window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli

Enda · 28 Jun, 2021 16:30

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 01

Beberapa pabrikan otomotif di Indonesia hingga saat ini saling berlomba-lomba menghadirkan produk andalannya guna menarik minat konsumennya.

Hal tersebut juga dilakukan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors. Pada tahun 1999 sampai dengan 2005, pihaknya memperkenalkan Mitsubishi Kuda sebagai MPV keluarga yang 'head to head' langsung dengan Toyota Kijang dan Isuzu Panther.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Mitsubishi Kuda hadir dalam beberapa tipe, Super Exceed, GLX dan GLS. Dua tahun sebelum akhirnya diputuskan disuntik mati, mobil ini muncul dengan beberapa ubahan yang terlihat semakin modern dan stylish serta hadirnya varian baru, yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

MPV keluarga dengan bentuk kotak, Mitsubishi Kuda merupakan produk kolaborasi Mitsubishi Motors Jepang dan China Motor Corporation dengan menyasar kawasan Asia.

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 01

Mitsubishi Kuda dengan nama Mitsubishi Jolie di Vietnam

Nama Kuda sendiri dipilih secara khusus untuk pasar Indonesia bertujuan agar lebih dekat kepada masyarakat. Sedikit informasi, di Taiwan mobil ini menggunakan nama Mitsubishi Freece, Vietnam dengan nama Mitsubishi Joile, sedangkan Filipina dan Tiongkok memiliki sebutan Mitsubishi Adventure.

Kalian tertarik meminang mobil ini dalam waktu dekat? Berikut adalah alasan mengapa Mitsubishi Kuda perlu dipertimbangkan sebagai mobil keluarga.

Baca juga: Toyota Kijang Krista Bekas vs Daihatsu Agya D+ Baru, Si Motuba Lebih Nyaman Dari LCGC Rp100 Jutaan

1. Harga Bekas Mitsubishi Kuda Cukup Terjangkau

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 02

Mitsubishi Kuda generasi pertama lansiran 1999

Melansir salah satu iklan baris jual beli mobil bekas, diketahui Mitsubishi Kuda kini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil keluarga berkapasitas hingga 8 penumpang.

Dimana Mitsubishi Kuda lansiran awal kini dibandrol Rp35 jutaan untuk varian GLS bensin. Sedangkan harga bekas termahalnya, Mitsubishi Kuda dengan tipe Grandia bermesin diesel produksi tahun 2005 ditawarkan Rp98 jutaan.

Mengetahui harga bekasnya saat ini, Mitsubishi Kuda merupakan MPV keluarga dengan harga bekas yang lebih terjangkau bila dibandingkan kedua rival terdekatnya.

2. Mitsubishi Kuda Suku Cadang Gampang dan Perawatan Mudah

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 03

Suku cadang Mitsubishi Kuda mudah ditemukan dimana-mana

Seperti yang diketahui, Mitsubishi Kuda menggunakan jenis mesin yang sama dengan beberapa produknya. Untuk dieselnya sendiri memiliki kesamaan dengan L300.

Varian bensinnya 1.6L juga mempunyai persamaan dengan T120SS. Sedangkan mesin 2.0L memiliki substitusi dengan Eterna. Jadi jangan heran apabila ketersediaan suku cadang mobil ini masih melimpah di pasaran.

Bukan cuma ketersediaan suku cadang yang cukup melimpah, harganya spare partnya juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Sebagai informasi, perawatan mobil ini terbilang mudah dan tidak rewel. Jadi kalian tidak perlu takut apabila mengalami kurasakan di jalan.

3. Varian Mesin Dieselnya Irit Bahan Bakar dan Tahan Banting

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 04

Mitsubishi Kuda varian diesel menggunakan mesin berkodekan 4D56 yang sama seperti Mitsubishi L300

Di Tanah Air, Mitusbishi Kuda ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yaitu 1.6L bensin, 2.0L bensin, serta 2.5 diesel. Bicara mengenai varian mesin bensin 1.6L, secara data mesin dengan kode 4G18 ini mampu memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 107 Nm @3.500 rpm.

Untuk jantung pacu lainnya, yakni 2.0L berkodekan 4G63, mesin berkombusi injeksi MPI ini diketahui mampu memeras tenaga maksimal sebesar 116 PS @5.500 rpm dan torsi mencapai 165 Nm @3.000 rpm.

Sedangkan varian mesin dieselnya, Mitsubishi Kuda disematkan jantung mekanis berkodekan 4D56 2.5L non turbo yang mampu melecutkan tenaga hingga 75 PS @4.200 rpm serta torsi 143 Nm @2.500 rpm.

Bicara varian dieselnya, mesin yang digunakannya tersebut memiliki tingkat durabilitas yang tinggi dan tahan banting. Mengenai konsumsi BBM-nya, penggunaan dalam kota varian ini mampu menempuh jarak 12 km/liter. Sedangkan luar kota mampu menorehkan angka 16 km/liter.

Untuk varian mesin bensin Mitsubishi Kuda sebenarnya memang kurang begitu diminati bila dibandingkan dengan mesin diesel. Hal ini lantaran mesin bensinnya terbilang cukup boros dalam konsumsi bahan bakar.

Beberapa pemilik mobil ini mengklaim bahwa pemakaian dalam kota, Mitsubishi Kuda bermesin bensin mampu memperoleh angka 8 km/liter. Begitupun penggunaan luar kota, jarak yang diperolehnya hanya bekisar 10 km/liter.

Baca juga: Ini Keunggulan Toyota Kijang Krista, Varian Termewah Kijang Kapsul di Jamannya

4. Varian Long Sasis Sangat Nyaman Digunakan Sebagai Mobil Keluarga

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 05

Mitsubishi Kuda varian long sasis sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga karena lebih luas dan lega

Sebagai opsi, Mitsubishi Kuda ditawarkan dengan dua pilihan bentuk, yaitu long dan short. Varian longnya sendiri memiliki panjang 4.375 mm, lebar 1.650 mm tinggi 1.800 mm.

Menurut kami, tipe dengan sasis panjang ini sangat cocok dipilih sebagai mobil keluarga. Memiliki kabin yang lebih luas dengan konfigurasi 2+3+3 dengan tambahan arm rest di baris kedua, varian ini mampu dimuati hingga 8 penumpang sekaligus tanpa mengurangi rasa kenyaman berkendara.

Sedangkan sasis pendeknya bagi kami kurang begitu nyaman digunakan sebagai MPV keluarga. Selain lebih sempit, bantingannya juga terasa lebih keras ketika melewati jalan yang berkontur.

5. Kenyamanan Mitsubishi Kuda Tidak Kalah dengan Para Rival

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli 06

Menggunakan suspensi jenis Independent Double Wishbone di bagian depan dan Rigid axle / per daun di roda belakang, membuat ayunan mobil ini terasa cukup nyaman ketika melewati medan yang berbatu.

Bukan cuma itu saja, MPV keluarga ini juga memiliki pandangan yang cukup luas. Sehingga tingkat visibilitas pengemudi maupun penumpang akan lebih leluasa.

Oh iya, demi meningkatkan faktor kenyamanan, beberapa tipe teratasnya juga sudah dilengkapi dengan spion elektrik, rear wiper, dan AC double blower. Untuk versi Super Exceed dan Grandis, bangku baris kedua menggunakan model reclining split dan baris ketiganya yang sudah menghadap ke depan.

Baca juga: Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil