Lightyear One, Mobil Tenaga Surya Hasil Kolaborasi Bridgestone Dan Lightyear

Dhoni · 5 Mei, 2021 09:00

Lightyear One adalah mobil elektrikfikasi bertenaga surya jarak jauh pertama di dunia sebagai bukti hasil kolaborasi Bridgestone dan Lightyear yang kabarnya akan dijual bebas. Khusus pada mobil bertenaga panas matahari ini, Bridgestone menyediakan ban khusus untuk Lightyear One.

Lightyear One, Mobil Tenaga Surya Hasil Kolaborasi Bridgestone Dan Lightyear 01

Lightyear One, Mobil Surya Hasil Kolaborasi Bridgestone Dan Lightyear

Lightyear One merupakan hasil cerminan ajang Bridgestone World Solar Challenge, yaitu sebuah perlombaan melintasi pedalaman Australia sepanjang 3.000 km yang mendorong limit inovasi dan teknologi dari mobilitas bertenaga surya.

Dengan mengunakan ban buatan Bridgestone, Lightyear dapat menempuh jarak 725 km sehingga berhak menyandang sebagai mobil listrik yang hemat energi. Bahkan kemampuannya dikatakan lebih hemat 3 kali lipat dibanding mobil berteknologi elektrifikasi konvensional dipasaran. Lightyear One dijadwalkan akan mulai dipasarkan pada akhir tahun ini.

Lightyear One, Mobil Tenaga Surya Hasil Kolaborasi Bridgestone Dan Lightyear 02

Performa mengesankan dari Lightyear One berkat koefisien aerodinamis terbaik dari setiap mobil yang sudah diproduksi hingga saat ini, dengan peningkatan substansial di berbagai desain kendaraan. Namun tentunya ban sebagai bagian yang menyentuh permukaan aspal harus menawarkan hambatan yang rendah dan ringan. Kebutuhan dari Lightyear One dijawab Bridgestone melalui ban Turanza-Eco.

Emilio Tiberio, COO & CTO Bridgestone EMIA (Europe, Russia, Middle East, India and Africa), menjelaskan, “Melalui Lightyear One, membuat kami bersemangat untuk berperan dalam proyek Lightyear One. Bridgestone berkomitmen untuk mengurangi 50% emisi CO2 pada tahun 2030 dan menggunakan 100% bahan yang berkelanjutan pada tahun 2050 dan kemitraan strategis yang sangat penting untuk mencapai tujuan ini.”

Ban Turanza-Eco merupakan hasil dari gabungan teknologi evolusioner ban ringan ENLITEN dan teknologi ologic untuk pertama kalinya. Keunggulannya dapat membuat bobot dengan penggunaan bahan mentah selama proses produksi dan disain telapak yang inovatif, diameter lebih besar, tekanan inflasi tinggi dan desain ramping.

Untuk membedakan dengan tipe ban mobil pada umumnya, Turanza-Eco untuk Lightyear One telah diberikan tambahan logo EV. Bridgestone EV akan menjadi simbol bagi ban mobil yang akan digunakan khusus pada kendaraan listrik. Ban mobil ini dipastikan telah lolos pengujian menyesuaikan persyaratan dari pabrikan mobil untuk daya baterai, kontrol kendaraan, dan masa pakai ban.

Lightyear One, Mobil Tenaga Surya Hasil Kolaborasi Bridgestone Dan Lightyear 03

Lex Hoefsloot selaku CEO Lightyear juga menambahkan, “Kami sangat senang melihat kolaborasi antara Bridgestone dan Lightyear ini, dengan dua perusahaan yang berbagi visi yang sama untuk mobilitas berkelanjutan di masa depan dapat bersatu. Dunia sudah mengalami perubahan dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan melalui inovasi serta teknologi mutakhir, kita dapat bekerja sama untuk menangkap peluang langsung dan menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. ”

Jadi selama ada sinar matahari, Lightyear One dapat melaju kemana pun. Berpetualang semakin menyenangkan dan tidak menimbulkan pencemaran udara.

Komentar