Masalah Fuelpump Bikin Mobil Mogok, Daihatsu Indonesia Recall Xenia, Terios, dan Sirion

Yongki Sanjaya · 18 Mar, 2021 17:00

Masalah Fuelpump Bikin Mobil Mogok, Daihatsu Indonesia Recall Xenia, Terios, dan Sirion 01

Daihatsu akhirnya resmi melakukan recall perihal masalah fuelpump kepada beberapa model yang terkena masalah. Kasusnya mulai terkemuka di Malaysia sampai akhirnya menjadi perbincangan di Indonesia. Adapun mobil yang direcall oleh Daihatsu mencakup tiga model yakni Xenia, Terios, dan Sirion.

Baca juga:

Pakai Mesin Underpower, Daihatsu Terios 2021 Bisa Jadi Salah Satu SUV Terlaris?

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Meminang Daihatsu All New Sirion 2020

Review: Daihatsu Rocky 2021, Apa Kata Media Jepang soal Mobil Ini?

Penarikan unit ini karena adanya masalah pada impeller di fuelpump. Total, ada 97.290 unit kendaraan yang terkena dampaknya dari ketiga model tadi. Berikut ini data mobil Daihatsu yang masuk dalam campaign recall:

  • Grand dan Great New Xenia (Produksi Oktober 2017 sampai dengan Juni 2019)
  • All New Terios (Produksi 2017 sampai dengan Juni 2019)
  • All New Sirion (Produksi Januari 2018 sampai dengan September 2019)

"Kasus ini sempat dikeluhkan oleh konsumen pada Semester 1 2019. Antara bulan Januari sampai dengan Juni ditemukan sejumlah 24 pelanggan mengeluhkan mesinnya mati atau tersendat. Dari hasil investigasi, mati atau tersendat itu disebabkan oleh impeller fuel pump yang mengembang melebihi standar toleransi," jelas Bambang Supriadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Masalah Fuelpump Bikin Mobil Mogok, Daihatsu Indonesia Recall Xenia, Terios, dan Sirion 02

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan kalau impeller pada fuel pump yang bermasalah ini memuai hingga 26 mikron. Sementara itu, toleransi maksimal yang diberikan oleh pihak Daihatsu hanya 19 mikron. Kelebihan memuaian ini membuat impeller ini melengkung dan nyangkut.

Ciri Fuel Pump di Mobil Daihatsu Bermasalah

Masalah Fuelpump Bikin Mobil Mogok, Daihatsu Indonesia Recall Xenia, Terios, dan Sirion 03

Bambang menuturkan kalau masalah pada fuel pump ini bisa diketahui oleh pemilik mobil. Terdapat empat ciri atau gejala apabila fuel pump ini impellernya rusak, yaitu:

  • Mesin mati dan sulit untuk dinyalakan
  • Mesin tidak bertenaga
  • RPM tidak stabil
  • Indikator check engine menyala.

"Konsumen bisa mengecek dengan memasukkan nomor sasis ke www.daihatsu.co.id/recall. Setelah terkonfirmasi, kita arahkan untuk booking penggantian motor pump ke bengkel resmi. Penggantian fuel pump ini bisa ditunggu karena prosesnya hanya 2 jam dan gratis biaya penggantian," bebernya. 

Program Recall Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion Berlaku Secara Nasional

Masalah Fuelpump Bikin Mobil Mogok, Daihatsu Indonesia Recall Xenia, Terios, dan Sirion 04

Konsumen pengguna mobil Daihatsu yang masuk ke dalam program recall tidak perlu bingung, karena program ini berlaku secara nasional. Jadi, kalian bisa mengganti komponen bermasalah tersebut di bengkel resmi Daihatsu manapun di seluruh Indonesia.

"Program ini dilakukan secara nasional, misalnya plat Jakarta bisa ganti di Surabaya atau Makassar. Misalnya belum melakukan penggantian maka akan kita ganti. Walaupun unit sudah habis masa garansi, sudah dijual, tidak ada buku servis, tetap kita terima.," jelas Bambang.

Bambang mengakui kalau unit yang bermasalah di Indonesia ini menurut temuan Daihatsu sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah mobil yang direcall. Namun demikian, recall ini dilakukan oleh pihak Daihatsu sebagai bentuk tanggung jawab terhadap konsumen mereka.
 
Sedikit sekali konsumen yang mengeluhkan, tapi tetap kita ganti. Kita ingin menjadi real sahabat. Walaupun rasionya kecil tapi ini menjadi tanggung jawab kita supaya pengguna Daihatsu merasa aman dan nyaman," imbuhnya.

Komentar