Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia

Prasetyo · 29 Des, 2021 11:07

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 01

  • Masuk Asia Tenggara GAC GS3 lebih dulu ke Malaysia
  • Pakai mesin 1.5L, GAC GS3 harganya Rp300 jutaan

GAC GS3 2022 diprediksi kuat bakal mendarat di Indonesia. Hal ini lantaran ada banyak tanda-tanda jika GAC alias Guangzhou Automobile Group Co, Ltd juga berniat untuk singgah di Tanah Air. Seperti apa GAC GS3 itu?

Ya, 2021 belum juga selesai namun peta persaingan otomotif tahun depan sudah mulai memanas. Tak cuma produk-produk baru dari pabrikan Jepang, namun sejumlah produsen Cina juga telah membidik Indonesia.

Jika beberapa waktu lalu kita membahas jika Chery yang berniat comeback ke Tanah Air. Lantas disusul merek BYD yang juga akan berekspansi ke pasar kendaraan listrik untuk perseorangan. Selanjutnya ada Great Wall Motors (GWM) yang ternyata tak cuma berniat memasarkan Haval namun juga Tank 300.

Baca juga : Great Wall Motor Patenkan SUV Baru di Indonesia, Diduga CyberTank 300 Sang Penantang Jeep Wrangler

Kini informasi paling anyar bocor dari rekan kami AutoFun Thailand. Diduga kuat GAC GS3 2022 juga akan masuk ke Indonesia tahun depan. Mari kita ulas lebih dalam.

GAC GS3 Lebih Dulu ke Malaysia

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 01

GAC GS3 2022 di Malaysia ada dua varian

GAC baru saja memperkenalkan lini produk anyarnya di Malaysia yakni GS3. Model ini pun sekaligus jadi GS3 setir kanan pertama yang diperkenalkan GAC. Saat ini GS3 masih diimpor secara utuh (CBU) dari Cina. Namun jika nantinya unit tersebut diimpor secara terurai (CKD).

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 02

Masuk kategori SUV compact yang setara Honda HR-V

Ada dua varian dari GS3 yang dirilis, yakni 1.5 Standard dan 1.5 Premium. Keduanya sama-sama menggunakan mesin bensin 1.5-liter naturally aspirated (N/A) berdaya 114 PS dengan torsi 150 Nm. Pilihan transmisinya ada 6 percepatan manual atau 6 percepatan otomatis dengan torque converter.

Dimensi GAC GS3 2022
Panjang 4.350 mm
Lebar 1.825 mm
Tinggi 1.660 mm
Jarak sumbu roda 2.560 mm
Diameter velg 17 inci

Baca juga : Lebih Mewah dari Hyundai Palisade, Trumpchi GS8 2022 Tawarkan Harga Setara Innova Venturer

GAC Sudah Bersiap ke Indonesia

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 03

GAC sudah daftarkan merek dagang di Indonesia

Guangzhou Automobile Group Co, Ltd merupakan satu dari beberapa grup produsen otomotif raksasa di Cina. Berbasis di Guangzhou, ada banyak sekali brand mobil yang dipasarkan di bawah payung GAC. Diantaranya Trumpchi, Changfeng, dan Aion untuk divisi kendaraan listriknya. Bahkan GAC juga menjalin kerja sama dnegan Honda untuk pemasaran di wilayah Tiongkok.

Baca juga : Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP

Kini GAC pun sudah membidik pasar otomotif Indonesia. Hal ini diketahui dari pengajuan merek dagang melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Republik Indonesia. Diketahui GAC sudah mendaftarkan merek dagang di Indonesia ini sejak 27 September 2021 dengan nomor IDM000322804.

GAC GS3 yang Akan Pertama Dibawa ke Indonesia?

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 04

Di Malaysia jadi GS3 setir kanan pertama

Nah info lanjutan lainnya adalah kemungkinan besar, GS3 2022 adalah model pertama yang akan dipasarkan GAC di Tanah Air. Mengingat, ada beberapa bukti kuat kalau mobil ini sudah disiapkan untuk konsumen di dalam negeri.

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 05

Ada menu Bahasa di headunit-nya

Diantaranya ada pilihan menu Bahasa Indonesia pada head unit di mobil tersebut selain Bahasa Inggris dan Mandarin. Ya, kalau melihat dari unit GS3 di Malaysia, mobil ini memang sudah dilengkapi headunit 8 inci. Perangkat tersebut sudah didukung kokentifitas Apple CarPlay dan audio steering control.

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 06

Interior GAC GS3

Kemudian fitur lainnya adalah keberadaan 6 buah Airbags, Blind Spot Detection, Vehicle Stability Control, dan Rear View Camera.

Makin Ramai, Mobil Cina GAC GS3 2022 Juga Siap Hadapi Honda HR-V di Indonesia 07

Cuma ada satu pilihan mesin dengan 2 opsi transmisi

Di Mayalsia, harga GAC GS3 mulai dari 88.800 ringgit sampai 96.800ringgit. Ini kira-kira setara Rp302 jutaan - Rp329,5 jutaan. Kalau harga ini juga diterapkan di Indonesia, maka GAC GS3 langsung berhadapan dengan Honda HR-V nih.

Baca juga : Honda HR-V di Cina Ganti Nama Jadi Nama Motor, Hadir Sebagai Mobil Full Elektrik

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru