window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023

Dito · 2 Jan, 2023 14:00

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 01

Honda Brio masih menjadi city car paling laris hingga kini. Usia generasi keduanya pun sudah lebih dari 4 tahun sejak pertama kali diperkenalkan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Brio 2023 yang kemungkinan belum lahir generasi terbarunya.

Mobil dengan dimensi yang kompak ini punya desain yang sporty dan atraktif. Terlebih Honda mengklaim bahwa Brio merupakan city car yang irit bahan bakar. Cocok untuk kaum urban yang sibuk dengan aktifitas sehari-hari.

Pada awalnya mobil ini diproduksi di Thailand dan India. Melihat respon konsumen Indonesia yang bagus maka PT Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan memproduksi secara lokal bahkan diekspor ke negara lain.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 01

Perjalanan Honda Brio tergolong mulus, sejak pertama kali diperkenalkan di Asia Tenggara langsung menarik minat konsumen. Secara cepat mobil yang identik dengan anak muda ini langsung populer di Thailand, India, Filipina dan tentunya Indonesia.

Sebagai informasi, nama Brio sendiri diambil dari bahasa Italia yang artinya “ceria”. Honda berharap para konsumen yang menggunakan mobil ini selalu ceria dan bersemangat. Sesuai dengan target pasarnya, kaum urban dan anak muda.

Harga yang dibanderol untuk model terbarunya cukup terjangkau. Terlebih kondisi bekasnya punya harga yang stabil. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan Honda Brio 2023.

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 02

Kelebihan Honda Brio 2023

Desain Sporty

Seperti city car pada umumnya, Honda Brio memiliki eksterior punya desain yang sporty. Faktor inilah yang bikin konsumen langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Desain yang modern dengan garis tegas yang sporty merepresentasikan jiwa muda.

Desain lampu depan dan belakang juga terlihat lebih modern dan sporty pada generasi keduanya ini. Berbeda dengan generasi pertama yang cenderung membulat dan kaku. Pun dengan desain velg yang agresif semakin menguatkan jiwa muda.

Baca juga: Sering Dianggap 'Sempurna', Ini Kelemahan yang Ada di Honda Brio 1.3

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 03

Interior Modern

Selain tampilan eksterior, bagian interior juga menjadi kelebihan Honda Brio 2023. Walaupun bukan mobil premium, tampilannya tergolong modern. Terlebih kualitasnya juga cukup baik dan membuat konsumen tertarik untuk membeli Honda Brio.

Head unit yang terpasang juga sudah cukup besar dengan fitur konektivitas yang beragam khususnya tipe tertinggi. Termasuk salah satunya Bluetooth yang bisa memutar lagu favorit melalui smartphone.

Konsumsi BBM Honda Brio 2023 Irit

Namun tidak hanya sebatas tampilan eksterior dan interior yang membuat Honda Brio laris manis hingga saat ini. Konsumsi BBM yang irit juga menjadi salah satu alasan mengapa city car ini masih digandrungi dengan penjualan yang stabil.

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 04

Dalam pengujian yang dilakukan banyak media, konsumsi BBM dalam kota Honda Brio tercatat bisa menempuh jarak 21 Km untuk 1 liter bensin. Sedangkan konsumsi ke luar kota dengan lalu lintas lebih lancar, bisa menorehkan jarak 30,1 Km dalam 1 liter bensin.

Banyak Fitur Kepraktisan

Dibandingkan mobil keluarga atau SUV saat ini, Honda Brio memang belum banyak dilengkapi fitur canggih seperti Honda Sensing. Tetapi ada banyak fitur kepraktisan yang membantu pengemudi. 

Seperti fitur AC digtal yang membantu pengemudi dalam melakukan pengaturan dan tampilan yang lebih mudah dibaca. Pada bagian setir juga sudah ada tombol multifungsi salah satunya mengatur sistem audio.

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 05

Selebihnya, Honda Brio sudah dilengkapi fitur keselamatan standar seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Tidak ketinggalan Dual Front SRS Airbags, wave key, serta keyless entry.

Brio Satya Versi Murah

Tipe tertinggi saat ini adalah Honda Brio RS Urbanite Edition dengan banderol Rp 220 jutaan untuk transmisi manual, dan Rp 230 jutaan varian CVT. Bila dirasa terlalu mahal, ada pilihan Honda Brio Satya mulai dari Rp 150 jutaan hingga Rp 180 jutaan. Harga dibawah Rp 200 juta bisa menyesuaikan anggaran dalam berbelanja.

Baca juga: Harga Bekas Rp80 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Gen-1

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 06

Kekurangan Honda Brio 2023

Kabin Kurang Lapang

Mengingat Honda Brio masuk dalam segmen city car, maka dimensinya dibuat kompak. Imbasnya ruang kabin tidak terlalu luas. Meski bisa menampung hingga 5 orang namun baris belakang menjadi tidak leluasa.

Begitu pula dengan kapasitas bagasinya. Meski lebih baik dari generasi pertama, namun tergolong kecil sehingga hanya bisa membawa sedikit barang ketika berpergian. Jangan harap bisa membawa tas golf atau koper besar dalam jumlah banyak.

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 07

Fitur Canggih Belum Tersedia

Disaat produk Honda lainnya sudah disematkan banyak fitur canggih, Honda Brio bertahan dengan fitur seadanya. Honda HR-V hingga BR-V sudah mengadopsi Honda Sensing yang canggih untuk keselamatan dan kenyamanan.

Tenaga Pas-pasan

Konsumsi BBM Honda Brio memang irit, namun hal ini karena kapasitas mesin yang tergolong kecil. Mesin Honda Brio mempunyai kapasitas 1.200 cc dengan tenaga 90 PS dan torsi 110 Nm. Tenaga tersebut bagi sebagian orang masih terasa kurang sehingga butuh usaha lebih ketika menghadapi kondisi jalan menanjak.

Kesimpulan

Masih Jadi City Car Paling Laris, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2023 08

Kelebihan dan kekurangan Honda Brio 2023 tetap membuat mobil ini laku di pasaran baik kondisi baru atau bekasnya. Harganya memang sudah cukup tinggi untuk varian flagship dimana perbedaan hanya sebatas kosmetik.

Apalagi fitur yang dihadirkan mungkin tidak terlalu canggih bagi sebagian orang. Tetapi perlu diingat ini adalah mobil perkotaan. Dimensi kompak dan mesin yang irit jadi kunci utama dalam menghadapi lalu lintas perkotaan yang padat.

Kabin yang tidak begitu luas tidak menjadi masalah untuk pasangan muda atau anak kuliahan. Selama bisa menghemat uang untuk membeli bensin, Honda Brio 2023 akan tetap menjadi mobil laris dibandingkan mobil sekelasnya.

Baca juga : Empat Hatchback Eropa Bergengsi yang Harganya Lebih Murah dari Honda Brio Satya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil