Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

Yongki Sanjaya · 13 Apr, 2021 16:00

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 01

Honda HR-V hingga saat ini menjadi crossover terlaris, dan bakal semakin laris lagi karena mendapat relaksasi PPNBM dari pemerintah. Sebagian masyarakat lupa, kalau HR-V ini punya rival sepadan asal merek Jepang yang harganya setara. Bahkan bila membandingkan secara built quality hingga fitur, Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 tak kalah menarik daripada jagoan Honda tersebut.

Nasib berkata lain kepada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5, Karena keduanya tidak masuk program relaksasi PPNBM. Pasalnya, SX4 diimpor dari India dan CX-3 SPORT 1.5 berasal dari Jepang. Statusnya sebagai mobil impor lebih menjamin soal built quality yang kokoh.

Honda HR-V cenderung lebih dipilih karena brand Honda yang jadi simbol status orang Indonesia. Honda sejak lama menjadi brand Jepang yang melambangkan orang kaya atau orang sukses. Istilahnya kalau punya duit banyak, orang pasti beli Honda.

Baca juga:

Makin Murah, Mazda CX-3 SPORT Kini Dapatkan Mesin 1.5 Liter, Harga Rp339,9 Juta!

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos?

Namun kita tidak membahas kelemahan HR-V, karena kali ini akan membahas alternatif HR-V yang punya fitur tak kalah lengkap. Seperti apa sih hebatnya Suzuki SX4? Unggul mana kalau kita bandingkan dengan Mazda CX-3 SPORT 1.5?

Mazda CX-3 SPORT 1.5, Kemewahan Ala Eropa dengan Taste Jepang

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 02

Mazda telah bertransformasi menjadi merek Jepang yang  premium dan mewah. Walaupun CX-3 SPORT 1.5 bukan mobil premium, namun crossover ini memiliki aura yang mewah dari bahasa desain KODO khas Mazda. 

Bagi sebuah mobil Jepang, produk garapan Mazda kini punya build quality yang semakin baik. Fitur dan kemewahannya tak kalah dengan produk Eropa. Sebagai mobil Asia, rancangan desain maupun konsep CX-3 memiliki cita rasa dan filosofi mobil Jepang. 

Mazda CX-3 SPORT 1.5L dibanderol dengan harga Rp339.900.000 (on the road DKI Jakarta). Varian baru Mazda CX-3 ini memang dipersiapkan sebagai crossover yang menyuguhkan nuansa sporty yang kental. Perbedaan dengan CX-3 2.0 hanyalah pada sektor mesinnya saja. 

Di bagian interior, New Mazda CX-3  1.5 liter mendapatkan paduan bahan kulit sintetis dan fabric yang membuatnya tampil lebih agresif. Selain itu, pada kursinya mendapatkan teknologi 7-G Mazda terbaru. Struktur kursi mampu menopang tubuh pengemudi dan penumpang dengan lebih baik untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Mesin Baru SKYACTIV-G 1.5, Irit dan Bertenaga

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 03

Mazda CX-3 SPORT 1.5 memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan khas Mazda yang sporty. Crossover SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini juga mendapatkan opsi jantung pacu baru. 

SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini mengusung mesin SKYACTIV-G 1.5, berkonfigurasi 4-silinder 1.5 liter dengan tenaga puncak 111 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. Mazda hanya menyediakan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-speed sebagaimana varian 2.0.

Sensasi Sporty dan Fun To Drive di Mazda CX-3 SPORT 1.5, Kalah Tenaga Menang Handling

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 04

Mazda tetap memberikan keunggulan teknologi SKYACTIV pada Mazda CX-3 SPORT 1.5. Crossover ini memberikan kesenangan berkendara yang sama dengan varian yang bermesin lebih besar. 

Walaupun kapasitas mesinnya lebih kecil, adanya G-Vectoring Control membuat pengendalian yang disuguhkan oleh varian baru ini akan serupa dengan varian sebelumnya yang lincah dan presisi saat bermanuver. Walau patut kita akui kalau Honda HR-V tenaga mesinnya paling besar. 

Mesin 1.5L 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW menghasilkan tenaga sebesar 120 PS/6.600rpm dan torsi 145 Nm/4.600rpm. Hal inilah yang bagi sebagian masyarakat melihat sisi fun to drive Honda dianggap lebih baik. 

Fitur Hiburan dan Konektivitas di Mazda CX-3 SPORT 1.5, Lengkap Tapi Bukan yang Istimewa 

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 05

Untuk dukungan fitur hiburan pada CX-3 kini juga telah mendapatkan kemampuan koneksi nirkabel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Penggunaan fitur Head-Up Display pada Mazda ini cukup canggih dan merupakan satu-satunya dikelasnya. 

Dukungan fitur Blind Spot Monitoring, menambah keamanan pada saat berkendara ketika kita hendak berpindah lajur. Tidak lupa juga fitur Parking Sensor yang memudahkan pengendara pada saat akan parkir.

Untuk perlindungan pengemudi dan penumpang pada saat terjadinya kecelakaan, New Mazda CX-3 SPORT 1.5 memiliki airbag 6 titik. New Mazda CX-3 1.5 telah dilengkapi dengan Side Airbag dan Curtain Airbag, selain airbag driver dan penumpang yang telah ada. Jumlah airbag yang cukup banyak menambah rasa aman ketika berkendara.

Suzuki SX4, Kuda Hitam di Segmen Crossover yang Sering Dipandang Remeh

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 06

Nama Suzuki seringkali dipandang sebagai mobil 'kasta dua' karena merek ini terkenal dengan kendaraan niaga seperti angkot atau losbak alias pick up. Walaupun dianggap kurang keren, namun sebenarnya SX4 ini punya fitur dan built quality yang kokoh khas Suzuki.

Bicara soal layanan purnajual dan juga ketersediaan suku cadang, brand berlogo 'S' ini tidaklah sulit. Suzuki jaringan dealernya sudah menyebar hampir keseluruh pelosok negeri. 

Untuk saat ini, Suzuki SX4 dijual dengan harga Rp302.000.000 untuk transmisi manual dan Rp317.000.000 untuk versi matic. Memang, lebih mahal dari HR-V yang mendapat relaksasi PPNBM yang jadi di bawah Rp300 juta. 

Alasan mengapa SX4 kalah laris ialah desainnya. Ini yang bikin SX4 jadi kurang dilirik karena seleranya orang India. Grill besar dengan kisi-kisi vertical dan lekuk kap membulat membuatnya jadi serba nanggung, tidak terlalu maskulin tapi juga kurang elegan.

Namun ukuran SX4 ini menjadikannya sebagai crossover yang proporsional, bukan seperti hatchback pakai ban besar. Secara penampilan New SX4 S-Cross tampil lebih lebar dan tinggi dengan dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.595 mm serta radius putar 5,5 m. 

Fitur Suzuki SX4, Layak Jadi Alternatif Pilihan Paling Murah Meriah

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 07

Interior crossover ini  premium karena SX4 dilengkapi dengan leather seat yang tidak panas dan tahan lama. Dipadukan dengan tampilan audio garnish, AC louver, door garnish dan center console garnish dengan warna satin plating. 

Kabinnya cukup proper, tidak sempit tapi juga tidak lega sekali karena memang dimensi panjang mobil yang mencapai 4.300 mm. SX4 ini kabinnya mengingatkan pada generasi pertama yang punya ruang kepala besar walaupun posisi kursinya tinggi. 

Untuk hiburan, headunit dilengkapi koneksi Aux-In, USB, dan HDMI, tombol audio di kemudi. Terdapat auto dimmer di spion tengah, soket 12 V, dan AC climate control yang bisa menaik-turunkan blower secara otomatis sesuai set temperatur yang kamu inginkan.

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 08

Kelengkapan lainnya yaitu sensor parkir, keyless entry, tombol start/stop mesin, lampu otomatis, wiper otomatis, konektivitas Bluetooth hingga cruise control. 

Fitur pada eksteriornya juga tidak murahan, karena SX4 S-Cross memiliki Daytime Running Light (DRL). Headlamp New SX4 S-Cross juga telah dilengkapi auto leveling yang akan membantu pengendara mengatur ketinggian sorotan lampu. 

Fitur auto headlight on akan menyalakan lampu besar (posisi low) secara otomatis pada saat lingkungan sekitar mobil terdeteksi kurang cahaya atau gelap. 

Sensasi Berkendara Sporty di Suzuki SX4, Terkendala Output Kecil 

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren! 09

Sensasi berkendara ala mobil balap coba dihadirkan oleh Suzuki pada SX4 bikinan India ini. New SX4 S-Cross telah mengusung sistem perseneling paddle shift. 

Dengan adanya paddle shift pada varian automatic ini memungkinkan pengemudi mengoper gigi secara manual dengan cara menekan tuas yang terletak di balik setir. Namun patut disayangkan kalau output mesin di SX4 ini cukup kecil dikelasnya. 

New SX4 S-Cross ditunjang oleh mesin berkapasitas 1.491cc VVT DOHC, menghasilkan power maksimum 109ps/6000rpm. Untuk transmisi, tersedia varian automatic dengan 6-percepatan maupun manual dengan 5-percepatan.

Kesimpulan

Kehadiran Mazda CX-3 SPORT 1.5 secara langsung akan 'memukul' Suzuki SX4 karena Mazda berani menyediakan crossover yang lebih bertenaga dan kaya fitur. Memang, harga Mazda lebih mahal Rp22 juta tapi telah dikompensasi dengan banyak hal.

Sebut saja jumlah Airbag, head up display, mesin dengan output lebih baik, dan blind-spot monitoring. Head unitnya juga telah mengakomodasi Android Auto dan Apple CarPlay. Mazda CX-3 SPORT 1.5 juga memiliki cruise control.

Kelemahan Mazda CX-3 SPORT 1.5 hanya soal layanan purna jual yang tidak seluas Suzuki ataupun Honda. Apabila kamu tinggal di kota kecil, mungkin Suzuki SX4 jadi alternatif rasional daripada Honda HR-V.  

Komentar

Mobil Terbaru