Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja?

Yongki Sanjaya · 10 Agu, 2022 12:30

Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja? 01

Memulai usaha atau wiraswasta informal jadi alternatif yang makin banyak dijalankan dalam beberapa waktu terakhir. Berbagai pilihan peluang usaha bisa kalian lakukan sesuai dengan minat kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi. Bila sulit menyewa kios, kalian pun bisa melakukan usaha bermodal mobil pick up.

Ada kelebihan tersendiri kalau kita memanfaatkan mobil pick up untuk merintis usaha. Kita bisa menawarkan dagangan di beberapa tempat sekaligus, sehingga bisa 'jemput bola' ke lokasi dimana banyak calon pembeli berada. Jadi, jangan bingung andaikata kita sulit mencari kios untuk berdagang tapi punya modal yang cukup untuk memulai usaha.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

5 Pick-Up Diesel yang Tangguh, Andalan Juragan Sayur dan Beras (Part 1)

Ada 5 Tipe, Ini Pilihan Daihatsu Gran Max Pick Up yang Paling Cocok Buat Usaha

Modal Muat Barang Banyak, Ini Tipe Suzuki Carry Pick Up yang Paling Tepat Untuk Dipilih

Misalnya saja, kini banyak juga tren usaha kuliner seperti food truck yang bisa kalian coba ikuti. Untuk food truck ini bisa mangkal di suatu lokasi atau ikut ke dalam event-event kuliner. Itu tadi contoh kecil dari usaha yang bisa kita mulai pakai mobil pick up.

Berikut ini ragam usaha yang bisa kalian coba memakai kendaraan bak terbuka. Simak uraiannya berikut ini.

1. Usaha Menjual Peralatan Rumah Tangga, Keliling Pakai Mobil Pick-Up

Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja? 01

Kamu mungkin pernah melihat ada mobil pick up yang berkeliling menjual peralatan rumah tangga seperti sapu, gayung, gelas plastik, keset, dan beragam jenisnya. Jenis usaha ini sekarang tak lagi harus membuka kios di pasar, karena dengan berkeliling kita bisa langsung ke target utama calon pembeli yaitu ibu-ibu. Sebab, banyak juga ibu-ibu yang butuh membeli perabot seperti gayung, gelas atau piring tapi tak sempat ke pasar.

Kalian bisa melakukan penjualan yang lebih atraktif untuk memikat calon pembeli. Caranya yaitu dapat berkeliling ke komplek perumahan atau kampung yang menjadi area tempat tinggal ibu-ibu, sambil 'orasi' memakai pengeras suara yang terhubung dengan head unit mobil.

Sambil berkeliling, suara lantang dari speaker seperti contohnya "Perabooot... Bu perabot bu.., ada piring, gelas sapu dan macam-macam.." akan menarik perhatian. Dengan begitu, kamu telah melakukan jemput bola.

Karena bukan jualan makanan yang berisiko basi, maka kita tak perlu takut dagangan cepat rusak. Diharapkan keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih meningkat dengan menjual peralatan rumah tangga menggunakan mobil pick-up.

2. Usaha Food Truck, Buat Kamu yang Suka Kuliner dan Hobi Masak

Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja? 02

Kamu suka masak, suka jajan, atau bahkan keduanya? Pengen usaha dengan kemampuan tersebut maka opsi yang menarik ialah dengan membuka kios food truck. 

Mungkin kamu mengira kalau modal yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis ini akan sangat besar. Tetapi sebenarnya tidak harus besar. Bisnis ini tergantung dengan jenis mobil dan skala makanan yang disajikan.

Ada beragam jenis makanan yang bisa kalian tawarkan. Mulai dari yang sederhana seperti mie rebus dan bubur kacang hijau, usaha nasi Padang, sampai usaha kuliner modern seperti kebab dan banyak lainnya.

Modal untuk bisnis food truck tentu tidak akan sebesar jika harus menyewa lahan/bangunan. Modal yang kamu perlukan adalah:

  • Mobil pick up
  • Meja dan kursi
  • Lemari etalase
  • Karoseri (dekorasi mobil)
  • Peralatan makan/minum
  • Peralatan dapur

Usaha food truck dinilai punya prospek lebih luas menjangkau calon pembeli. Restoran konvensional ibaratnya cuma menunggu konsumen datang. Dengan truk makanan, kamu bisa jemput bola konsumen dengan mangkal di tempat strategis. Jika ada event atau keramaian kamu bisa mulai berjualan.

3. Usaha Distribusi Beras, Sayur dan Buah-buahan Pakai Mobil Pick-Up

Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja? 03

Jenis usaha lain yang bisa kamu jalankan bermodal mobil pick up ialah mengantar beras, sayur atau buah-buahan. Untuk menjalankan jenis usaha ini, kamu perlu 'mangkal' di pasar dan menjalin hubungan dengan para pedagang.

Kita cukup menyewakan mobil pick up kepada para pedagang atau supplier buah dan sayuran untuk dijual di pasar. Dalam hal ini, kamu tidak perlu repot-repot menjual buah dan sayuran di pasar, namun Anda tetap mendapatkan keuntungan dari hasil sewa mobil pick up.

4. Usaha Angkutan Barang Pindahan, Cuma Modal Pick-Up

Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja? 04

Keuntungan kalau kita punya mobil pick up ialah fleksibel digunakan untuk usaha apapun. Kalau sedang nganggur, kita bisa manfaatkan pick up untuk sewa angkutan barang pindahan. Kini juga cukup banyak aplikasi penyedia layanan jasa angkutan barang seperti Go-Box, Lalamove, dan sejenisnya. 

Peluang ini cukup menggiurkan karena banyak orang yang membutuhkan jasa ini, diantaranya, ketika pindahan rumah, pindahan kosan, membeli barang-barang dengan ukuran yang besar, dan lain sebagainya. Tarif yang dikenakan melalui aplikasi pun cukup menguntungkan pemilik pick up.

Berdasarkan pengalaman kami, menyewa pick up untuk pindahan sejauh 2 kilometer berikut kuli angkutnya dikenakan biaya Rp180 ribu. Lebih menguntungkan lagi karena tidak perlu membeli mobil pick up baru untuk membuka usaha ini. Kita bisa membeli kredit mobil pick up bekas yang kondisinya layak, dan dapat mencari penghasilan tambahan dari usaha ini. 

5. Jual Sayur dan Buah Keliling Pakai Pick-Up

Macam-macam Jenis Usaha Bermodal Mobil Pick Up Seperti Mitsubishi L300 atau Daihatsu GrandMax, Bisa Dipakai Untuk Apa Saja? 05

Usaha yang satu ini juga cukup sering kita jumpai, biasanya untuk di Jakarta pedagangnya memakai mobil dari luar Jakarta. Saat kamu memutuskan untuk jualan sayur atau buah keliling, harus diingat bila lokasi berjualan sebisa mungkin di tempat yang strategis, dimana tempat yang ramai dengan banyak orang.

buah-buahan atau sayuran bisa kamu beli langsung dari supplier  dengan harga murah. Atau jika kamu punya kemampuan bercocok tanam, bisa menanam sendiri buah-buahan dan sayuran sendiri, lalu menjualnya dengan mobil pick up di pasar atau di tempat-tempat yang sudah disediakan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru