Makin Agresif, Ini Sosok Suzuki Swift 2022 Yang Layak Ditunggu di Indonesia

Verenicha · 3 Jun, 2021 11:00

Makin Agresif, Ini Sosok Suzuki Swift 2022 Yang Layak Ditunggu di Indonesia 01

Suzuki Swift 2022 generasi terbaru yang Anda lihat di sini diprediksi akan diluncurkan resmi pada awal tahun depan. Suzuki Swift yang beredar saat ini merupakan generasi ke-3, dan baru saja mendapat facelift terkini di Thailand serta beberapa negara lain. Namun dalam waktu dekat, Suzuki Swift ini diharapkan akan mendapatkan penyegaran wujud.

Website Indiaautosblog belum lama ini menampilkan gambar rendering digital dari Suzuki Swift 2022 yang merupakan generasi ke-4 untuk mengetahui tanggapan dari para pembacanya. Dan desain yang ditampilkan cukup mirip dengan hasil rendering dari situs web otomotif Jepang Bestcarweb.

Baca juga: Suzuki Swift Baru Segera Meluncur, Apakah Juga Akan Hadir Kembali Di Indonesia Pada 2022?

Makin Agresif, Ini Sosok Suzuki Swift 2022 Yang Layak Ditunggu di Indonesia 02

Suzuki Swift 2022 dari situs bestcarweb, Jepang

Desain Suzuki Swift 2022 semakin agresif

Sketsa Suzuki Swift 2022 yang ditampilkan Indiaautoblog ini merupakan versi Suzuki Swift Sport yang menjadi varian tertinggi Suzuki Swift. Varian ini sendiri tidak dijual di Thailand. Eksteriornya tampil lebih agresif, dengan aksen hitam di beberapa bagian bodi dan velg berukuran lebih besar dibandingkan model standar.

Meski begitu, garis desain Suzuki Swift 2022 ini memang masih menunjukkan sebuah Suzuki Swift, bentuk lampu dan siluet badannya masih tampak serupa. Lampu depan memiliki sudut-sudut tajam, menjadikan Swift anyar ini tampil lebih agresif. Sosoknya ini juga diperkuat dengan bagian grill yang didominasi warna hitam sehingga tampilannya tampak kontras dengan warna kuning khas Suzuki Swift Sport.

Makin Agresif, Ini Sosok Suzuki Swift 2022 Yang Layak Ditunggu di Indonesia 03

Suzuki Swift Sport yang beredar saat ini

Ada perbedaan yang nyata memang dengan tampilan gambar rendering prediksi laman Bestcarweb. Namun jika kita lihat, keduanya masih mempertahankan style khas Suzuki Swift dengan sosok kompak yang sama dengan model yang beredar saat ini. Lampu depan yang lebih tajam menjadikan indikasi bahwa mobil ini memang akan mendapatkan gaya lebih sporty. Perbedaan lain yang tampak jelas hadir dari grille trapesium yang lebih kalem.

Baca juga: Suzuki Swift Sport MHEV, Versi Hybrid Keluarga Swift Pertama di ASEAN Seharga Rp1 Miliar!

Suzuki Swift 2022 tetap menggunakan platform HEARTECT

Diketahui bahwa Suzuki Swift 2022 akan dikembangkan pada platform HEARTECT yang sama dengan yang sekarang, namun akan diperbarui untuk memangkan bobotnya. Dengan bobot lebih ringan, diharapkan akan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan serta konsumsi bahan bakar Suzuki Swift 2022 menjadi lebh irit.

Di bagian dalam kabin, kabarnya akan mendapatkan perombakan total untuk memberikan suasana lebih modern. Penggunaan layar sentuh di bagian tengah, diprediksi akan menggunakan desain ala floating display, menggantikan tampilan konvensional saat ini. Tak ketinggalan berbagai fitur kenyamanan juga akan ditawarkan Suzuki Swift 2022 ini.

Autofun

Mesin Suzuki Swift 2022 tetap kecil

Model standar Suzuki Swift 2022 akan terus menggunakan mesin bensin 4-silinder 1.2 liter yang sama dengan sebelumnya, tetapi akan ada peningkatan tenaga pada mobil. Dimana mesin ini akan menghasilkan tenaga maksimal 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm pada 4.400 rpm. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan transmisi otomatis CVT.

Sementara pada Suzuki Swift Sport, di balik kap mesinnya terdapat mesin 4-silinder 1.4 liter dengan imbuhan turbocharger yang mampu memuntahkan tenaga 129 PS dengan torsi 235 Nm. Bersanding dengan transmisi manual 6-speed, Suzuki Swift Sport juga mendapatkan teknologi Mild Hybrid dengan mengusung sistem baterai 48V. Akselerasi 0 - 100 km/jam diklaim dapat dicapai dalam 9,1 detik dengan konsumsi BBM yang mencapai 21,2 km/liter

Suzuki Swift terbaru ini diperkirakan akan hadir pertama kali di Thailand pada pertengahan tahun 2022 mendatang karena sambutan yang hangat di pasar Negeri Gajah Putih tersebut. Mungkin ini akan menjadikannya sebagai mobil Suzuki terlaris di sana, meskipiun harga jualnya akan naik pada model terbaru ini. Saat ini di Thailand, mobil Suzuki Swift GL memiliki banderol harga 557.000 Baht (sekitar Rp255 juta) sementara model Swift GLX berbanderol harga 629.000 Baht (sekitar Rp288 juta).

Autofun

Baca juga: Apakah Suzuki Swift Sport Layak Hadir Kembali di Indonesia?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru