Mana Lebih Fleksibel, Toyota Vellfire atau Pesaingnya Ini?

Anissa · 6 Jun, 2020 14:00

Mana Lebih Fleksibel, Toyota Vellfire atau Pesaingnya Ini? 01

Dalam segmen MPV di pasar otomotif Tanah Air, Toyota Vellfire memang merupakan salah satu model mobil yang cukup mendominasi. MPV yang sering disebut-sebut sebagai saudara dari Toyota Alphard ini memang menyimpan segudang fitur yang menarik.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard yang merupakan saudara Toyota Vellfire yang juga merupakan mobil terkenal. Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Tetapi bukan hanya memiliki beragam fitur menarik yang bisa menambah kenyamanan dan kemudahan pengguna, mobil Toyota Vellfire ini juga memiliki beragam keunggulan lain. Beberapa diantaranya adalah ruang kabin dan bagasi yang cukup besar, serta memprioritaskan kemudahan pengguna.

Di dalam segmen MPV, salah satu merek mobil yang menjadi pesaing dari Toyota Vellfire ini adalah Nissan Serena. Selain memiliki dimensi bodi yang tidak terlalu jauh berbeda, mobil ini juga memiliki beberapa fitur yang mirip dengan Toyota Vellfire. Dan kali ini, kita akan membandingkan kedua MPV ini dari sisi ruang serta fleksibilitas dan kemudahan penggunaan yang dimilikinya. 

Ruang

Dilihat dari segi dimensinya, Toyota Vellfire memang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Nissan Serena. Toyota Vellfire memiliki dimensi panjang 4.930 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm. Sedangkan Nissan Serena memiliki dimensi panjang 4.770 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.865 mm. 

Mana Lebih Fleksibel, Toyota Vellfire atau Pesaingnya Ini? 02

Lalu untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri kedua mobil ini juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Toyota Vellfire memiliki jarak sumbu roda sepanjang 3.000 mm, sementara Nissan Serena memiliki jarak sumbu roda sepanjang 2.860 mm.

Jika kita lihat dari dimensi bodinya ini, memang bisa disimpulkan bahwa ruang kabin yang dimiliki oleh Toyota Vellfire ini memang lebih besar dibandingkan dengan ruang kabin Nissan Vellfire. Baik legroom maupun headroom, Toyota Vellfire jelas memiliki ruang yang sedikit lebih luas dibanding Nissan Serena.

Begitu pula dengan kapasitas bagasinya. Dimensi Toyota Vellfire yang lebih panjang dibandingkan dengan Nissan Serena membuat mobil ini memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar. Tetapi soal fleksibilitas bagasi ini, kedua mobil bisa dibilang sama-sama fleksibel. Baik Toyota Vellfire maupun Nissan Serena, kursi di barisan belakangnya bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Kemudahan Penggunaan

Toyota Vellfire memang sangat terkenal memprioritaskan kenyamana serta kemudahan pengendara saat berkendara menggunakan mobil MPV tersebut. Tetapi hal yang sama juga tentu berlaku pada Nissan Serena. 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, fleksibilitas dari kedua mobil MPV ini memang cukup baik. Keduanya memiliki kursi belakang yang bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Tetapi ada salah satu fitur dari Toyota Vellfire yang mungkin belum dimiliki oleh Nissan Serena, yaitu fitur Tilt Mechanism pada kursi mobilnya. 

Mana Lebih Fleksibel, Toyota Vellfire atau Pesaingnya Ini? 03

Fitur Tilt Mechanism ini adalah sebuah fitur yang menggunakan teknologi untuk membuat kursi penumpang bisa digerakkan mendekati pintu. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah penumpang disabilitas masuk ke dalam mobil. Fitur ini tentu saja menunjukkan bahwa fleksibilitas dari Toyota Vellfire tidak perlu diragukan lagi. 

Sekarang kita beralih ke fasilitas yang memudahkan pengendara maupun pengguna beraktivitas di dalam mobil. Baik Toyota Vellfire maupun Nissan Serena, keduanya sama-sama menggunakan bahasa desain yang driver-oriented atau mengutamakan kemudahan pengemudi dalam penempatan tombol-tombol kendali pada mobilnya. 

Selain itu, pada Nissan Serena telah disematkan teknologi dual door pada pintu bagasinya. Pengguna bisa membuka hanya pintu bagasi bagian atas saat berada di ruangan yang sempit. Ada pula teknologi touchless sliding door yang memungkinkan kita membuka pintu bagian samping hanya dengan mengayunkan kaki persisi di bawah tuas pintu geser. Kedua fitur ini tentu membuat Nissan Serena menjadi semakin fleksibel.

Mana Lebih Fleksibel, Toyota Vellfire atau Pesaingnya Ini? 04

Pada mobil Nissan Serena terdapat sistem hiburan Multimedia Display yang sudah dilengkapi dengan Smartphone Connectivity yang dipadukan dengan layar Roof Monitor berukuran 11 inci. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan 7 titik USB Port pada semua baris kursi, dengan dua USB Port yang bisa dihubungkan ke sistem hiburan yang ada pada mobil. Head Unit-nya juga sudah dilengkapi dengan Mirror Link dan Apple CarPlay, yang memudahkan pengendara maupun penumpang untuk mengakses navigasi, file audio, dan telepon tanpa harus membuka ponsel terlebih dahulu.

Fitur-fitur dasar yang ada pada Toyota Vellfire pun kurang lebih sama. Toyota Vellfire memiliki sebuah Head Unit berukuran 7,1 inci yang bisa digunakan untuk bermacam-macam fungsi, seperti memutar audio, video, radio AM/FM, serta navigasi. Kualitas suaranya pun tidak akan mengecewakan, mengingat pada mobil ini terpasang 8 buah speaker yang ditanamkan pada setiap sisi kabin. 

Selain itu, fitur lain yang belum bisa ditemukan pada Nissan Serena adalah fitur Sun Rooftop. Dengan Sun Rooftop yang terpasang pada bagian atap kabin ini, penumpang bisa menikmati pemandangan alam di luar mobil melalui atap, baik siang hari maupun malam hari. Tidak hanya itu, penumpang di bagian belakang juga bisa mendapatkan hiburan melalui Roof Mounted Monitor berukuran 10 inci. 

Meskipun sekilas memiliki dimensi yang tidak berbeda jauh dan juga memiliki fitur-fitur dasar yang kurang lebih sama, nyatanya Toyota Vellfire memang memiliki beberapa keunggulan yang tidak kita temukan pada Nissan Serena. Tidak heran jika akhirnya harga kedua MPV ini sangat jauh berbeda. 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vellfire 2.5 G A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru