window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing?

Yongki Sanjaya · 4 Apr, 2022 13:30

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 01

Honda melalui Honda Prospect Motor langsung jor-joran menggarap segmen SUV dengan merilis All New BR-V dan HR-V di Indonesia. Keduanya pun laris manis dan langsung diburu masyarakat. Untuk segmen low SUV, Honda BR-V ini tampaknya akan bersaing ketat dengan Mitsubishi Xpander Cross 2022. 

Sebelum ada pembaharuan, Mitsubishi Xpander Cross ini menjadi primadona Low SUV dengan penggerak roda depan. Desain yang maskulin, dengan fitur yang cukup lengkap jadi alasan mengapa Xpander Cross namanya melejit walau statusnya merupakan pendatang baru. 

Honda sebagai pemain lama pun tak tinggal diam dengan merilis generasi kedua Honda BR-V. Low SUV ini hadir dalam tipe yang cukup lengkap, bahkan di tipe tertinggi sudah dibekali Honda Sensing. Namun, kali ini kita hanya membandingkan BR-V Prestige non Honda Sensing melawan Mitsubishi Xpander Cross varian Premium Package CVT. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara harga, Mitsubishi Xpander Cross Premium Package CVT dijual Rp323.750.000. Sementara itu, Honda BR-V Prestige CVT dijual seharga Rp327.600.000. Dengan harga yang lebih mahal, apakah Honda BR-V unggul mutlak dari Mitsubishi Xpander Cross? 

Honda BR-V Prestige 2022, Tampang dan Spesifikasi Kekinian

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 01

Honda BR-V sebenarnya telah diperkenalkan sejak tahun lalu, tapi penjualannya baru dimulai pada Januari 2022. Secara penampilan, BR-V ini berubah total, begitu juga spesifikasi unggulan lainnya. 

Desain eksterior seluruhnya baru dengan gaya penampilan ramping dan nyaman. Garis solid di sepanjang bodi menegaskan kesan kokoh dalam balutan desain dinamis dan bertenaga. Ditambah velg dan ban besar yang semakin mencerminkan karakter SUV. 

Honda BR-V 2022 Prestige biasa dengan versi Honda Sensing hadir dengan desain bodi yang identik. Ornamen pada grill utama dan gagang pintu menggunakan warna krom yang terlihat lebih mewah.

Sistem pencahayaan sudah dibekali dengan lampu LED untuk daytime running light dan lampu utama. Terdapat pula lampu foglight LED untuk meningkatkan visibilitas di medan kabut saat hujan.

Honda BR-V memiliki dimensi panjang 4.490 milimeter (mm) x lebar 1.780 mm x tinggi 1.685 mm. Adapun jarak sumbu roda depan dan belakang pada kendaraan atau wheelbase 2.700 mm dengan ukuran velg tipe ini 17 inci 

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 02

Interiornya disebut semakin nyaman dengan hadirnya  sandaran tangan baru dan bahan pelapis kursi lembut berkualitas tinggi pada kursi baris kedua. 1st Row Console Armrest dan 2nd Row Seat Armrest yang menjadi sandaran lengan dapat memberikan rasa nyaman kepada penumpang. 

Honda disebut melakukan peningkatan kenyamanan di kursi baris ketiga untuk semua anggota keluarga. Selain itu, layout kursi baris ketiga memberikan ruang lebih fleksibel di area kargo belakang. 

Fitur Keren di Honda BR-V, Low SUV yang Stylish dan Family Oriented

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 03

Bicara soal kenyamanan, generasi kedua Honda BR-V ini telah mendapatkan begitu banyak upgrade yang kian memanjakan pengguna. AC di BR-V dapat mendinginkan suhu 12% lebih cepat dari model saat ini. 

All-new BR-V dilengkapi dengan fitur canggih terkini untuk meningkatkan kenyamanan, diantaranya yaitu:

  • Remote Engine Start, memungkinkan pengemudi menyalakan kendaraan dari jarak jauh dan menghidupkan AC terlebih dahulu untuk mendinginkan suhu kabin.  
  • Remote Keyless Entry, yang memungkinkan pengemudi mengoperasikannya dengan mudah dalam satu sentuhan tanpa menggunakan tombol jarak jauh. 
  • Fitur Walk Away Door Lock, secara otomatis mengunci kendaraan  Saat pengemudi meninggalkan kendaraan. 

Untuk panel informasi pengemudi, terdapat layar interaktif 4.2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Meter Display untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. Panelnya menampilkan info jarak tempuh perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta sisa bahan bakar.

Selanjutnya di bagian konsol tengah, terdapat pula sistem audio video baru dengan layar sentuh 7 inci yang telah dilengkapi berbagai fungsi, seperti smartphone connection dan hands-free telephone.

Mesin Baru di Honda BR-V, Terbesar Dikelasnya

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 04

Selanjutnya, untuk urusan performa, semua tipe pada All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC terbaru yang serupa milik City Hatchback. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 121 tenaga kuda pada 6.600 rpmdan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. 

Penyegaran Untuk Mitsubishi New Xpander Cross 2022, Utamakan Kenyamanan dan Penampilan

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 05

Mitsubishi Xpander Cross yang meluncur tahun lalu hadir dengan beberapa penyegaran pada performa, serta design eksterior dan interior. Pembaharuan yang dilakukan oleh Mitsubishi ini berfokus pada aspek kenyamanan berkendara dan upgrade sisi penampilan. 

Pengembangan performa Mitsubishi Xpander Cross 2022 kini memakai transmisi jenis CVT, yang memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, serta akselerasi yang mulus.

Dari sisi penampilan, New Xpander Cross mendapatkan penyegaran dengan New Black Metallic Grille yang dipadukan aksen Dynamic shield yang jadi ciri khas mobil-mobil modern Mitsubishi. Kemudian pada interiornya hadir lebih mewah dan elegan dengan kombinasi warna navy dan hitam. 

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 06

Desain interiornya hadir dengan sorotan penyegaran mencakup New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad, New Interior Color (Black & Navy Blue), Console Tray & Card Holder, New Floor Console with Armrest. 

Fitur Baru di New Xpander Cross, Makin Berkelas

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 07

Terdapat beberapa pembaharuan dari sisi fitur pada New Mitsubishi Xpander Cross. Adapun fitur yang hadir antara lain:

  • New Digital AC panel, 
  • New 9” WSVGA Capacitive Touch Panel Display with Smartphone-Linked Display Audio (SDA), 
  • New Design High Contrast Meter Cluster with Color MID, 
  • New Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, 
  • New Synthetic Leather Seat with Heat Guard Function, 
  • New Rear Armrest with Cup Holder, New Rear Dial AC Garnish, New Rear USB Port on front console. 

Sistem dan Fitur Keselamatan Terbaru di Xpander Cross

Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing? 08

Disamping fitur yang telah dilengkapi pada model sebelumnya, sistem dan keselamatan baru telah disematkan pada New Xpander Cross sebagai berikut: New Speed Sensitive Automatic Door Lock, New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold. Teknologi pengereman masih mempertahankan ABS, EBD dengan fitur HSA. 

Kesimpulan 

Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, tampak bila Honda HR-V tipe Prestige ini punya fitur yang lebih lengkap ketimbang Mitsubishi Xpander Cross tipe Premium Package. Namun, bukan berarti Xpander Cross ini tak menarik karena dari sisi desain penampilannya cenderung maskulin dan tangguh.

 

Fitur hiburan dan kenyamanan di Xpander Cross juga cukup oke dengan lebar layar head unit yang lebih besar. Secara harga, Xpander Cross sedikit lebih murah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil