahan sideskirt juga dengan warna serupa. Ini senada dengan desain velg yang juga pakai kombinasi silver dan hitam.

Baca juga : Lexus RX Facelift Akan Lahir Dua Bulan Lagi, Pakai Teknologi Anti Virus

Pakai Nama Lexus RZ 450e?

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 05

Toyota bZ4X

Pada bagian belakang, RZ menggunakan lampu LED yang cukup unik. Kemudian di bagian atapnya dipasang spoiler. Tetapi di bagasi juga ada sedikit tambahan duck tail. Sayangnya untuk bagian interior tidak ada foto yang ditunjukkan pihak Toyota.

Sementara perihal tenaganya, jika memang RZ berbagi teknologi dengan Toyota bZ4X, maka kemungkinan besar kekuatan baterai dan motor listriknya akan mirip. Sebagai catatan, bZ4X menggunakan baterai 72,8 kWh dengan motor listrik berdaya 215 PS. Baterai ini sanggup menggerakkan mobil sejauh 350 kilometer sampai benar-benar kehabisan daya listrik.

Meski demikian, dikutip dari Autohome, Lexus telah mendaftarkan merek dagang "RZ 450e" di Amerika Serikat, Eropa, dan Austraia. Bahkan langkah ini sudah dilakukan Lexus sejak 2020. Itu mengindikasikan kalau mobil listrik Lexus ini boleh jadi akan pakai nama Lexus RZ 450e.

Toyota Tak Ingin Lagi Jual Mobil Berbahan Bakar Minyak

Lexus RZ 2022 Calon SUV Listrik Mewah yang Rilis Tahun Depan, Jadi Pengganti Lexus RX? 06

Lini produk elektrik Toyota dan Lexus di masa depan

Melalui acara tersebut, Toyota juga menegaskan perusahaan ini telah menginvestasikan lebih dari 2 triliun Yen. Dana sebesar itu demi pengembangan baterai dan fasilitas produksi kendaraan elektrik mereka di seluruh dunia.

Hal tersebut sejalan dengan target Toyota dan Lexus untuk menjual 3,5 juta kendaraan listrik di tahun 2030. Sementara khusus brand Lexus, Toyota juga menargetkan bakal menguasai seluruh segmen dengan model EV dalam waktu kurang dari sepuluh tahun ke depan.

Baca juga : Lexus NX 2022 Antre Masuk Indonesia, Varian Hybrid Harganya Bakal Lebih Murah

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Lexus RX 300 Luxury

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru