window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC?

Enda · 5 Nov, 2021 09:03

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 01

Base model Suzuki S-Presso GL

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di hari pertama GIIAS 2021 nanti akan memperkenalkan dua produk terbarunya. Diprediksi kuat satu modelnya yang akan diluncurkannya adalah Suzuki S-Presso.

City car berpenampilan crossover garapan Maruti Suzuki India ini sebelumnya telah terdeteksi diajukan hak paten ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham Republik Indonesia pada Maret 2021.

Sama seperti beberapa produk Suzuki mobil lainnya, S-Presso nantinya akan ditawarkan varian GL yang merupakan base model.

Baca juga: Haval Sodorkan H6S, Coupe SUV yang Lebih Murah dari Wuling Almaz RS

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai Base Model, Tampilan Suzuki S-Presso GL Terlihat Begitu Sederhana

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 01

Tampilan samping Suzuki S-Presso GL

Memiliki bentuk yang unik, untuk tipe terendahnya Suzuki S-Presso dibuat begitu sederhana. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian fascianya S-Presso GL masih mengandalkan bohlamp halogen yang dibuat menyatu dengan lampu sein-nya.

Untuk grillnya sendiri dilabur dengan warna hitam, yang mana terlihat begitu polos tanpa adanya tambahan aksen krom maupun sentuhan warna khusus. Di kedua ujung bumpernya terdapat lekukan bentuk yang mana pada tipe teratasnya dimanfaatkan sebagai tempat diletakannya lampu Daytime Running Light (DRL) LED.

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 02

Bagian belakang Suzuki S-Presso GL

Melihat sisi sampingnya, Suzuki S-Presso GL juga terihat sederhana. Pada bagian lingkar rodanya, tipe terendah S-Presso mengandalkan velg kaleng berukuran 145/80 R13 yang ditutupi dop berwana silver. Pada dinding pintunya, varian ini juga dibiarkan polos tanpa dilengkapi dengan side moulding maupun side skirt. Meski demikian cover spionnya telah dicat senada dengan warna body agar terlihat dinamis.

Mengok bagian buritan, varian terendah S-Presso tidak dilengkapi dengan high mount stop lamp, spoiler dan sensor mundur. Meski begitu, tipe GL sudah mendapatkan reflektor yang dapat memberikan visibilitas kepada pengemudi dibelakangnya.

Sebagai informasi, Suzuki S-Presso telah menggunakan platform Heartect-K yang juga digunakan untuk membuat mobil kei car di Jepang. Secara dimensi, mobil ini mempunyai panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.564 mm. Untuk jarak sumbu roda sendiri tercatat 2.380 mm.

Bagian Dalam Suzuki S-Presso GL Didominasi dengan Warna Hitam

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 03

Interior Suzuki S-Presso GL

Melihat daripada interiornya, Suzuki S-presso GL didominasi dengan warna hitam tanpa adanya sentuhan warna khusus. Pada bagian dashboard yang dibuat model bertingkat, kalian bisa menemukan panel instrumen digital yang diletakan di tengah tepat berada di atas head unit 7 inci dengan layar sentuh.

Baca juga: Bukan Mercedes-Benz S-Class, Presiden Jokowi Lebih Tertarik Pakai Alfa Romeo Stelvio di KTT G20

Di bawah sistem infotaimentnya tersebut, terdapat beberapa tombol pengaturan untuk menjalankan fitur, dimana untuk pengaturan AC sendiri masih model knob putar. Oh iya, di bawah tombol pengaturan AC kalian juga dapat menemukan tegangan listrik 12V yang mana bisa disambungkan menggunakan alat untuk mengisi daya pada gawai. Tepar disampingnya terdapat port USB dan AUX yang juga terintegrasi dengan sistem infotaimentnya.

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 04

Menaikan dan menurunkan kaca belakang masih model engkol

Perlu kalian ketahui, tipe terendah Suzuki S-Preeso ini belum dilengkapi dengan elektrik mirror. Untuk mengatur kaca spionnya menggunakan tuas yang digerakan dari dalam. Meski demikian, untuk menaikan dan menurunkan kaca samping bagian depannya sudah dilengkapi dengan power window. Namun tidak di baris keduanya, dalam menaikan dan menurunkan kacanya masih memakai model engkol.

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 05

Bagasi Suzuki S-Presso

Untuk konfigurasi joknya, Suzuki S-Presso mampu menampung hingga 5 orang sekaligus. Namun demikian kami belum bisa menentukan apakah posisi duduk yang diterima sudah cukup nyaman atau belum. Bicara kapasitas bagasi, mobil ini memiliki volume 239 liter yang mana bisa diperbesar lagi dengan cara melipat sandaran pada punggung jok belakangnya.

Fitur Keselamatan Suzuki S-Presso Terbilang Lengkap?

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 06

Fitur keselamatan Suzuki S-Presso GL

Selain Heartect-K platform, Suzuki S-Presso mendapatkan fitur keselamatan berupa dual SRS airbag, ABS + EBD, seatbelt reminder (Dr+Co. Dr) with buzzer, reserve parking sensor, speed alert system, pedestrian protextion, crash compliance, shild proof rear door lock, dan ISOFIX.

Suzuki S-Presso Mengandalkan Mesin Karimun Wagon R

Lihat Lebih Dekat Tipe Terendah Suzuki S-Presso, Mampukah Mencuri Perhatian Calon Pembeli LCGC? 07

Suzuki S-Presso dibenamkan mesin K10B 996 cc 3-silinder segaris

Bicara jantung pacu, Suzuki S-Presso dibenamkan mesin K10B sama seperti yang digunakan Karimun Wagon R. Secara data di atas kertas, mesin berkubikasi 996 cc 3-silinder segaris Multi-Point Injection VVT, ini mampu memeras tenaga hingga 69 PS @5.500 rpm dan torsi puncak mendapai 90 Nm @3.500 rpm. 

Mengenai tingkat percepatannya, S-Presso ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan AGS (Auto Gear Shift). Untuk konsumsi bahan bakar yang diterimanya, Suzuki mengklaim bahwa S-Presso mampu meraih jarak hingga 21,4 km/liter. 

Baca juga: Toyota Camry 2022 dengan Varian Lengkap Rilis di Thailand, Kalau Buat Indonesia di GIIAS?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil