window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mari Adu Ruang dan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya!

Anissa · 14 Okt, 2020 16:30

Mari Adu Ruang dan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya! 01

Belum lama ini, salah satu produsen mobil asal Prancis, yakni Renault kembali meluncurkan generasi terbaru dari Renault Kwid di Indonesia. Mobil ini memang sudah muncul di Indonesia sejak tahun 2016, dan pada tahun 2020 ini akhirnya Renault Kwid mendapatkan facelift.

Adanya facelift Renault Kwid di tahun 2020 ini ternyata mengundang banyak perhatian dari kalangan pecinta otomotif Tanah Air. Tidak heran, karena mobil ini dikenal sebagai mobil Eropa dengan harga terjangkau. Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp149,9 jutaan hingga Rp158,9 jutaan.

Masuk ke dalam segmen LCGC (Low Cost Green Car), Renault Kwid harus berhadapan dengan banyak mobil LCGC lain di Indonesia. Salah satu saingan yang paling utama ialah Toyota Agya. Toyota Agya pun baru mengeluarkan versi facelift-nya pada tahun 2020. Banderol harga kedua model mobil ini pun tidak jauh berbeda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kali ini, kita akan mencoba untuk membandingkan soal ruang dan kepraktisan yang dimiliki oleh Renault Kwid dan Toyota Agya. Kira-kira model mana yang akan lebih unggul?

Perbandingan Ruang Renault Kwid dan Toyota Agya

Sebelum kita membahas lebih jauh soal ruang yang dimiliki oleh Renault Kwid dan Toyota Agya, sebaiknya mari kita lihat perbandingan dimensinya terlebih dahulu pada tabel berikut ini.

Keterangan Dimensi Renault Kwid Dimensi Toyota Agya
Panjang 3.731 mm 3.660 mm
Lebar 1.579 mm 1.600 mm
Tinggi 1.474 mm 1.520 mm
Wheelbase 2.422 mm 2.455 mm
Kapasitas Penumpang 5 Orang 5 Orang

Jika dilihat secara sekilas, memang tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan di antara Renault Kwid dan Toyota Agya dalam hal dimensinya. Kedua mobil ini juga sama-sama bisa menampung hingga lima orang penumpang saja. 

Mari Adu Ruang dan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya! 01

Renault Kwid memang lebih panjang dibandingkan dengan Toyota Agya. Hal ini memungkinkan Renault Kwid untuk memiliki legroom yang lebih leluasa, serta bagasi yang lebih besar. Sementara untuk lebar bodinya sendiri, kedua mobil ini tidak berbeda jauh, meskipun Toyota Agya sedikit lebih lebar.

Lalu untuk tingginya, Toyota Agya lebih unggul. Hal ini juga memungkinkan Toyota Agya untuk memiliki headroom yang lebih leluasa bagi para penumpangnya. Tetapi soal bagasinya, kedua mobil ini memiliki bagasi yang cukup besar untuk membawa banyak barang saat bepergian.

Perbandingan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya

Selain ruang kabin dan bagasi, hal lain yang akan kita bandingkan dari Renault Kwid dan Toyota Agya kali ini ialah soal kepraktisan penggunaan kedua model mobil ini. Dilihat dari desain interior terutama pada bagian dashboard, kedua mobil ini sudah mengadopsi desain driver-oriented seperti kebanyakan mobil pada umumnya saat ini untuk mempermudah pengemudi melakukan kendali atas fitur saat berkendara.

Mari Adu Ruang dan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya! 02

Pada Renault Kwid maupun Toyota Agya, pengaturan AC-nya masih manual. Bedanya, Renault Kwid dilengkapi dengan fungsi cooler dan heater. Tentu saja di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, fungsi heater ini akan kurang berguna, kecuali jika mobil ini memang dikendarai dalam cuaca dingin seperti musim hujan atau ke tempat yang memang bersuhu agak dingin.

Kedua mobil ini juga masih menggunakan pengaturan posisi setir yang fix, belum menggunakan teknologi tilt & telescopic sehingga setirnya kurang fleksibel dan tidak bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudinya. Selain itu, meski kedua mobil ini juga menggunakan desain yang driver oriented, tetapi pada kedua mobil ini, setirnya juga belum dilengkapi dengan tombol multifungsi. 

Mari Adu Ruang dan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya! 03

Hal ini disebabkan karena fitur pada kedua mobil ini cukup minim, sehingga tidak banyak yang pengaturan yang harus dilakukan melalui setirnya. Tetapi untungnya, kedua mobil ini sudah menggunakan teknologi power steering pada setirnya.

Untuk kemudahan para konsumennya, baik Renault Kwid maupun Toyota Agya telah menyediakan power outlet di dalam mobilnya, sehingga baik pengemudi maupun penumpang tidak perlu bingung ketika gadget yang dibawa kehabisan baterai. 

Kedua model mobil ini juga sudah menggunakan power rear/trunk door, sehingga membuka dan menutup bagasi menjadi lebih mudah. Kursi di barisan belakangnya pun sama-sama bisa dilipat hingga rata untuk menambah kapasitas bagasi ketika dibutuhkan.

Mari Adu Ruang dan Kepraktisan Renault Kwid dan Toyota Agya! 04

Perbedaannya ternyata terletak pada bagian fitur multimedianya. Renault Kwid hanya dibekali dengan layar multimedia touch screen berukuran 7 inci, sedangkan Toyota Agya sudah menggunakan Double Din Head Unit dengan CD, AUX, dan Radio. Tetapi, Renault Kwid sudah dilengkapi dengan sistem navigasi, sehingga akan lebih mudah bagi pengemudi untuk mencari jalan.

Kesimpulan

Baik dari segi ruang maupun kepraktisannya, Renault Kwid dan Toyota Agya hanya memiliki perbedaan yang tipis. Jika Renault Kwid unggul dalam hal legroom, Toyota Agya unggul dalam hal headroom-nya. 

Berdasarkan uraian di atas juga bisa kita lihat bahwa fitur pendukung kepraktisan yang dimiliki oleh kedua mobil ini kurang lebih sama, hanya saja ada sedikit perbedaan pada bagian head unit-nya. Selain itu, Renault Kwid juga sedikit lebih unggul karena dilengkapi dengan sistem navigasi.

Tetapi jika kita kembalikan pada harganya, tentu Toyota Agya bisa lebih unggul. Toyota Agya dibanderol dengan harga mulai dari Rp143 jutaan, sementara Renault Kwid masih berada pada angka Rp149 jutaan.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 Renault Kwid MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil